Rabu, 16 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Kamis, 26 Sep 2019, 18:00:08 WIB, 8 View Tim Redaksi, Kategori : News
Sabtu, Air PDAM di Tujuh Wilayah Surabaya Akan Mampet - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – PDAM Surya Sembada sudah menetapkan tanggal pemasangan jaringan baru di area frontage road (FR) Wonokromo. Aktivitas tersebut berlangsung Sabtu (28/9). Dampaknya, air di beberapa wilayah akan mampet.

Di antaranya, Pagesangan, Gayungan, Menanggal, Kebonsari Injoko, Ketintang, Jambangan, dan Wonokromo. ’’Namun, tidak semua wilayah di lokasi itu terputus. Hanya beberapa titik,’’ kata Sekretaris PDAM Surya Sembada Bambang Eko Sakti kemarin (25/9).



Keputusan tersebut diketahui dari hasil rapat dengan direksi mengenai finalisasi pemasangan jaringan pada Sabtu pukul 22.00. ’’Saat pemasangan pipa itu, warga akan terdampak selama 12 jam,’’ tuturnya. Waktu tersebut jauh lebih singkat daripada pemasangan jaringan di Yos Sudarso awal pekan bulan ini.

Bambang menyatakan, pengerjaan malam hari dipilih untuk meminimalkan dampak pemutusan distribusi air sementara kepada masyarakat. ’’Saat itu aktivitas penggunaan air cukup kecil,’’ terangnya. Begitu pula esok harinya, Minggu (29/9). Aktivitas perkantoran dan sekolah juga minim karena libur. ’’Saya berharap masyarakat mulai menampung air sebanyak-banyaknya,’’ ujarnya.

Durasi 12 jam merupakan waktu maksimal pengerjaan. Bambang menuturkan, pihaknya akan berusaha menyelesaikan pekerjaan tersebut dalam waktu lebih cepat. ’’Dengan begitu, kejadian seperti pemindahan pipa di Jalan Yos Sudarso tak terulang kembali.’’

Manajer Senior Perbaikan PDAM Surya Sembada Nanang Widiatmoko mengungkapkan, persiapan pemasangan jaringan telah lengkap. Misalnya, pipa 15 meter dan peralatan yang dibutuhkan.

’’Jadi, tinggal menyambung saja,’’ katanya. Dia memperkirakan pengerjaan bisa diselesaikan dalam waktu lebih cepat. Sebab, tidak ada aktivitas pengelasan lagi. ’’Saat ini sudah persiapan. Termasuk pengelasan,’’ terangnya.

Setelah pipa tersambung, air langsung dinormalisasi. Itu pun tidak membutuhkan waktu lama. Kurang dari sehari. Jambangan merupakan wilayah terjauh pada jaringan pipa tersebut. Namun, kata Nanang, pendistribusian air ke Jambangan bisa lebih cepat daripada yang lain. Sebab, aliran air pada pipa di FR Wonokromo berasal dari Waru. ’’Sebelum ke Wonokromo, air ke Jambangan dulu,’’ katanya.

Siap – Siap Nandon atau Minta Bantuan Air

Di kawasan yang terdampak mampetnya air, ada beberapa rumah sakit (RS). Di antaranya, RS Islam Surabaya A. Yani dan RS Darmo. Menurut Sekretaris PDAM Surya Sembada Bambang Eko Sakti, pihak RS tak perlu mengkhawatirkan kondisi tersebut. Sebab, bantuan 14 tangki air bersih telah disiapkan.

’’Bantuan itu diprioritaskan untuk kebutuhan darurat. Salah satunya adalah rumah sakit,’’ katanya. ’’Begitu pun bantuan untuk masyarakat. Sudah kami siapkan. Jika ada yang butuh air bersih, langsung hubungi call center 112 saja,’’ imbuhnya.

Informasi mengenai mampetnya air sementara ternyata belum diketahui masyarakat. Salah satunya, Waras Disono. Warga Jalan Wonokromo Gang Lebar, RW 5, itu baru tahu air akan mampet pada Sabtu (28/9). Dia malah mengira pemindahaan pipa PDAM selesai pada Minggu (15/9). ’’Saat itu saya mendapatkan informasi melalui pesan WhatsApp terkait hal tersebut,’’ ungkapnya. ’’Tahu begitu, ya nandon air lagi nanti,’’ ujarnya.

Begitu pun RS Darmo. Humas RS Darmo Mitra Dasman baru mengetahui informasi pemutusan pendistribusian air pada Sabtu (28/9) pukul 22.00 hingga Minggu (29/9) pukul 10.00 itu. Dalam sehari, RS Darmo membutuhkan air 100 m³ (meter kubik). Namun, kondisi tersebut tak membuat pihaknya khawatir. ’’Dua puluh tandon air sudah siap. Kami tidak kekurangan air,’’ katanya.

Apalagi, waktunya hanya 12 jam. Seluruh tandon air cukup untuk memenuhi kebutuhan air lebih dari sehari. ’’Jadi, masih cukup. Kalau kurang, kami akan langsung minta bantuan ke PDAM,’’ katanya.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Setelah Prabowo Kunjungi Golkar, Koalisi Jokowi Rawan Gesekan Internal - Gudang Berita Viral Setelah Prabowo Kunjungi Golkar, Koalisi Jokowi Rawan Gesekan Internal
Rabu, 16 Okt 2019, 12:00:09 WIB, Dibaca : 3 Kali
Asosiasi Manajemen Hiburan Korea Janji Tindak Tegas Komentator Jahat - Gudang Berita Viral Asosiasi Manajemen Hiburan Korea Janji Tindak Tegas Komentator Jahat
Rabu, 16 Okt 2019, 12:00:09 WIB, Dibaca : 1 Kali
STNK Mati, Pengendara Bisa Dikurung Dalam Penjara - Gudang Berita Viral STNK Mati, Pengendara Bisa Dikurung Dalam Penjara
Rabu, 16 Okt 2019, 12:00:09 WIB, Dibaca : 4 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print