Kamis, 22 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Jumat, 09 Agu 2019, 07:00:09 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : News
Rumah Tiga Lantai Bergaya Tropikal, Tiap Kamar Dapat View - Gudang Berita Viral

DI antara banyaknya gaya arsitektur dan interior, desian tropical dinilai paling cocok dengan iklim di Indonesia. Memanfaatkan sinar matahari dan embusan angin yang cukup kuat, rumah rancangan arsitek Didik Triyono di kawasan Sidoarjo ini sangat mewakili gaya tersebut.



Dari sisi letak, rumah ini berada di pojok jalan sehingga membentuk leter L. Selain menjadi lebih lega, rumah bisa mendapatkan banyak view dibanding rumah lainnya. Karena itu, Didik memanfaatkannya dengan menciptakan banyak bukaan. Mulai pintu masuk hingga balkon di lantai 2 dan 3, semuanya dibuat dengan jendela dan pintu kaca yang bisa dibuka selebar-lebarnya. Membiarkan angin masuk plus view yang lapang.

Meski begitu privasi, suasana tetap terjaga karena bukaan di rumah itu tidak bersebelahan langsung dengan rumah tetangga. Samping rumah adalah pabrik yang dibatasi dengan dinding besar dan pepohonan yang cukup lebat. ’’Sayang kalau pemandangan hijau di sana enggak dimanfaatkan. Makanya kami buat balkon yang menghadap ke sana,’’ kata Didik saat dijumpai di rumah tersebut pada Kamis lalu (1/8).

Didik paham bahwa kliennya memiliki keluarga besar yang kerap berkumpul bersama. Karena itu, dibuatlah ballroom di lantai 3 yang dilengkapi mini pantry dan dikelilingi jendela kaca. Tujuannya, memberi kesan leluasa. (Dimas Maulana/Jawa Pos)

Banyaknya bukaan memang merupakan salah satu ciri arsitektur tropical. Sinar matahari bisa masuk dengan leluasa ke dalam rumah. Namun, ada tantangannya juga. Sebab, sisi kiri rumah tersebut mengadap ke barat. Sehingga, sinar matahari terasa kuat saat sore hari. Pemilihan bentuk atap pun menjadi penting.

Didik merancang atap berbentuk asimetris. Lebih panjang di bagian rumah yang menghadap ke barat. ’’Tentu saja untuk menghalau sinar matahari agar tidak terlalu jauh masuk ke area rumah,’’ jelas alumnus UPN Veteran Jatim tersebut.

Taman juga jadi bagian rumah bergaya tropical. Ada taman mini di depan rumah. Didik menjelaskan, lahan yang bisa dibangun pada lahan leter L adalah dikurangi 3 meter di jalan samping dan 5 meter di jalan utama.

Di dekat kamar anak dan ruang keluarga di lantai 2, Didik membuat taman kering. Berbeda dengan taman basah di lantai 1, taman kering tidak memiliki tanah. Hanya terdiri atas batu kerikil yang low-maintenance. Tanaman masih bisa diletakkan di taman kering dengan cara ditanam di dalam pot. (Dimas Maulana/Jawa Pos)

Untuk memanfaatkan kekosongan lahan 3 meter itulah, Didik menempatkan taman. Lengkap dengan rumput asli dan pohon. Alhasil, taman menjadi view yang menarik untuk ruang tamu, ruang keluarga, dan kamar utama. Sementara itu, lahan 5 meter dimanfaatkan sebagai carport untuk dua buah mobil.

Nah, peraturan itu jugalah yang membuat Didik memutuskan untuk menyebar taman di beberapa spot. Selain di area teras, ada taman di lantai 2. ’’Jadi, taman tidak hanya ada satu yang biasanya di depan atau di belakang rumah,’’ terangnya.

SUDUT HIJAU: Letak taman di rumah ini ’’disebar’’. Ada taman kering dan taman basah. Nah, yang ini adalah taman yang terletak di depan. (Dimas Maulana/Jawa Pos)

Taman di lantai 2 bersebelahan dengan tiga kamar anak. ’’Jadi kamar di mana pun bisa dapat view,’’ ujarnya.

Untuk interior, Didik memilih warna netral. Yakni, perpaduan cokelat muda, krem, dan abu-abu. Material marmer dipilih untuk beberapa spot agar memberikan sentuhan luxury. Di bagian lain, Didik juga menyisipkan material kayu. Salah satunya di area tangga. ’’Kayu ini membuat ruangan menjadi lebih ’kaya’ dan tidak polos,’’ tandasnya.

 

Home’s Facts

  • Luas Tanah: 154 m2
  • Luas Bangunan: 232 m2
  • Lokasi: Sidoarjo
FUNGSIONAL: Mini pantry yang berada di ballroom di lantai 3. Ruangan ini dirancang khusus untuk tempat ngumpul keluarga besar. (Dimas Maulana/Jawa Pos)
TIGA LANTAI: Memanfaatkan lahan dengan leter L, rumah bergaya tropikal ini dirancang dengan banyak bukaan dan beberapa taman. (Dimas Maulana/Jawa Pos)
CLEAN & SIMPEL: Kamar tidur anak berada di lantai 2. Setiap kamar dirancang agar bisa mendapat view taman. (Dimas Maulana/Jawa Pos)



Sumber: jawapos.com

Tag: News



Diberi Obat Kedaluwarsa, Ibu Hamil Polisikan Puskesmas Kamal Muara - Gudang Berita Viral Diberi Obat Kedaluwarsa, Ibu Hamil Polisikan Puskesmas Kamal Muara
Kamis, 22 Agu 2019, 09:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Terlibat Kasus Pemerkosaan, 4 Remaja Diringkus - Gudang Berita Viral Terlibat Kasus Pemerkosaan, 4 Remaja Diringkus
Kamis, 22 Agu 2019, 09:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
“Si Pink” Bright Gas Ramaikan Festival Kuliner Sukabumi - Gudang Berita Viral “Si Pink” Bright Gas Ramaikan Festival Kuliner Sukabumi
Kamis, 22 Agu 2019, 09:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print