Selasa, 24 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Rabu, 04 Sep 2019, 04:00:04 WIB, 3 View Tim Redaksi, Kategori : Bisnis
 Rugikan Petani Tembakau, Bisnis Vape Perlu Diatur  - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com, Mataram - Maraknya penggunaan rokok elektrik jelas tidak memberikan dampak positif bagi petani tembakau, khususnya yang tinggal di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Ketua IKADIN Kota Mataram, Irpan Suriadiata, menilai, rokok elektrik tidak memberikan dampak yang positif bagi kesehatan dan perekonomian masyarakat. "Jangan sampai (rokok elektrik) membawa malapetaka di masyarakat kalangan bawah," kata Irpan yang juga Wakil Rektor III UNU NTB ini, Selasa (3/9/2019).

Dia berharap, pemerintah bersikap tanggap dengan melakukan penelitian serius terhadap kandungan yang terdapat dalam rokok elektrik, atau vape. Jika memiliki dampak yang sangat berisiko maka pemerintah harus segera sosialisasikan pada masyarakat. "Harus segera sosialisasikan jika menemukan dampak rokok elektrik. Untuk rokok biasa yang saya tahu sejak dulu orang tua saya merokok dengan rokok tembakau, hingga kini tidak ada masalah," ucapnya.



Dia juga menyayangkan, maraknya penggunaan rokok elektrik di kalangan milenial di NTB. Padahal sebagian besar petani di NTB merupakan petani tembakau.

Hal ini tentu saja menjadi polemik baru pada petani tembakau, padahal tahun ini harga tembakau sedang anjlok, yang mengakibatkan petani tembakau merugi. "Tentu ini sangat merugikan petani tembakau di NTB, karena keberadaan atau maraknya rokok elektrik akan berdampak pada harga tembakau semakin murah," katanya.

Wakil Rais Syuriyah PWNU NTB, TGH Sohimun Faisol mengatakan, rokok tembakau hukumnya makruh, namun jika ada alternatif untuk menggantikan rokok tembakau,  agar hukumnya tetap makruh harus lebih baik dari tembakau.

Namun, jika rokok elektrik justru memiliki risiko penyakit lebih banyak maka seharusnya rokok tembakau tidak perlu diganti. "Makanya NU itu mengatakan (rokok) tidak haram (makruh). Rakyat yang jual rokok dan petani tembakau juga diuntungkan dari keberadaan rokok tembakau," ungkapnya.

Dia meminta pemerintah untuk mencari alternatif jalan keluar untuk membantu petani yang tengah merugi akibat hasil panen tembakau anjlok. "Ini masalah dagang, ya pemerintah harus mencari jalan keluarnya," kata TGH Sohimun.

Ia mengingatkan, jangan sampai dengan berkembangnya rokok elektrik justru petani tembakau di NTB atau di Indonesia justru ekonominya jatuh akibat keberadaan rokok elektrik. Hal ini justru menambah catatan dampak negatif dari rokok elektrik, karena selain berimplikasi pada kesehatan, memiliki implikasi juga pada petani tembakau.

Selanjutnya, TGH Sohimun mengingatkan pemerintah untuk memprioritaskan kemaslahatan masyarakat dengan mencari jalan keluar dari polemik tersebut. [tar]
    
    
   




Sumber: inilah.com

Tag: News



Toyota Luncurkan Land Cruiser 79 Namib Berwajah Legendaris di Afrika - Gudang Berita Viral Toyota Luncurkan Land Cruiser 79 Namib Berwajah Legendaris di Afrika
Selasa, 24 Sep 2019, 02:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
Kemendikbud Gandeng Samsung Tingkatkan Kualitas Pendidikan Indonesia - Gudang Berita Viral Kemendikbud Gandeng Samsung Tingkatkan Kualitas Pendidikan Indonesia
Selasa, 24 Sep 2019, 02:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Bus Damri di Bandara Kertajati Tetap Dekat di Hati  - Gudang Berita Viral Bus Damri di Bandara Kertajati Tetap Dekat di Hati
Selasa, 24 Sep 2019, 02:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print