Minggu, 18 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Minggu, 11 Agu 2019, 17:00:08 WIB, 4 View Tim Redaksi, Kategori : News
Risma Pastikan YKP Berubah Menjadi BUMD - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Alih kelola Yayasan Kas Pembangunan (YKP) Kota Surabaya dari pengurus lama ke Pemkot Surabaya terus berjalan. Sudah ada pendataan aset, baik uang tunai, tabungan, maupun aset berupa lahan. Pemkot Surabaya berencana untuk menjadikan YKP dan perusahaan di bawahnya, yakni PT YEKAPE, sebagai badan usaha milik daerah (BUMD).

Alih kelola YKP tersebut dimulai pada 15 Juli lalu dan secara maraton pemkot bergerak dengan cepat. Mulai penggantian pengurus, serah terima data semua aset termasuk keuangan, survei kavling sisa dan pematokan, hingga penggantian stempel YKP. Saat ini masih dilakukan audit keuangan dan aset YKP oleh BPKP dengan melibatkan kejaksaan tinggi dan inspektorat.



Setelah hampir seluruh aset YKP dikuasai, kini tinggal PT YEKAPE. Karena berbentuk perseroan terbatas, untuk mengubah jajaran komisaris dan direksi, perlu diadakan rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB). Rencananya, rapat tersebut diselenggarakan pada Selasa (20/8) Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menuturkan bahwa setelah semuanya diambil alih, pemkot mungkin akan membubarkan YKP. Sebab, pemkot tidak diperkenakan memiliki badan usaha berbentuk yayasan. Pada masa transisi saat ini, memang pemkot masih menjadi pemilik.

”Tapi, kan kita harus matangkan dulu PT YEKAPE-nya ini nanti bentuknya seperti apa. Nanti kan semua harus kita proses. Kalau ada perubahan-perubahan itu ya ke DPRD,” terang Risma di ruang kerjanya kemarin (10/8). Hadir pada saat itu jajaran YKP, mulai pembina sampai pengurus.

Dalam RUPSLB nanti, agendanya terkait dengan pergantian komisaris dan direksi. Pemkot berhati-hati dalam penunjukan tersebut. Karena itu, pemkot menggandeng kepolisian dan kejaksaan untuk menelisik latar belakang orang yang akan menduduki jabatan strategis tersebut.

Untuk YKP, para PNS di lingkungan Pemkot Surabaya, mulai Sekretaris Daerah Hendro Gunawan, Kepala Bappeko Eri Cahyadi, hingga Kepala Dinas Pengelolaan Bangunan dan Tanah Maria Theresia Ekawati Rahayu, menjadi pengurus sementara. Karena PNS, mereka tak boleh mengambil gaji dari YKP.

Risma pun lebih sreg bila kelak YKP itu menjadi BUMD. Apakah bakal melebur dengan BUMD yang sudah ada atau membentuk BUMD baru, semuanya masih sangat bergantung pada hasil kajian dengan tim ahli.

Memang ada wacana untuk aset-aset berupa tanah dikelolakan ke PT Surya Karsa Utama (SKU). Perusahaan itu adalah milik pemkot yang bergerak di bidang properti, transportasi, dan usaha lain.

”Kalau aku sebetulnya (ingin) BUMD. Ya sebetulnya karena waktu itu ya memang ada niat lah. Tapi, kan ndak bisa seperti itu. Aku juga ada traumanya lah seperti itu untuk jadi PT,” jelas Risma. 




Sumber: jawapos.com

Tag: News



MK Tidak Lagi Memiliki Semangat Antikorupsi dan Demokrasi - Gudang Berita Viral MK Tidak Lagi Memiliki Semangat Antikorupsi dan Demokrasi
Minggu, 18 Agu 2019, 12:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Tak Ada Alasan Khusus Presiden Jokowi Memilih Busana Bali - Gudang Berita Viral Tak Ada Alasan Khusus Presiden Jokowi Memilih Busana Bali
Minggu, 18 Agu 2019, 12:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Rencana Berlaku Pada 2020, Kartu Pra-Kerja Berikan Insentif Bukan Gaji - Gudang Berita Viral Rencana Berlaku Pada 2020, Kartu Pra-Kerja Berikan Insentif Bukan Gaji
Minggu, 18 Agu 2019, 12:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print