Kamis, 21 November 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Minggu, 03 Nov 2019, 08:00:09 WIB, 5 View Tim Redaksi, Kategori : News
Rionny Mainaky Kecewa Pemain Tunggal Putri Manja - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com–Entah treatment apa yang harus diberikan para pemain tunggal putri kita. Tujuh bulan sudah Rionny Mainaky menduduki jabatan pelatih kepala. Bukan melesat hebat. Prestasi Gregoria Mariska Tunjung dkk terus menurun. Puncaknya, Jorji (sapaan Gregoria) terlempar ke peringkat 27. Menemani Fitriani yang bertengger di posisi 28.

Keadaan ini jelas jadi tamparan keras. Rionny ”dibajak” dari timnas Jepang untuk mengangkat prestasi tunggal putri. Namun, dalam 12 turnamen yang dijalani sejak Rionny tiba pada Maret lalu, sektor ini belum pernah menyumbang gelar juara.



Dari jumlah itu, Jorji hanya tiga kali menembus perempat final. Yang paling dominan, dia kalah di babak pertama. Tujuh kali. Sisanya, pemain 20 tahun itu terhenti di babak kedua. Fitri tidak lebih baik. Bahkan nyaris identik. Tujuh kali dia juga tersingkir di babak pertama turnamen. Dua kali mandek di babak 16 besar. Dua kali lolos ke perempat final.

Wajah Rionny terlihat masam ketika ditemui usai melatih di pelatnas PBSI Kamis lalu (31/10). Pelatih yang hobi mengoleksi cincin akik itu memaksakan senyum saat disapa Jawa Pos. Dia tidak menampik faktor drawing jadi salah satu penyebab kegagalan anak buahnya. Namun, kondisi itu juga terjadi karena peringkat anak buahnya terus menurun. Sebagai nonunggulan, kans bertemu pemain top lebih besar.

”Ya pastilah kecewa,” ujar Rionny. ”Sekarang tiap turnamen ketemu pemain top. Itu hasilnya untung-untungan. Kalau lawan lagi nggak enak atau ketemu pemain di bawah bisa bagus hasilnya. Tapi sialnya ketemu lawan bagus terus. Walau mainnya bagus, ya tetap kecewa kalau cuma hampir menang saja,” omel dia.

Jika bertemu pemain top, pemain kita—terutama Jorji—memang sudah bisa mengimbangi. Sering memaksakan rubber game. Namun, hasil akhirnya tetap kalah. Menurut Rionny, semua itu bermula dari kebiasaan di lapangan. Anak buahnya kurang disiplin menjaga fokus.

”Seharusnya lebih telaten dan fokus lagi supaya ketika skornya leading, nggak kesalip terus. Kami kasih masukan, tapi atletnya sendiri sudah tahu kesalahan mereka. Cuma setiap ada kesempatan belum bisa digunain,” papar Rionny. ”Latihan harus lebih matang, jadi saat praktik di lapangan sudah nggak ada lagi faktor nggak fokus atau semacamnya,” lanjut pelatih 53 tahun itu.

Selain itu, banyak faktor nonteknis lain yang menjadi sumber kebuntuan tunggal putri. Salah satu yang paling berpengaruh soal kepercayaan diri. Kalau berhadapan dengan pemain unggulan, biasanya mereka langsung minder. Mereka berpikir, ”sudah pasti kalah”.

”Kan bisa lihat kualitas anak-anak di sini masih manja. Itu dari disiplin sendiri. Ketika masuk lapangan seharusnya sudah nggak ada pikiran lain-lain. Full fokus, pasti maju,” tegas adik pelatih ganda campuran Richard Mainaky tersebut.

Tidak banyak yang bisa dilakukan Rionny selama sisa tahun ini. Selain masuk skuad SEA Games, turnamen terakhir bagi Jorji dan Fitri adalah Fuzhou China Open. Drawing sama sekali tidak menyenangkan. Di pul atas, Jorji bertemu Zhang Beiwen (AS). Jika menang, lawan di babak kedua adalah Tai Tzu-ying atau Carolina Marin.

Untuk saat ini, peringkat Jorji di klasemen kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 masih aman. Dia ada di posisi ke-12. Tapi sampai kapan? Mengingat persaingan tunggal putri makin ketat. Pendatang baru An Se-young dari Korea contohnya. Pemain 17 tahun itu melesat ke peringkat 14 dunia setelah menjuarai French Open pekan lalu.




Sumber: jawapos.com

Tag: viral, berita viral, hot news, news, gudang berita viral, jawapos, tribunnews, kompas, Rionny Mainaky Kecewa Pemain Tunggal Putri Manja

Tag: News



Konsumsi Sabu, Kapolsek Kebayoran Baru Dicopot - Gudang Berita Viral Konsumsi Sabu, Kapolsek Kebayoran Baru Dicopot
Kamis, 21 Nov 2019, 14:00:28 WIB, Dibaca : 0 Kali
JP Morgan Ramalkan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tak Sampai 5 Persen - Gudang Berita Viral JP Morgan Ramalkan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tak Sampai 5 Persen
Kamis, 21 Nov 2019, 14:00:27 WIB, Dibaca : 0 Kali
Cinta Bersemi Pada 4 Zodiak Ini Selama Musim Liburan Akhir Tahun - Gudang Berita Viral Cinta Bersemi Pada 4 Zodiak Ini Selama Musim Liburan Akhir Tahun
Kamis, 21 Nov 2019, 14:00:27 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print