Minggu, 17 November 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Selasa, 05 Nov 2019, 15:00:42 WIB, 4 View Tim Redaksi, Kategori : News
Respons Mendes PDTT Terkait Dugaan Ada Desa Fiktif Terima Dana Desa - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Polemik dugaan adanya desa fiktif tak berpenduduk menggegerkan publik. Hal tersebut lantaran bisa menjadi lahan baru untuk korupsi dana desa yang dikucurkan oleh pemerintah pusat. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Polda Sulawesi Tenggara bahkan sudah turun tangan menyelidiki temuan desa fiktif yang ada di Konawe.

Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengatakan, ada temuan dari jajarannya bahwa terdapat desa yang letaknya di sekitar hutan. Kondisi desa tersebut pada siang hari kerap tidak ada penduduknya. Sebab, mereka rata-rata mencari penghidupan di dalam hutan. Sehingga, ketika petugas survei datang, seolah-seolah desa tersebut tak berpenduduk. Padahal menjelang malam, biasanya para warga baru kembali dari hutan.



“Kita minta para pendamping desa melakukan verifikasi apa benar di wilayahnya ada fakta-fakta seperti itu,” kata Halim di kantornya, Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (5/11).

Desa dengan karakteristik seperti itu tercatat ada 15 desa. Tersebar di berbagai daerah. Namun, kebanyakan berada di luar Pulau Jawa.

“Sekarang ada sekitar 15-an (desa fiktif) yang seperti itu. Ini kita lagi kaji lebih dalam lagi dalam rangka men-support Ibu Menkeu (Sri Mulyani) untuk lebih detail lagi,” tambah Halim.

Halim menjelaskan, dia akan meminta keterangan dari seluruh pendamping desa guna memastikan keberadaan desa fiktif tersebut. Hal itu guna menghindari terjadinya penyelewengan dana desa.

Di sisi lain, Halim menbantah jika ada desa tak berpenduduk menerima dana desa seperti yang diucapkan oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dalam rapat bersama Komisi XI DPR RI. “Dari telaah kita ada desa yang memang penduduknya sudah nggak ada. Jadi bukan hantu dalam artian ada dana ke sana kemudian desanya sudah nggak ada,” imbuh Halim.

Sebagai contoh, Halim menyebut desa-desa korban terdampak lumpur Lapindo di Sidoarjo, Jawa Timur. Sebanyak 5 desa memang sudah ditinggalkan penduduknya. Namun, tidak ada aliran dana desa ke 5 desa tersebut.

“Pada posisi ini Kemendes lebih pada memantau melakukan verifikasi dan pelaporan dari pendamping-pendamping desa,” pungkasnya.

Sebelumnya, Sri Mulyani menduga ada desa fiktif yang menerima aliran dana desa. Dia pun menegaskan akan menindaklanjuti temuan tersebut. “Kami mendengar beberapa masukan karena adanya transfer yang ‘ajeg’ dari APBN, maka sekarang muncul desa-desa baru yang bahkan tidak ada penduduknya. Hanya untuk bisa mendapatkan (dana desa),” kata Sri Mulayni di kompleks DPR RI Senayan, Jakarta, Senin (4/11).




Sumber: jawapos.com

Tag: viral, berita viral, hot news, news, gudang berita viral, jawapos, tribunnews, kompas, Respons Mendes PDTT Terkait Dugaan Ada Desa Fiktif Terima Dana Desa

Tag: News



Indra Sjafri: Mudah-Mudahan yang Melecehkan Timnas Indonesia Tobat - Gudang Berita Viral Indra Sjafri: Mudah-Mudahan yang Melecehkan Timnas Indonesia Tobat
Minggu, 17 Nov 2019, 07:00:10 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Obral SBN Biang Kerok Likuiditas Perbankan Seret?  - Gudang Berita Viral Obral SBN Biang Kerok Likuiditas Perbankan Seret?
Minggu, 17 Nov 2019, 07:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Depay Terlalu Dini Pindah ke MU  - Gudang Berita Viral Depay Terlalu Dini Pindah ke MU
Minggu, 17 Nov 2019, 07:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print