Minggu, 22 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Rabu, 04 Sep 2019, 16:00:02 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : News
 Respons Kemenhub Soal Kecelakaan Tol Cipularang  - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com, Jakarta - Tol Cipularang kembali menelan korban. Kali ini 20 kendaraan terlibat kecelakaan beruntun dan menyebabkan 8 orang tewas, 4 kendaraan terbakar.

Terkait kecelakaan maut di Tol Cipularang yang baru saja terjadi, Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi menyebut kendaraan angkutan barang yang terlibat dalam kecelakaan maut terjadi kelebihan muatan mencapai 300 persen. Selain kelebihan muatan, ternyata kedua truk tersebut juga terjadi masalah dalam pengereman.

"Jadi overloading itu, memang antara operator truknya dengan pemilik barang itu pesanannya satu mobil itu angkutnya kelebihan logistiknya sekitar 300 persen, dua-duanya sama satu perusahaan. Kemudian dimensinya dump truck itu lebih 70 sentimeter," kata Budi saat ditemui di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (4/9/2019).



Budi menyatakan, pihaknya telah bertemu dengan teknisi truk Hino yang terlibat dan menjadi penyebab kecelakaan maut di Cipularang. Teknisi itu menjelaskan terkait sistem kerja pengereman pada truk tersebut.

"Kalau mobil Hino, dinaiki dengan muatan seperti itu memang alat kerja remnya itu enggak maksimal, panas. Suatu saat panas itu bisa loss, enggak terkendali, atau kemudian bisa juga tapi dipaksakan. Misalnya dia ngerem di sini berhentinya beberapa meter di depan. Nah yang di belakang, begitu yang depan bermasalah remnya, narik guling. Dua duanya bermasalah menyangkut masalah remnya. Dan kelebihan muatan jadi nabrak semua di depan," paparnya.

Lebih lanjut Budi meminta pihak Kepolisian untuk mengusut tuntas kecelakaan maut di Cipularang. Tidak hanya sopir saja, namun juga pihak terkait lainnya.

"Nanti kira-kira Kepolisian sesuai diskusi penyelidikan bisa ke pengusahanya, atau kepada mereka yang menyuruh mereka mengangkut sampai dengan tonase 300 persen," ujarnya.

Pihak Kemenhub juga sudah berkoordinasi dan meminta Badan Pengatur Jalan Tol atau BPTJ Kementerian PUPR segera membangun alat pendeteksi kelebihan muatan di depan pintu tol, sehingga sejak awal, truk over dimention over load atau  ODOL melalui jalan tol dapat dihindarkan.

"Makanya saya minta percepatan kepada Kepala BPJT tahun 2020 nanti jalan tol itu zero ODOL, karena di jalan tol butuh keselamatan lebih, kalau sampai kecelakaan sekian banyak (korbannya) di jalan negara jarang," tandasnya. [rok]




Sumber: inilah.com

Tag: News



Jolene Marie Cholock-Rotinsulu Bahas Limbah di Global Landscapes Forum - Gudang Berita Viral Jolene Marie Cholock-Rotinsulu Bahas Limbah di Global Landscapes Forum
Minggu, 22 Sep 2019, 21:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali
Pemkot Surabaya Menang Banding, Maspion Ajukan Kasasi - Gudang Berita Viral Pemkot Surabaya Menang Banding, Maspion Ajukan Kasasi
Minggu, 22 Sep 2019, 21:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali
Marcus: Bang Ahsan Nggak Fit Saja Bisa Masuk Final - Gudang Berita Viral Marcus: Bang Ahsan Nggak Fit Saja Bisa Masuk Final
Minggu, 22 Sep 2019, 21:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print