Kamis, 17 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Senin, 30 Sep 2019, 19:00:08 WIB, 6 View Tim Redaksi, Kategori : News
Rencana Strategis PKB di Pilbup Gresik: Usung Duet Senior-Milenial - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Sebagai satu-satunya parpol yang bisa mengusung pasangan calon tanpa perlu koalisi, langkah politik PKB untuk menghadapi pilbup 2020 tentu dinantikan. Terutama bagi para konstituennya. Kabar terakhir, partai dengan 13 kursi di DPRD Gresik sudah menyepakati sejumlah keputusan strategis.

Selain menentukan kriteria bakal calon bupati (bacabup) dan bakal calon wakil bupati (bacawabup), PKB sudah mengantongi sejumlah kandidat potensial. Rencana itu merupakan hasil komunikasi politik dengan sejumlah parpol. ”Rencana strategis ini kami matangkan sebelum disampaikan ke DPP,” ungkap Wakil Ketua DPC PKB HM. Abdul Qodir kemarin (29/9).



Salah satu rencana strategis yang diseriusi PKB dalam pilbup nanti adalah soal kriteria kandidat. Yang menjadi prioritas utama adalah menduetkan dua calon dengan latar belakang berbeda. Qodir menjelaskan, kandidat bacabup diisi sosok yang dinilai berpengalaman di sektor pemerintahan. Selain itu, ada nilai senioritas. ”Sedangkan, sosok bakal cawabup diharapkan berasal dari kalangan milenial,” katanya.

Penentuan kriteria tersebut bukan tanpa pertimbangan. Qodir menyebutkan, pembangunan Gresik ke depan membutuhkan sentuhan kreativitas. Dengan begitu, sosok yang memiliki inovasi plus bisa menyerap aspirasi dan keinginan kaum milenial diperlukan. ”Nah, sosok inovatif tersebut butuh pendampingan dari sosok yang berpengalaman di sektor pemerintahan,” ujarnya.

Dari penyusunan kriteria tersebut, lanjut dia, PKB sudah menjaring nama-nama potensial yang bakal diusung dalam pilbup mendatang. Hasilnya, ada beberapa nama yang dielus. Ada yang berasal dari kader internal partai, juga dari eksternal.

Lalu, siapa mereka? Qodir belum berani buka kartu. Sebab, saat ini para kandidat yang muncul di PKB dikaji lebih mendalam. ”Yang jelas, dalam pilbup nanti, PKB berusaha tidak berangkat sendiri. Kami ingin berkoalisi dengan partai lain. Termasuk para kandidat yang diusung nanti bisa disepakati bersama,” katanya.

Dari informasi yang dihimpun Jawa Pos, saat ini ada lima kandidat potensial yang dijajaki PKB di pilbup 2020 mendatang. Untuk posisi bacabup, PKB menargetkan untuk mengusung kandidat internal. Ada tiga nama yang disebut-sebut. Yakni, M. Qosim (ketua DPC PKB), Jazilul Fawaid (anggota DPR dari PKB), dan Fandi Akhmad Yani (ketua DPRD Gresik).

Sementara itu, untuk posisi bacawabup, setidaknya sudah ada dua nama yang berkembang. Dari eksternal partai, ada nama Asluchul Alif (ketua DPC Partai Gerindra Gresik) dan dari internal M. Abdul Qodir. Namun, beberapa nama lain juga dikaji.

Sebelumnya, Qosim yang saat ini menjabat Wabup mengaku siap untuk running di pilbup 2020. Namun, kesiapan tersebut baru secara pribadi. Sebagai ketua partai, tentu pihaknya tetap patuh pada ketentuan DPP. Begitu juga mekanisme penjaringan bacabup dan bacawabup dari PKB seperti apa tentu juga menjadi domain DPP. ”Seperti apa teknisnya, kami menunggu arahan partai,” katanya.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Inilah Pemicu Kenaikan Harga Emas Berjangka  - Gudang Berita Viral Inilah Pemicu Kenaikan Harga Emas Berjangka
Kamis, 17 Okt 2019, 07:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Harga Minyak Mentah Bisa Naik 1%  - Gudang Berita Viral Harga Minyak Mentah Bisa Naik 1%
Kamis, 17 Okt 2019, 07:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Bos IWAPI Digadang-gadang Masuk Kabinet Jokowi  - Gudang Berita Viral Bos IWAPI Digadang-gadang Masuk Kabinet Jokowi
Kamis, 17 Okt 2019, 07:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print