Selasa, 15 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Sabtu, 28 Sep 2019, 16:00:06 WIB, 6 View Tim Redaksi, Kategori : News
Rekan Sejawatnya Dibakar di Wamena, Dokter di Papua Minta Pulang - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Kerusuhan di Papua membuat korban tewas berjatuhan. Salah satunya adalah dr Soeko Marsetiyo yang sudah mengabdi di Wamena, Jayawijaya, selama 15 tahun. Dia meninggal setelah dibakar massa Rabu lalu (25/9). Pasca kejadian itu, beberapa dokter pendatang meminta untuk dipulangkan.

Ketua Umum Pengurus Besar (PB) IDI Daeng M. Faqih menyatakan, beberapa dokter yang berdinas di Papua meminta untuk dipulangkan. Namun, ada juga yang masih mau bertahan dengan alasan mengabdi. ”Kami sedang melakukan pendataan,” ungkapnya kemarin (27/9).



Saat ini Faqih belum tahu jumlah pasti dokter yang berada di Papua maupun Papua Barat. PB IDI melakukan pemantauan melalui IDI Papua. Menurut dia, dokter yang meminta evakuasi akan dibantu. ”Proses tersebut sedang berjalan. Kami koordinasi dengan TNI,” ungkapnya.

Dia menyatakan, IDI membebaskan para dokter untuk memilih mau tinggal atau tidak. Dokter yang menyatakan tetap tinggal dimintai nomor yang bisa dihubungi untuk koordinasi pengamanan.

Jawa Pos sempat dihubungi seorang dokter di Oksibil, Pegunungan Bintang, melalui pesan WhatsApp. Dokter obstetri dan ginekologi yang enggan disebutkan namanya itu menyatakan, 800 meter dari rumah dinasnya sedang terjadi kerusuhan. Di Oksibil, menurut ceritanya, banyak warga pendatang. Rata-rata membuka kios di sekitar pasar tradisional. ”Rumah dan kios habis dibakar,” terang dia.

Menteri Kesehatan Nila Moeloek menyatakan sudah berkoordinasi dengan kepala Dinkes Papua. Menurut dia, dokter yang bertugas sudah dikawal TNI maupun Polri. Kemenkes mengimbau dokter yang bertugas merapat ke daerah aman. Salah satunya Jayapura. Namun, perpindahan tersebut tak bisa serempak karena terbatasnya transportasi. Layanan di sana tak akan terganggu karena menurut dia masih banyak dokter asli Papua.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Neraca Perdagangan September Defisit USD 160 Juta - Gudang Berita Viral Neraca Perdagangan September Defisit USD 160 Juta
Selasa, 15 Okt 2019, 14:00:07 WIB, Dibaca : 3 Kali
Terjaring OTT KPK, Segini Harta Kekayaan Bupati Indramayu - Gudang Berita Viral Terjaring OTT KPK, Segini Harta Kekayaan Bupati Indramayu
Selasa, 15 Okt 2019, 14:00:07 WIB, Dibaca : 1 Kali
Masih dalam Penyembuhan Diare, Kepulangan Akila-Azila Ditunda - Gudang Berita Viral Masih dalam Penyembuhan Diare, Kepulangan Akila-Azila Ditunda
Selasa, 15 Okt 2019, 14:00:07 WIB, Dibaca : 1 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print