Rabu, 16 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Jumat, 04 Okt 2019, 05:00:05 WIB, 10 View Tim Redaksi, Kategori : Bisnis
 Rasio Elektrifikasi Papua dan Papua Barat Digenjot  - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com, Jakarta - PT PLN (Perserp) terus menggenjot rasio eletrifikasi di dua provinsi yang tergolong masih rendah, yakni Papua dan Papua Barat. Agar target 100% pada 2020 bisa diraih.

Menurut Direktur Human Capital Management (HCM) PLN, Muhamad Ali, Jakarta, Kamis (3/10/2019), upaya melistriki Bumi Cendrawasih, tidak mudah dilakukan. Mengingat sampai Juli 2019, rasio elektrifikasi di Papua sebesar 48,5% dan Papua Barat 91,22%.



Dengan jumlah desa total 7.358 (Permendagri No 137/2017), masih sekitar 1.724 desa yang gelap gulita. Itulah pertimbangan, PLN Direktorat Bisnis Regional Maluku dan Papua, menetapkan program inisiatif strategis bertajuk Ekspedisi Papua Terang pada 2018.

Langkah awal yang dilakukan adalah membangun sistem kelistrikan, yakni mengadakan survei kelistrikan, yang menjadi dasar menentukan tahapan atau langkah berikutnya. Karena itu, menurut Ali, sebagai kelanjutan dari Ekspedisi Papua Terang, tahun ini PLN menetapkan Program 1.000 Renewable Energy for Papua yang merupakan kerja sama PLN (Persero) Direktorat Bisnis Regional Maluku dan Papua dengan Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Cenderawasih, LAPAN, dan TNI AD.

Vita Khairunnisa, alumnus Mapala Departemen (Jurusan) Geografi UI yang menjadi peserta Ekspedisi Papua Terang 2018, mengaku banyak mendapat pengalaman. Sejumlah manfaat diperolehnya antara lain berkesempatan melakukan riset sistem informasi geografis untuk pengembangan riset lebih lanjut, khususnya untuk memperoleh data pendukung secara lebih praktis dan efisien.

"Mengingat pelaksanaan riset sangat mahal apabila dilakukan sendiri, maka dengan mengikuti EPT, kami yang di tahun lalu juga tengah menyusun tugas akhir (skripsi), dapat sekaligus melakukan survei dan analisisnya. Memang tugas akhir saya dilakukan di daerah yang berbeda dengan lokasi EPT. Namun karena tema yang saya ambil untuk tugas akhir dengan tujuan EPT, maka dapat dilakukan data kompilasi dan kelengkapannya,” jelas gadis kelahiran 1996 ini.

Vita belajar banyak hal, seperti bagaimana sikap penerimaan dan penolakan dari masyarakat setempat waktu itu. Walaupun tim EPT datang dengan niat baik ingin melistriki Papua, tetapi penerimaan dari masyarat setempat tidak selalu sama nadanya. Sejak awal kedatangan sudah disampaikan, tim EPT tidak langsung melistriki Papua.

Pernyataan ini perlu dikemukakan, agar tim tidak dikatakan menipu penduduk setempat. Dari survei. berbagai upaya perlu dilakukan. Karena ada di satu distrik yang masuknya listrik dilakukan dengan sistem memperpanjang atau menarik kabel listrik. Langkah tersebut lebih efektif, ketimbang harus membangun pembangkit yang perawatannya belum tentu dipahami dengan baik. Apalagi daerah tersebut, lanjutnya, ternyata menolak masuknya energi terbarukan (renewable energy). Namun demikian, daerah tersebut juga masih berpotensi untuk pengembangan turbin angin.

Kepala Divisi Pengembangan Regional Maluku-Papua PLN, Eman Prijono Wasito Adi, menerangkan, ada empat alternatif EBT yang ditawarkan yakni Pembangkit Listrik Tenaga Pikohidro; Tabung Listrik (Talis); Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTBm); serta PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya). [tar]




Sumber: inilah.com

Tag: News



Setelah Prabowo Kunjungi Golkar, Koalisi Jokowi Rawan Gesekan Internal - Gudang Berita Viral Setelah Prabowo Kunjungi Golkar, Koalisi Jokowi Rawan Gesekan Internal
Rabu, 16 Okt 2019, 12:00:09 WIB, Dibaca : 3 Kali
Asosiasi Manajemen Hiburan Korea Janji Tindak Tegas Komentator Jahat - Gudang Berita Viral Asosiasi Manajemen Hiburan Korea Janji Tindak Tegas Komentator Jahat
Rabu, 16 Okt 2019, 12:00:09 WIB, Dibaca : 1 Kali
STNK Mati, Pengendara Bisa Dikurung Dalam Penjara - Gudang Berita Viral STNK Mati, Pengendara Bisa Dikurung Dalam Penjara
Rabu, 16 Okt 2019, 12:00:09 WIB, Dibaca : 4 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print