Rabu, 20 November 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Kamis, 31 Okt 2019, 18:00:11 WIB, 3 View Tim Redaksi, Kategori : News
Rano Karno Disebut Terima Duit Panas dari Adik Ratu Atut - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Anggota DPR dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Rano Karno disebut turut menerima uang panas sebesar Rp 700 juta. Duit itu berasal dari proyek pengadaan alat kedokteran rumah sakit rujukan Provinsi Banten pada Dinas Kesehatan Provinsi Banten Tahun Anggaran (TA) 2012.

Aliran uang tersebut terungkap saat Jaksa penuntut umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membacakan surat dakwaan untuk terdakwa Komisaris Utama PT Balisific Pragama (PT BP) Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan.



“Melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi, yaitu telah memperkaya Rano Karno sebesar Rp 700.000.000,” kata Jaksa Budi Nugraha saat membacakan surat dakwaan di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Kamis (31/10).

Jaksa menjelaskan, uang yang diperoleh oleh mantan Gubernur Banten tersebut berasal dari Direktur PT Java Medika (PT JM) Yuni Astuti. Dalam dakwaan, Yuni merupakan salah satu rekanan yang mengerjakan proyek pengadaan alat-alat kedokteran di Provinsi Banten.

Yuni diduga ikut kongkalingkong dalam proses pengerjaan proyek tersebut. Dari pengerjaan proyek tersebut, Yuni memperoleh uang yang nilainya mencapai Rp 61,2 miliar.

Adapun, rincian ‎uang yang digunakan yakni, sebesar Rp 30,4 miliar untuk pembelian alat kesehatan. Kemudian, untuk biaya pinjaman mencapai Rp 222,8 juta.

Sementara sisanya diberikan kepada sejumlah pihak, atas perintah Wawan. Salah satu pihak yang disebut turut menerima uang panas terkait proyek tersebut yakni Rano Karno.‎

“Sesuai arahan terdakwa, bagian Yuni Astuti tersebut juga dipergunakan untuk diberikan kepada beberapa pihak, antara lain Djadja Buddy, Ajat Drajat, Ahmad Putra, Rano Karno,” ucap Jaksa.

Menanggapi hal itu, Rano Karno membantah tudingan tersebut. Politikus PDIP yang kini duduk sebagai legislator itu mengatakan, pernyataan Mantan Kadis Kesehatan Pemprov Banten Djaja Buddy Suhardja yang menuding Rano Karno menerima uang adalah keliru.

“Saudara Djadja telah menuduh saya. Saya dituduh menerima aliran dana sebesar Rp 700 juta. Jumlah ini berbeda jauh dari tuduhan sebelumnya yang menyebut saya menerima aliran dana dari kasus ini sebesar Rp 300 juta. Saya mempertanyakan inkonsistensi tuduhan yang disampaikan Saudara Djadja atas diri saya,” ucap Rano Karno kepada wartawan.

Selain Rano Karno, mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah juga turut diperkaya dalam proyek tersebut. Ratu Atut disebut kecipratan uang panas dari proyek tersebut sekira ‎Rp 3,859 miliar.

Jaksa juga mendakwa Wawan melakukan korupsi proyek itu bersama-sama dengan Atut. Diketahui, Atut yang merupakan mantan Gubernur Banten itu telah divonis bersalah dan hukumannya sudah inkrah. Dalam vonis Atut juga disebutkan adanya pemberian uang kepada Rano Karno.

Atas perbuatan itu, Wawan didakwa melanggar Pasal 2 ayat 1 atau Pasal 3 juncto Pasal 18 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP juncto Pasal 65 ayat (1) KUHP.




Sumber: jawapos.com

Tag: viral, berita viral, hot news, news, gudang berita viral, jawapos, tribunnews, kompas, Rano Karno Disebut Terima Duit Panas dari Adik Ratu Atut

Tag: News



ACT Pasok 55 Ton Beras ke Pesantren Prasejahtera di Seluruh Indonesia - Gudang Berita Viral ACT Pasok 55 Ton Beras ke Pesantren Prasejahtera di Seluruh Indonesia
Rabu, 20 Nov 2019, 09:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Wanita jangan Lembut dengan Lelaki Bukan Mahram  - Gudang Berita Viral Wanita jangan Lembut dengan Lelaki Bukan Mahram
Rabu, 20 Nov 2019, 09:00:08 WIB, Dibaca : 1 Kali
 2 Desember, Apple Gelar Acara Khusus di New York  - Gudang Berita Viral 2 Desember, Apple Gelar Acara Khusus di New York
Rabu, 20 Nov 2019, 09:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print