Kamis, 14 November 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Minggu, 03 Nov 2019, 08:00:09 WIB, 3 View Tim Redaksi, Kategori : News
Rangkap Jabatan Anggota Exco, Potensial Munculkan Konflik Kepentingan - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Harapan melihat wajah baru yang mendominasi Executive Committee (Exco) PSSI sirna sudah. Dari 12 exco yang terpilih dalam kongres PSSI kemarin (2/11), sebagian besar masih didominasi muka lama.

Ada lima orang yang sebelumnya menduduki jabatan yang sama. Nama-nama seperti Juni Rachman, Yunus Nusi, Dirk Soplanit, Pieter Tanuri, dan Yoyok Sukawi alias A.S. Sukawijaya kembali terpilih sebagai exco.



Sementara itu, yang lain seperti Haruna Soemitro dan Endri Erawan juga tidak asing di kepengurusan PSSI. Haruna pernah menjadi Exco PSSI di era Nurdin Halid. Lalu, Endri merupakan eks manajer timnas Indonesia di Piala AFF 2018. Ada pula nama Ahmad Riyadh yang merupakan ketua Asprov PSSI Jawa Timur. Namun, sebelumnya, Riyadh menjabat sebagai ketua ad hoc PSSI.

Praktis, dari pemilihan exco kemarin, hanya empat nama yang belum pernah duduk di kepengurusan PSSI. Yakni, Hasnuryadi Sulaiman, Sonhadji, Hasani Abdul Gani, dan Vivin Cahyani Sungkono.

Meski dihuni banyak muka lama, beberapa voters menyatakan tidak masalah. Misalnya, pernyataan Sekretaris Umum PSMS Medan Julius Raja. Menurut dia, para exco terpilih sudah sesuai dengan aturan di PSSI. ’’Ini mutlak. Berarti para exco baru yang dipilih ini memang punya kapasitas,’’ ungkapnya.

Masalahnya, dari 12 exco, beberapa nama bakal melakukan rangkap jabatan. Sebab, mereka memang masih menangani klub-klub Liga 1. Sebut saja Yoyok Sukawi yang merupakan CEO PSIS Semarang, Peter Tanuri sebagai CEO Bali United, Haruna Soemitro selaku manajer Madura United, serta Hasnuryadi Sulaiman yang merupakan manajer sekaligus pemilik Barito Putera.

Apakah para exco yang sekaligus pengelola klub bakal melepas status di klub masing-masing? Haruna angkat bicara soal hal tersebut. Dengan terpilihnya menjadi Exco PSSI, dia bakal mempertimbangkan untuk mundur dari jabatan manajer Madura United. ’’Iya, saya akan pertimbangkan karena ini amanah dari teman-teman. Saya ingin memikirkan kepentingan yang lebih besar,’’ paparnya.

Hal senada disampaikan Hasnur. Dia sadar memang tidak ada peraturan yang menyebutkan bahwa manajer atau pemilik klub harus melepas jabatan ketika menjadi Exco PSSI. ’’Tapi, secara etika memang sulit. Saya akan bicara dulu dengan suporter Barito Putera dan keluarga,’’ ungkapnya.

Hasnur menyatakan sulit jika harus melepas Barito Putera. Sebab, tim berjuluk Laskar Antasari itu merupakan titipan keluarga yang harus dijalankan. ’’Sekali lagi saya akan diskusi. Mungkin nanti kalau tidak bisa, saya akan mengibaratkan seorang pemain Barito Putera yang dipanggil oleh timnas Indonesia. Jadi, kepentingan PSSI lebih dulu dibandingkan klub,’’ paparnya.

Sementara itu, Refrizal yang merupakan anggota exco lama yang gagal ikut gerbong Yunus Nusi dkk mengaku tidak kecewa. Justru, tidak terpilihnya menjadi Exco PSSI merupakan rahmat yang luar biasa. ’’Lihat, saya jadi orang paling bahagia saat ini,’’ ungkap Refrizal.

Walau tidak terpilih, pria asal Padang itu berjanji tetap membantu kawan-kawannya di PSSI kalau dibutuhkan. Bahkan siap membantu jika memang PSSI membutuhkan tenaganya dalam hal organisasi. ’’Saya juga berharap masyarakat jangan menganggap muka lama tidak akan berprestasi. Ini hal baik, harus didukung. Mereka terpilih dengan jujur, jadi dukung PSSI. Apalagi pemerintah saat ini begitu perhatian,’’ harapnya.

ANGGOTA EXCO TERPILIH PERIODE 2019-2023

A.S Sukawijaya alias Yoyok Sukawi (45 suara)

Dirk Soplanit (62 suara)

Endri Erawan (44 suara)

Haruna Soemitro (45 suara)

Hasnuryadi Sulaiman (44 suara)

Juni Rahman (45 suara)

Pieter Tanuri (52 suara)

Sonhadji (58 suara)

Ahmad Riyadh (55 suara)

Hasani Abdulgani (49 suara)

Vivin Cahyani (47 suara)

Yunus Nusi (44 suara)




Sumber: jawapos.com

Tag: viral, berita viral, hot news, news, gudang berita viral, jawapos, tribunnews, kompas, Rangkap Jabatan Anggota Exco, Potensial Munculkan Konflik Kepentingan

Tag: News



Tenaga Surya jadi Sumber Energi Utama ’10 Bali Baru’ - Gudang Berita Viral Tenaga Surya jadi Sumber Energi Utama ’10 Bali Baru’
Kamis, 14 Nov 2019, 21:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali
3 Tempat Wisata Baru di Bogor, Sudah Pernah ke Sana? - Gudang Berita Viral 3 Tempat Wisata Baru di Bogor, Sudah Pernah ke Sana?
Kamis, 14 Nov 2019, 21:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali
Pernah Mogok Makan Demi Kurus, Prilly Latuconsina: Itu Hal Terbodoh - Gudang Berita Viral Pernah Mogok Makan Demi Kurus, Prilly Latuconsina: Itu Hal Terbodoh
Kamis, 14 Nov 2019, 21:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print