Selasa, 15 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Senin, 07 Okt 2019, 17:00:09 WIB, 4 View Tim Redaksi, Kategori : News
Punya Kartu Kredit? Ini 4 Hal yang Harus Dilakukan dan Dihindari - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Saat ini, orang-orang membutuhkan kenyamanan dan kemudahan dalam transaksi keuangan. Sehingga semua transaksi yang mereka lakukan bisa berjalan dengan lancar. Salah satunya menggunakan kartu kredit.

Bukan hanya itu saja, jangkauan penggunaannya yang luas juga jadi alasan banyak orang menggunakan kartu kredit dalam keseharian mereka. Bagi Anda yang memiliki dan aktif sebagai pengguna kartu kredit, pastikan Anda selalu menggunakan alat pembayaran ini dengan bijak. Ini penting, mengingat semua pembelanjaan yang Anda lakukan dengan kartu kredit akan berefek pada tagihan.



Jangan sampai Anda mengalami masalah keuangan di masa yang akan datang, hanya karena penggunaan kartu kredit yang tidak tepat. Bukan hanya menimbulkan sejumlah utang, kondisi seperti ini juga akan membuat riwayat kredit Anda menjadi buruk di mata perbankan.

Penting untuk selalu bijak dalam menggunakan kartu kredit, agar tujuan Anda memiliki produk keuangan yang satu ini bisa tercapai dengan baik. Bagaimanapun juga, Anda tentu ingin selalu menjaga kondisi keuangan dengan baik, bukan?

Jadi, ini lho yang boleh dilakukan dan harus dihindari bila Anda punya kartu kredit seperti dikutip dari Cermati.com, Senin (7/10).

Harus Melakukan ini bila Punya Kartu Kredit

Bukan hanya sekadar punya kartu kredit dan menggunakannya seperlunya saja, Anda juga bisa mendapatkan manfaat maksimal dari produk keuangan yang satu ini. Hal itu tentu hanya bisa didapatkan jika Anda selalu menggunakan kartu kredit dengan bijak dan tepat, yakni:

1. Pahami kebijakan dan aturan bank penerbit

Setiap kartu kredit memiliki aturan tersendiri, termasuk terkait berbagai biaya yang diterapkan di dalamnya. Pastikan Anda memahami berbagai kebijakan dan aturan bank penerbit kartu kredit Anda secara detail sejak awal, agar kelak tidak mendapatkan masalah atau bahkan kerugian ketika menggunakannya.

2. Kenali fitur dan manfaatkan dengan maksimal

Berbagai fitur dan penawaran menarik disematkan di dalam kartu kredit, sehingga penggunanya bisa menikmati untuk kenyamanan dan keuntungan bertransaksi, seperti diskon, poin reward, dan yang lainnya. Kenali beragam fitur unggulan ini dan manfaatkan secara maksimal, agar Anda bisa mendapatkan keuntungan ketika menggunakan kartu kredit Anda.

3. Gunakan dengan bijak

Hindari berbagai masalah keuangan akibat penggunaan kartu kredit yang tidak terencana, terutama untuk berbagai pembelanjaan yang tidak begitu penting untuk Anda lakukan. Sangat penting untuk selalu merencanakan setiap pembelian yang akan dilakukan, terutama yang membutuhkan dana besar dari kartu kredit Anda. Hal ini akan mencegah Anda memboroskan banyak uang dan mendapat nominal tagihan besar dari kartu kredit.

4. Cek dan bayar tagihan secara rutin

Jangan lupa untuk selalu mengecek tagihan Anda secara detail, untuk memastikan kecocokan berbagai transaksi yang dilakukan. Selain itu, bayar juga tagihan kartu kredit tepat waktu, sehingga Anda bisa terhindar dari berbagai denda dan biaya lainnya.

Hindari ini saat Punya Kartu Kredit

Sebagai pengguna kartu kredit, Anda juga perlu menghindari berbagai tindakan yang bisa menimbulkan masalah dalam penggunaannya. Hal ini penting, guna memastikan Anda tetap bisa melakukan transaksi kartu kredit dengan lancar, hindari hal berikut ini:

1. Punya banyak kartu kredit sekaligus

Memiliki banyak kartu kredit tentu bukan pilihan yang tepat, sebab hal ini berisiko menimbulkan masalah keuangan. Kartu kredit yang banyak akan membebani Anda dengan iuran tahunan yang besar. Termasuk tagihan dalam jumlah besar juga.

2. Belanja melebihi limit kredit

Menggunakan kartu kredit hingga over limit juga bisa menimbulkan kerugian bagi Anda. Pihak bank akan mengenakan sejumlah denda over limit yang nilainya tidak bisa dianggap kecil. Selain itu, pembelanjaan yang besar hingga menghabiskan seluruh limit kredit seperti ini bisa membuat Anda kesulitan untuk melakukan pembayaran.

3. Terlambat melakukan pembayaran

Jangan sampai terlambat membayar tagihan kartu kredit Anda. Sebab hal ini akan menambah beban utang Anda di bulan berikutnya. Anda akan dikenakan sejumlah denda keterlambatan dan juga bunga kredit yang cukup besar akibat hal yang satu ini.

4. Hanya membayar minimum ‘payment’ saja

Hindari untuk melakukan pembayaran minimum saja, mengingat bunga kartu kredit terbilang cukup besar. Jika Anda tidak melunasi tagihan kartu kredit atau bahkan hanya melakukan pembayaran minimum saja, maka di bulan berikutnya akan dikenakan sejumlah bunga atas tagihan tersebut.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Mau Beli Xiaomi? Ini 5 Rekomendasi HP di Bawah Rp 2,5 Juta - Gudang Berita Viral Mau Beli Xiaomi? Ini 5 Rekomendasi HP di Bawah Rp 2,5 Juta
Selasa, 15 Okt 2019, 16:00:06 WIB, Dibaca : 1 Kali
Ismail Fahmi: Tiap Isu Diterbitkan Jadi Buku - Gudang Berita Viral Ismail Fahmi: Tiap Isu Diterbitkan Jadi Buku
Selasa, 15 Okt 2019, 16:00:06 WIB, Dibaca : 1 Kali
Kamera Pengawas Prioritaskan Kawasan Rawan Surabaya - Gudang Berita Viral Kamera Pengawas Prioritaskan Kawasan Rawan Surabaya
Selasa, 15 Okt 2019, 16:00:06 WIB, Dibaca : 1 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print