Rabu, 20 November 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Minggu, 03 Nov 2019, 11:00:09 WIB, 3 View Tim Redaksi, Kategori : News
Pukat UGM Sarankan Presiden Pilih Dewan Pengawas KPK Bukan dari Parpol - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Pusat Kajian Anti Korupsi (Pukat) Universitas Gadjah Mada (UGM) berharap proses seleksi Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dapat berlangsung secara transparan dan akuntabel. Presiden diharapkan dapat mendengar aspirasi masyarakat.

“Kami harap proses pemilihannya dibuat secara transparan, akuntabel, dan mendengarkan aspirasi masyarakat sehingga betul-betul didapatkan lima orang Dewan Pengawas yang memiliki integritas dan track record anti korupsi yang sangat baik,” kata Ketua Pukat UGM Oce Madril dalam keterangannya, Minggu (3/11).



Dalam proses seleksi Dewan Pengawas KPK, kata Oce, Presiden Jokowi harus menerapkan kriteria tertentu. Sebab posisi Dewan Pengawas merupakan jabatan yang strategis sehingga tidak bisa diisi oleh sembarang orang.

Oce menyarankan agar Presiden Jokowi memilih anggota Dewan Pengawas KPK dari kalangan profesional maupun akademisi. Sehingga bukan berasal dari orang-orang berlatar belakang partai politik.

“Harus yang profesional, jangan sampai memasukkan nama-nama yang kontroversi. Presiden bisa saja memilih dari mantan-mantan pimpinan KPK yang lama, dari kalangan akademisi, bisa juga mengambil dari mantan hakim yang memiliki track record baik. Jadi, ada banyak sumber,” pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan masih menyusun nama-nama Dewan Pengawas KPK setelah berlakunya Undang-undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang Perubahan atas UU KPK.

“Ya, saat ini untuk Dewan Pengawas KPK, kami masih dalam proses mendapatkan masukan-masukan untuk siapa yang nanti bisa duduk di dalam dewan pengawas,” kata Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (1/11).

Pasal 69A UU 19/2019 menyebutkan bahwa ketua dan anggota Dewan Pengawas untuk pertama kalinya ditunjuk dan diangkat oleh Presiden Republik Indonesia. Nantinya pelantikan Dewan Pengawas akan bersamaan dengan pimpinan KPK periode 2019-2023.

“Untuk pelantikan Dewan Pengawas KPK akan bersamaan dengan pengambilan sumpah pimpinan komisioner KPK yang baru, yaitu pada bulan Desember. Hal ini sudah tercantum di dalam peraturan peralihan yang ada. Di Pasal 69A,” tukas mantan Gubernur DKI Jakarta ini.




Sumber: jawapos.com

Tag: viral, berita viral, hot news, news, gudang berita viral, jawapos, tribunnews, kompas, Pukat UGM Sarankan Presiden Pilih Dewan Pengawas KPK Bukan dari Parpol

Tag: News



Doa Titiek Soeharto untuk Prabowo: Yang Penting Badannya Merah Putih - Gudang Berita Viral Doa Titiek Soeharto untuk Prabowo: Yang Penting Badannya Merah Putih
Rabu, 20 Nov 2019, 11:00:16 WIB, Dibaca : 0 Kali
Pendengar yang Buruk, 5 Zodiak Ini Sulit Diajak Curhat - Gudang Berita Viral Pendengar yang Buruk, 5 Zodiak Ini Sulit Diajak Curhat
Rabu, 20 Nov 2019, 11:00:16 WIB, Dibaca : 0 Kali
Korban First Travel Kini Berharap pada Putusan Perdata - Gudang Berita Viral Korban First Travel Kini Berharap pada Putusan Perdata
Rabu, 20 Nov 2019, 11:00:16 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print