Rabu, 16 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Selasa, 08 Okt 2019, 21:00:09 WIB, 6 View Tim Redaksi, Kategori : News
Proyek Penataan Ampel Butuh Rp 20 M, Tahun Depan Terminal Diperluas - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Pemkot Surabaya segera merealisasikan proyek penataan kawasan wisata religi Ampel. Pembangunan di kompleks destinasi wisata andalan Surabaya itu dimulai tahun depan. Pengerjaannya bertahap. Yang pertama digarap adalah perluasan Terminal Ampel di Jalan Pegirian.

Saat ini pembangunan gedung parkir telah memasuki tahap lelang. Anggaran detail engineering design (DED) mencapai Rp 257,1 juta. Biaya pembangunannya sekitar Rp 5 miliar.



Kabid Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP CKTR) Surabaya Iman Krestian Maharhandono menjelaskan, gedung parkir anyar akan dibangun di aset milik dinas kebudayaan dan pariwisata (disbudpar). Nanti kantor UPTD THP Kenjeran, Wisata Air Kalimas, dan Wisata Religi Sunan Ampel yang sudah berdiri lama lantas dibongkar. Setelah itu, dibangun ulang menjadi tiga lantai.

’’Konsepnya sudah rampung. Secara umum, Terminal Wisata Ampel bakal dibuat mirip Terminal Purabaya,’’ kata Iman.

Layaknya pusat keramaian, fasilitas di gedung anyar bukan hanya ruang tunggu. Nanti ada tempat istirahat dan pujasera yang memudahkan peziarah. ’’Akses keluar masuk peziarah juga akan ditata ulang,’’ jelas Iman.

Pemerintah juga telah memiliki rencana dalam pemanfaatan bangunan. Lantai 1 gedung parkir bakal dipakai untuk bus. Lantai 2 dan 3 diperuntukkan kendaraan roda empat.

Iman menegaskan, penataan kawasan Ampel butuh waktu cukup lama. Sebab, proyek tidak hanya terpusat pada pembangunan tempat parkir. Pemkot juga merencanakan pembangunan museum untuk mendorong masuknya wisatawan. Namun, waktu pembangunan museum belum bisa dipastikan. Realisasinya masih menunggu rumah potong hewan di Jalan Pegirian pindah. ’’Nanti eks RPH tersebut yang disulap menjadi museum,’’ ungkap Iman.

Meski begitu, Iman menyatakan bahwa rencana penataan kawasan wisata sudah matang. DPRKP CKTR sudah mengajukan permohonan anggaran ke bendahara. Proyek penataan memerlukan anggaran Rp 20 miliar. ’’Kami belum tahu. Nanti diambilkan APBD 2020 atau 2021,’’ tutur Iman.

Sementara itu, Lurah Ampel Imzak menuturkan bahwa perluasan terminal memang sangat diperlukan di kawasan Ampel. Tujuannya, mengurangi kemacetan di Jalan Nyamplungan. ’’Berdasar data kami, ada 90 warga yang rutin memarkirkan mobil di tepi jalan. Ke depannya, kendaraan milik warga dipindahkan ke gedung parkir anyar,’’ kata Imzak.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Honda ADV 150 Jadi Motor Terbaik Tahun 2019  - Gudang Berita Viral Honda ADV 150 Jadi Motor Terbaik Tahun 2019
Rabu, 16 Okt 2019, 04:00:03 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Pelantikan Presiden Bukan Target Teroris  - Gudang Berita Viral Pelantikan Presiden Bukan Target Teroris
Rabu, 16 Okt 2019, 04:00:02 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Bupati Temanggung Perhatikan Nasib Petani Tembakau  - Gudang Berita Viral Bupati Temanggung Perhatikan Nasib Petani Tembakau
Rabu, 16 Okt 2019, 03:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print