Selasa, 24 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Rabu, 04 Sep 2019, 19:00:20 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : News
Proses Hukum Berjalan, Anjing Belgian Malinos Dilakukan Observasi - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Hewan Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Jakarta Timur, Irma Budiani mengatakan jajarannya telah mengamankan anjing jenis Belgian Malinois yang menyerang asisten rumah tangga hingg tewas. Hewan tersebut telah ditempatkan di rumah observasi hewan Ragunan, Jakarta Selatan.

“Di sana itu anjingnya nggak diapa-apain, kita cuma melihat tingkah lakunya, waktu makannya, dan sebagainya,” ujar Irma saat dihubungi, Rabu (4/9).



Selama diobservasi, anjing tersebut dalam pengawasan dokter. Serta tidak diberi obat maupun vitamin. Sehingga akan terlihat tingkah lakunya. Anjing tersebut juga masih diobservasi terkait kemungkinan terserang virus rabies. Menurut Irma proses ini memakan waktu sampai 14 hari. Namun, apabila terjangkit rabies, anjing tersebut biasanya akan mati sendiri kurang dari 14 hari.

Apabila mati, nanti dokter akan membedah bagian otaknya. Di bagian otak terdalam bisa ditemukan virus rabies tersebut. “Tapi kalau 14 hari ternyata dia (anjing) nggak apa-apa, yaudah kita kembalikan ke yang punya,” tambah Irma.

Di sisi lain, Irma menyebut, anjing jenis ini Memanh memiliki sifat agresif, dan pintar. Namun, permasalahannya dia hanya menurut pada satu majikan. Serta direkomendasikan, anjing Malinois ini tidak dipelihara didekat pemukiman warga. Selain itu, pemilik anjing seharusnya memperkenalkan peliharannya tersebut dengan seluruh penghuni rumah. Supaya tidak ada penyerangan seperti ini.

“Harusnya jangan dipelihara komplek kayak tempatnya mas Bimo. Kan itu komplek, jalannya sempit, terus warganya banyak, muslim pula, anjingnya menggogong, anjingnya bisa lepas, jadi serem,” tegas Irma.

Penyelidikan Berlanjut

Sementara itu, Kapolsek Cipayung, Kompol Abdul Rasyid mengatakan, jajarannya akan tetap melanjutkan penyelidikan kasus ini. Adanya kesepakatan damai tidak begitu saja menghilangkan dugaan pidana atas meninggalnya seseorang.

“Kalau masalah damai kami tidak terlibat di dalamnya karena itu urusan mereka. Maka kami bilang silahkan saja itu urusan mereka. Kalau urusan polisi, kami tetap lakukan penyelidikan. Kenapa? itu ada korban meninggal dunia. Kita tetap lakukan proses hukum,” ucap Rasyid.

Perdamaian antara korban dan pemilik anjing dilakukan berupa pemberian uang santunan senilai Rp 60 juta. Awalnya pembayaran diminta dicicil tiga kali, namun polisi merekomendasikan agar dibayar lunas dan kemudian disepakati pemilik anjing.

Rasyid menuturkan, polisi rencananya besok akan memeriksa ibunda Bima Aryo, TD, 72. Dia saat kejadian penyerangan yang memerintahkan korban memberi makan anjing tersebut. Sementara itu Bima selaku pemilik anjing belum diagendakan untuk pemeriksaan.

“Ibunya (besok dipanggil). Kalau Bima nanti saya tanyakan ke penyidik. Soalnya saat kejadian dia nggak ada,” kata Rasyid.

Sejauh ini, lanjut dia sudah lima orang yang diperiksa sebagai saksi dalam kasus ini. Mereka adalah ayah Bima, HSM, 73, saudara Bima, ART lainnya, anak Yayan, dan suami Yayan yang juga bekerja di sana. “Kalau ada unsur pidana kan bisa terbaca dalam hasil penyelidikan besok,” tukas Rasyid.

Sebelumnya, seorang asisten rumah tangga bernama Yayan ditemukan tewas diduga terkena gigitan anjing. Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Ady Wibowo mengatakan, korban pertama kali ditemukan pada Jumat (30/8) di rumah majikannya di Jalan Langgara, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.

“Berdasarkan keterangan dari saksi bahwa awalnya anjing majikan tersebut dikurung dikandangnya, karena merasa kasihan, ibu majikan tersebut mengeluarkan anjing tersebut, pada saat korban datang ke TKP, korban langsung diserang oleh anjing tersebut,” ucap Ady dalam keterangan tertulisnya, Senin (2/9).

Ady menyebut, korban mengalami luka pada bagian leher, punggung hingga dada. Korban juga sempat dilarikan ke rumah sakit, namun, sesampainya di rumah sakit nyawanya tak tertolong.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Toyota Luncurkan Land Cruiser 79 Namib Berwajah Legendaris di Afrika - Gudang Berita Viral Toyota Luncurkan Land Cruiser 79 Namib Berwajah Legendaris di Afrika
Selasa, 24 Sep 2019, 02:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
Kemendikbud Gandeng Samsung Tingkatkan Kualitas Pendidikan Indonesia - Gudang Berita Viral Kemendikbud Gandeng Samsung Tingkatkan Kualitas Pendidikan Indonesia
Selasa, 24 Sep 2019, 02:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Bus Damri di Bandara Kertajati Tetap Dekat di Hati  - Gudang Berita Viral Bus Damri di Bandara Kertajati Tetap Dekat di Hati
Selasa, 24 Sep 2019, 02:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print