Senin, 23 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Rabu, 11 Sep 2019, 00:00:07 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Prancis Bakal Tindak Tegas Penggunaan Knalpot Bising - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Kendaraan dengan suara bising tentu sangat mengganggu. Umumnya, suara bising yang dihasilkan oleh kendaraan baik roda dua ataupun roda empat merupakan suara dari modifikasi saluran sistem pembuangan atau knalpot.

Terkait dengan suara bising kendaraan yang dihasilkan knalpot modifikasi, dikutip gudangberitaviral.com dari MotorcycleNews, Selasa (10/9), sebuah kota di Prancis telah mulai mengantisipasi knalpot sepeda motor yang bising dengan memasang ‘radar kebisingan’.
Teknologi itu akan mampu mengidentifikasi kendaraan yang menghasilkan suara bising, menentukan lokasi mereka dan secara otomatis mengeluarkan tiket atau surat tilang.



Terletak di pusat Villeneuve-le-Roi, seperti yang dilaporkan oleh Reuters, sistem akan ditayangkan begitu undang-undang mengizinkan teknologi disahkan. Perangkat akan terhubung ke kamera CCTV Polisi dan secara otomatis mengeluarkan denda.

Sama seperti Inggris, Prancis sudah menggunakan batas kebisingan kendaraan, namun itu bergantung pada kemampuan polisi untuk menangkap pelanggar.

Dibuat oleh Bruitparif, sistem baru ini menggunakan empat mikrofon untuk mengukur tingkat desibel dalam sepuluh detik kendaraan yang melintas. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melacak sumber asli kebisingan, diilustrasikan sebagai serangkaian titik-titik berwarna di belakang mesin yang dikenal sebagai ‘gelombang akustik’.

Selain di wilayah urban, pengukur kebisingan juga akan ditempatkan di wilayah perbukitan Saint-Forget, di luar Paris, rute populer bagi pengendara motor. Dua perangkat selanjutnya akan dipasang di pusat kota Paris pada September.

Departemen Transportasi Prancis belum lama ini mengumumkan bahwa mereka akan menguji coba ‘kamera kebisingan’ baru yang dirancang untuk menindak pengendara yang melanggar batas volume knalpot. Kamera akan diuji di beberapa lokasi selama tujuh bulan ke depan. Jika berhasil, dapat dikembangkan lebih lanjut di wilayah lain di Prancis dan di Inggris.

Ilustrasi: Teknologi noise camera akan digunakan di Prancis untuk menindak kendaraan yang bersuara bising (MotorcycleNews)

Ditujukan untuk pengemudi dan pengendara sepeda motor dengan knalpot ilegal, serta mereka yang menggeber kendaraan mereka secara berlebihan, mikrofon akan merekam suara kendaraan yang lewat sebelum alat Automatic number-plate recognition (ANPR) dan kameranya mengambil gambar untuk mengumpulkan bukti visual terhadap pengendara yang melanggar.

Berbicara tentang inisiatif baru ini, Sekretaris Transportasi, Chris Grayling mengatakan polusi suara membuat kehidupan orang-orang di masyarakat sangat menderita dan memiliki dampak kesehatan yang buruk. “Inilah sebabnya saya bertekad untuk menindak para pengemudi dengan knalpot bising yang sangat menggangu,” katanya.

“Teknologi baru akan membantu kita memimpin dalam membuat kota-kota kita lebih tenang, dan saya berharap untuk melihat bagaimana kamera baru yang menarik ini bisa bekerja,” lanjutnya.

Sementara itu, CEO Asosiasi Industri Sepeda Motor, Tony Campbell, juga mengatakan, dengan meningkatnya tekanan terhadap lingkungan, termasuk polusi suara, knalpot ilegal yang dipasang oleh beberapa pengendara tidak diinginkan masyarakat. “Semua pabrikan menghasilkan sepeda motor baru yang mengikuti peraturan ketat terkait kebisingan dan emisi. Kami menyambut uji coba ini sebagai cara potensial untuk mendeteksi kebisingan berlebihan di komunitas kami,” katanya.

Uji coba ini dilakukan setelah penelitian mengungkapkan bahwa paparan kebisingan jangka panjang yang terus menerus dapat menyebabkan implikasi kesehatan fisik dan mental. Parahnya, kebisingan juga menyebabkan stres dan tekanan darah tinggi naik.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Atasi Lahan Kritis, KLHK Punya KBR untuk Perbaikan  - Gudang Berita Viral Atasi Lahan Kritis, KLHK Punya KBR untuk Perbaikan
Senin, 23 Sep 2019, 01:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Timnas U-16 Lolos Sebagai Runner-up Terbaik  - Gudang Berita Viral Timnas U-16 Lolos Sebagai Runner-up Terbaik
Senin, 23 Sep 2019, 01:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Jokowi Diminta Terbitkan Perppu Selamatkan KPK  - Gudang Berita Viral Jokowi Diminta Terbitkan Perppu Selamatkan KPK
Senin, 23 Sep 2019, 01:00:03 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print