Senin, 23 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Rabu, 04 Sep 2019, 21:00:07 WIB, 3 View Tim Redaksi, Kategori : News
PPRC Hanya Latihan, Wiranto: Tak Ada Penambahan Pasukan di Papua - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Warga Sentani dan Wamena sempat dibuat heboh dengan banyaknya penerjun berseragam TNI yang mengudara di langit Papua. Bahkan sempat muncul isu bahwa mereka diterjunkan untuk menambah pasukan pengamanan di Papua.

Terkait hal itu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Kemanan (Menko Polhukam), Wiranto memastikan tidak ada penambahan pasukan pengamanan di Papua. Penerjun payung itu hanya latihan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) yang rutin digelar di wilayah barat dan timur Indonesia.



Wiranto menjelaskan, PPRC tersebut memiliki batas waktu maksimal 9 jam harus sudah bisa membantu daerah-daerah yang menemui ancaman apabila Kodam sudah tak sanggup menanganinya. Oleh karena itu, latihan rutin perlu dilakukan supaya ketepatan waktu tersebut bisa terpenuhi.

“Setiap tahun itu memang latihan, karena PPRC itu diharapkan tidak sampai 9 jam pasukan lintas udara Kostrad harus bisa membantu daerah-daerah yang terancam,” ujar Wiranto di Kemenko Polhukam Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Rabu (4/9).

Mantan Panglima TNI itu menerangkan, terjun bebas bukan hal yang mudah bagi pasukan TNI. Terutama aspek mental harus sangat diperhatikan. Maka apabila tidak dilatih secara rutin, akan membahayakan prajurit itu sendiri ketika diturunkan dalam medan pertempuran.

“Kalau nggak dilatih nanti mau terjun bisa gugup dan takut, nggak biasa, maka harus latihan itu sudah dijadwalkan,” ungkap Wiranto.

Oleh sebab itu, dia meminta agar masyarakat tidak mudah percaya dengan berita-berita hoax. Dia menegaskan kondisi di Papua dan Papua Barat sudah mulai kondusif, sehingga tidak dibutuhkan penambahan pasukan.

“Ada hoax seakan-akan ada pengiriman pasukan lewat udara, wong lewat kapal saja bisa kok masa pakai udara. Jadi ini betul-betul latihan rutin untuk Indonesia bagian timur,” tukasnya.

Dalam latihan PPRC sendiri melibatkan pasukan 2 Satuan Setara Kompi (SSK) atau setara dengan 200 pasukan. Latihan terjun bebas tersebut hanya berlangsung hari ini, Rabu (4/9).




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Atasi Lahan Kritis, KLHK Punya KBR untuk Perbaikan  - Gudang Berita Viral Atasi Lahan Kritis, KLHK Punya KBR untuk Perbaikan
Senin, 23 Sep 2019, 01:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Timnas U-16 Lolos Sebagai Runner-up Terbaik  - Gudang Berita Viral Timnas U-16 Lolos Sebagai Runner-up Terbaik
Senin, 23 Sep 2019, 01:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Jokowi Diminta Terbitkan Perppu Selamatkan KPK  - Gudang Berita Viral Jokowi Diminta Terbitkan Perppu Selamatkan KPK
Senin, 23 Sep 2019, 01:00:03 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print