Senin, 14 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Selasa, 08 Okt 2019, 21:00:09 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : News
PPNS Andalkan Tiga Kapal untuk Pertahankan Gelar - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) kembali meluncurkan tiga kapal cepat tak berawak kemarin (7/10). Ketiga kapal tersebut juga diuji coba melintasi tantangan sebelum bertanding di Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2019. Kali ini, tim PPNS mengklaim kapal yang diluncurkan lebih cepat dan stabil daripada generasi sebelumnya.

Dosen Pembimbing Kapal Autonomous Zindhu Maulana Ahmad Putra menyatakan, ada tiga kapal yang akan dibawa pada ajang KKCTBN 2019 untuk tiga kategori. Di antaranya, kapal Aero Ships untuk kategori autonomous surface vehicle, kapal Taliwangsa Coast Guard untuk kategori electric remote control, dan kapal Surasena 7 untuk kategori fuel engine. ’’Tahun ini temanya pertahanan nasional. Jadi, desain kapal-kapal yang dibuat juga bertema kapal perang,’’ katanya.



Zindhu menuturkan, persiapan pembuatan kapal cepat tak berawak terbaru membutuhkan waktu sekitar empat bulan. Kini, tim tinggal mempersiapkan strategi menuju KKCTBN. ’’Kami berusaha terus agar mendapatkan waktu yang tercepat,’’ ujarnya.

Tahun lalu, PPNS berhasil memborong tiga gelar juara sekaligus di tiga kategori yang sama. Karena itu, tahun ini tim yang bakal bertanding harus mempersiapkan kapal baru yang lebih cepat dan stabil. ’’Tahun lalu, ketiga kategori kami juara. Tahun ini, harus juara juga,’’ ucapnya.

Desainer dan Mekanik Tim Aero Ships Muhammad Lukman Hakim menjelaskan, kapal Aero Ships yang dibuat menggunakan kapal katamaran (dua lambung) wave piercing (pemecah ombak) autonomous. Berbeda dengan tahun lalu, kapal otonom yang dipakai menggunakan trimaran (tiga lambung). ’’Jadi, kapal dua lambung yang kami pakai, manuvernya lebih bagus dan tetap stabil,’’ ujarnya.

Dia menjelaskan, pembuatan kapal itu terinspirasi dari kapal HSV-2 Swift milik Amerika. Bodinya lebih ramping dan panjang. Kapasitas kapal pun lebih besar. Desain kapal pemecah ombak tersebut disesuaikan dengan kondisi perairan yang ombaknya besar.

Sementara itu, kapal Taliwangsa Coast Guard memiliki desain yang menyerupai kapal-kapal Australia. Kapal tersebut menggunakan lambung V-hull. Jadi, kapal lebih efektif dan hambatannya lebih kecil. Manuvernya pun lebih baik. ’’Dari segi stabilitasnya sangat baik dan tahan dengan rintangan, mampu menghadapi risiko lebih besar,’’ jelas Desainer Tim Cakalang 3 Muhammad Alif Zauhar.

Desainer Tim Cakalang 7 Rizki Aris menyatakan, kapal Surasena 7 mirip dengan Taliwangsa Coast Guard. Yakni, menggunakan lambung V-hull. 




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Prakiraan Cuaca Ibu kota Awal Pekan Ini  - Gudang Berita Viral Prakiraan Cuaca Ibu kota Awal Pekan Ini
Senin, 14 Okt 2019, 05:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Pemerintah Ajak Petani Garap Hilirisasi Kakao  - Gudang Berita Viral Pemerintah Ajak Petani Garap Hilirisasi Kakao
Senin, 14 Okt 2019, 05:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Kementan Pacu Pengendalian Blas Pakai Agens Hayati  - Gudang Berita Viral Kementan Pacu Pengendalian Blas Pakai Agens Hayati
Senin, 14 Okt 2019, 05:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print