Senin, 26 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Jumat, 09 Agu 2019, 14:00:02 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
 Polisi Selidiki Kemungkinan Korporasi Terlibat  - Gudang Berita Viral


gudangberitaviral.com, Jakarta - Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri, Brigjen Dedi Prasetyo, mengatakan pihaknya tengah menyelidiki keterlibatan korporasi dalam kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Kalimantan dan Sumatera.

Apabila ada keterlibatan korporasi dalam insiden kebakaran hutan, kata Dedi, pihaknya tak segan-segan memberi sanksi. Tak hanya denda, melainkan langsung dicabut terkait izin usahanya oleh pemerintah pusat bagi korporasi yang terbukti melanggar.



"Kami sedang menyelidiki juga dugaan korporasi yang terlibat dalam kasus karhutla ini. Jika nanti terbukti melakukan perbuatan melawan hukum, ada denda dan izin operasi bisa dicabut pemerintah pusat," kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (9/8/2019).

Dedi menjelaskan, sampai saat ini pihaknya telah mengamankan pelaku tindak pidana kebakaran hutan dan lahan yang berasal dari perorangan. Para pelaku diketahui merupakan warga sekitar. Namun demikian, kata Dedi, Polri tetap akan mengusut kemungkinan adanya keterlibatan korporasi.

"Sebagian besar pelaku ini masih perorangan, jadi belum mengarah korporasi. Tetapi penyidik akan menyelidiki korporasi yang diduga terlibat dalam perkara itu," ucap Dedi.

Dedi menambahkan, para pelaku mengaku membakar lahan gambut lantaran kebiasaan sejak dulu. Terkait lahan gambut yang dibakar itu, Polri menyebut itu merupakan aturan adat, sehingga tidak dapat disebut adanya penggunaan lahan ilegal oleh para pelaku.

Sebelumnya diberitakan, Satgas Penegakan Hukum Karhutla Ditreskrimsus Polda Riau berhasil menangkap pelaku pembakaran hutan dan lahan di Kabupaten Siak dan Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau.

Penangkapan terhadap para pelaku dilakukan di tempat dan waktu berbeda. Penangkapan pertama dilakukan pada Minggu, 4 Agustus 2019 oleh Satgas Gakkum Polres Kuantan Singingi terhadap dua pelaku di lokasi berbeda. [rok]




Sumber: inilah.com

Tag: News



 Ciptakan Hidup Sehat, PLN Turut Bentuk Gang Hijau  - Gudang Berita Viral Ciptakan Hidup Sehat, PLN Turut Bentuk Gang Hijau
Senin, 26 Agu 2019, 01:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Antonio Conte Ingin Maksimalkan Setiap Peluang  - Gudang Berita Viral Antonio Conte Ingin Maksimalkan Setiap Peluang
Senin, 26 Agu 2019, 01:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Warga Gresik Geruduk Pengajian yang Diduga Syi Warga Gresik Geruduk Pengajian yang Diduga Syi'ah
Senin, 26 Agu 2019, 01:00:02 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print