Senin, 14 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Rabu, 09 Okt 2019, 17:00:06 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : News
Polemik Karanggayam, Persebaya Gugat Pemkot - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – PT Persebaya Indonesia (PI) melalui Direktur Amatir Saleh Hanifah menggugat Pemkot Surabaya di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya. Mereka menganggap pemkot telah melakukan perbuatan melawan hukum dengan memiliki izin mendirikan bangunan (IMB) Wisma Persebaya Bangunan yang juga dikenal sebagai Wisma Persebaya itu seharusnya dikelola PT Persebaya.

M. Yusron Marzuki, pengacara Persebaya Indonesia, menyatakan bahwa di Jalan Karanggayam yang sebelumnya masih tanah kosong dibangun lapangan sepak bola beserta tribun oleh Persebaya secara swadaya bersama masyarakat pada 1973. Selain itu, di lokasi tersebut dibangun fasilitas lain seperti asrama dan ruang rapat. Selanjutnya, pada 1992, Persebaya membangun wisma.



’’Gugatan ini berkaitan dengan sertifikat hak pakai dan IMB. Padahal, kalau melihat sejarah, sejak 1967 sudah dikuasai dan diduduki Persebaya,’’ ujar Yusron setelah sidang di PN Surabaya kemarin (8/10).

Namun, pada 1995, pemkot mengajukan hak atas beberapa bidang tanah yang antara lain Stadion Tambaksari dan Wisma Karanggayam. Yusron mengklaim bahwa bangunan itu berdiri di atas tanah negara bebas.

Badan Pertanahan Nasional (BPN) kemudian menerbitkan sertifikat hak pakai nomor 5/Kelurahan Tambaksari untuk tanah seluas 49.400 meter persegi kepada pemkot. Setelah itu, pemkot menerbitkan IMB untuk pemkot sendiri, bukan Persebaya. ’’Mestinya yang berhak mengajukan IMB kami. Kami menduduki lama, tidak ada gugatan. Tidak ada pihak ketiga yang keberatan,’’ tuturnya.

PT Persebaya Indonesia menyesalkan pemkot yang membongkar Wisma Karanggayam pada 2 Juli lalu. Wisma itu dibangun Persebaya secara swadaya dan selama ini dikuasai Persebaya.

Dalam sidang pertama kemarin, majelis hakim yang diketuai Martin Ginting meminta PT Persebaya Indonesia dan pemkot melakukan mediasi.

Sementara itu, Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dispora Surabaya Edi Santoso mengungkapkan bahwa persoalan gugatan tersebut tentu ditangani Bagian Hukum Pemkot Surabaya. Namun, selama ini pihak dispora yang jelas diberi kewenangan untuk mengelola Wisma Persebaya. ’’Yang jelas, pemkot sudah menguasainya secara hukum. Sudah masuk simbada juga,’’ ungkap Edi kemarin (8/10).




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Ganda Putra Raih Emas di Kejuaraan Dunia Junior  - Gudang Berita Viral Ganda Putra Raih Emas di Kejuaraan Dunia Junior
Senin, 14 Okt 2019, 06:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Bank Ini Ingatkan Deal AS-China Hanya Menunda  - Gudang Berita Viral Bank Ini Ingatkan Deal AS-China Hanya Menunda
Senin, 14 Okt 2019, 06:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Main 10 Orang Jerman Bekuk Estonia 3-0  - Gudang Berita Viral Main 10 Orang Jerman Bekuk Estonia 3-0
Senin, 14 Okt 2019, 06:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print