Kamis, 22 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Senin, 05 Agu 2019, 15:00:08 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
PLN Pastikan Pemadaman Listrik Bergilir Sampai Sore, Malamnya Normal - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Masyarakat di wilayah Jawa dan sekitarnya diminta untuk bersiap-siap untuk mengalami pemadaman listrik kembali. Pasalnya, sampai sore nanti, PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN (Persero) telah memastikan akan adanya pemadaman listrik bergilir di sejumlah daerah.

Plt Direktur Utama (Dirut) PLN Sripeni Inten Cahyani mengatakan, sampai saat ini perseroan masih melakukan pemulihan secara berkala mengenai gangguan pada jaringan maupun pembangkit kelistrikan di sebagian wilayah. Alhasil, manual load shedding (MLS) atau pemadaman bergilir akan dilakukan oleh PLN.



“(Pemadaman) sampai dengan siang dan sore, mohon maaf MLS atau bergilir masih terjadi. Saya belum mendapatkan masukan per berapa jam, tetapi bergilir. Mudah-mudahan dengan segera masuknya pembangkit besar, nanti yang jumlah (pemadaman) bergilirnya semakin sedikit,” kata Sripeni di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Senin (5/8).

Adapun daerah-daerah yang akan terdampak berada di sekitar kawasan Jakarta Raya, Tangerang, dan Tangerang Selatan. Informasi daerah akan disampaikan secara berkala melalui akun sosial media resmi dan website resmi PLN. Selain itu, masyarakat juga dapat menanyakan daerahnya terdampak atau tidak melalui contact center pln di 123.

Sripeni mengharapakan pemulihan listrik akan kembali normal pada Senin (5/8) malam nanti. PLN, kata Sripeni, juga memastikan beberapa Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) akan aktif kembali pada sore nanti. Sehingga bisa memasok listrik untuk sebagian wilayah di Jawa.

“Mudah-mudahan nanti malam (sudah normal). Saya mengharapkan itu nanti jam 4 akan ada 2 unit PLTU akan masuk. Kira-kira 1.000 mega. Kemudian PLTU-PLTU lainnya yang kapasitas 300 mega itu akan masuk juga, tetapi agak menjelang malam,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, blackout accident kemarin terjadi karena gangguan pada SUTET 500 kv Ungaran-Pemalang. Pengi­riman energi listrik dari timur ke barat gagal atau terputus. Aliran energi listrik yang terputus memicu trip atau lepasnya jaringan di PLTU yang ada di Jawa Barat dan Banten. Trip hanya terjadi di pembangkit listrik di wilayah barat sehingga pasokan listrik di timur Jawa tetap aman.

PLN merespons cepat insiden tersebut. Langkah awal yang dilakukan adalah perbaikan ground steel wiring (GSW) atau kawat tanah. Setelah listrik kembali normal, PLN akan melakukan investigasi penyebab gangguan pada kedua sirkuit di Ungaran-Pemalang. “Kami akan melakukan evaluasi internal juga untuk mencegah terulangnya kejadian ini,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Dirut PLN Sripeni Inten Cahyani.

Proses normalisasi pasokan listrik beragam lamanya. Pada tiap wilayah bisa berbeda. Tiga jam setelah aliran listrik dari GITET masuk, listrik di Jakarta mulai menyala. Di Jawa Barat dan Banten, prosesnya memakan waktu empat hingga lima jam.

Sementara itu, Vice President Public Relation PLN Dwi Suryo Abdullah menyatakan bahwa pihaknya akan memberikan kompensasi atas insiden tersebut. Hal itu merespons keluhan yang banyak beredar di media sosial.

Menurut dia, PLN menegaskan sudah punya patokan regulasi soal kompensasi. Yakni Permen ESDM Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tingkat Mutu Pelayanan PT PLN Persero. “Masalah kompensasi sudah ada permen-nya. Pasti akan kami penuhi setelah recovery,” tegas Dwi Suryo kepada Jawa Pos tadi malam.

Dalam peraturan itu disebutkan, apabila tidak mendapatkan pelayanan sesuatu tingkat mutu, pelanggan bisa mendapat kompensasi maksimal 20 persen dari tagihan bulanan. Tiap pelanggan bakal mendapat kompensasi berbeda sesuai dengan konsumsi listrik bulan itu. Penghitungannya bisa dicek di aplikasi penertiban pemakaian tenaga listrik (P2TL).

“Ada aplikasi P2TL untuk menghitung. Ini juga dipantau Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM. Jadi, pelanggan tidak perlu khawatir,” tutur Dwi. Kompensasi, lanjut dia, diberikan pada bulan berikutnya setelah terjadinya gangguan.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Tahapan Pilkada Serentak 2020 Dimulai September 2019 - Gudang Berita Viral Tahapan Pilkada Serentak 2020 Dimulai September 2019
Kamis, 22 Agu 2019, 10:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Wanita tak Sulit Meraih Surga Jika Empat Hal Ini  - Gudang Berita Viral Wanita tak Sulit Meraih Surga Jika Empat Hal Ini
Kamis, 22 Agu 2019, 10:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 KSP Dukung Pembangunan PLTA Sungai Kayan Kaltara  - Gudang Berita Viral KSP Dukung Pembangunan PLTA Sungai Kayan Kaltara
Kamis, 22 Agu 2019, 10:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print