Kamis, 19 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Rabu, 04 Sep 2019, 14:00:04 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : Bisnis
 Plagiarisme Industri Musik Momok Ekonomi Kreatif  - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com, Jakarta - Industri musik saat ini, masih dihantui maraknya penjiplakan atau pembajakan (plagiarisme). Praktik bernuansa kejahatan moral ini berdampak buruk kepada pertumbuhan ekonomi kreatif fi tanah air.

"Pembajakan musik di Indonesia sudah sejak lama. Pembajakan bukan lagi pada karya di pasar yang sudah diedarkan, tetapi sudah sampai kepada senimannya yang dibajak," ungkap Setiabudi, Pekerja Seni, Ketua Harian Indonesia Musik Forum dan Pimred Koran SLANK dalam acara Dialog Selasa Partai NasDem di Kantor DPP Partai NasDem, Jakarta, Selasa (3/9/2019).

"Ini namanya moral senimannya yang  sudah dibajak. Seperti memberikan copy master kepada para oknum sebelum rilis, agar mendapatkan keuntungan pribadi, dan ini pernah terjadi," lanjut Budi Ace, sapaan akrab Setiabudi.



Buddy Ace menerangkan, dampaknya dari maraknya plagiarisme di Indonesia saat ini, ditengarai karena regulasi dari pemerintah yang tidak didukung dengan penegakkan hukum yang jelas. Akibatnya, berdampak pada kerugian materil dari sisi pencipta karya dan menurunnya produktifitas seniman.

"Salah satu contohnya pembajakan tanpa sadar yang dilakukan dengan mengcover lagu-lagu yang dibawakan  masyarakat, lalu diviralkan dan terkenal. Namun subjek pengcover tidak pernah ada izin kepada pencipta lagu," sebut Buddy.

Sebagai Ketua Harian IMF (Indonesia Musik Forum), Buddy Ace menyoroti polemik RUU Permusikan yang beberapa saat lalu, memancing perhatian banyak pekerja seni.

Ia berpendapat perlunya revisi RUU Permusikan menjadi RUU 'Seni Musik' yang referensi dasar pemikiran dan filosofinya, mengakomodir kepentingan musisi mainstream, musisi indie dan seniman musik dari 34 provinsi, tanpa syarat. [tar]




Sumber: inilah.com

Tag: News



Hadangan Penalti Ter Stegen Picu Polemik karena Dinilai Langgar Aturan - Gudang Berita Viral Hadangan Penalti Ter Stegen Picu Polemik karena Dinilai Langgar Aturan
Kamis, 19 Sep 2019, 17:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali
Banding Ratna Sarumpaet Ditolak Pengadilan Tinggi Jakarta - Gudang Berita Viral Banding Ratna Sarumpaet Ditolak Pengadilan Tinggi Jakarta
Kamis, 19 Sep 2019, 17:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali
KUHP Baru, Dokter Lakukan Aborsi Karena Darurat Tidak Bisa Dipidana - Gudang Berita Viral KUHP Baru, Dokter Lakukan Aborsi Karena Darurat Tidak Bisa Dipidana
Kamis, 19 Sep 2019, 17:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print