Rabu, 16 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Sabtu, 05 Okt 2019, 19:00:07 WIB, 5 View Tim Redaksi, Kategori : News
Pidato di Antara Presiden, Kaki Wali Kota Tri Rismaharini Gemetar - Gudang Berita Viral

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini tidak akan melupakan pengalaman saat menjadi pembicara di markas besar PBB di New York pekan lalu. Dia menjadi pembicara dalam forum Climate Action Summit 2019.



RISMA membagikan pengalaman tak terlupakan itu saat berbincang santai dengan awak media setelah kunjungan dari Seoul dan Busan, Korea Selatan. Sebelum ke Seoul, Risma memang menjadi pembicara pada forum di PBB tersebut. Jadi, begitu acara selesai di New York, dia tidak pulang ke Surabaya dulu. Namun, langsung ke Korea Selatan untuk menerima penghargaan doktor kehormatan bidang arsitektur dari Tongmyong University. Selain itu, di Busan dia mengikuti perayaan 25 tahun sister city Surabaya-Busan. Risma pun didapuk jadi warga kehormatan kota pelabuhan tersebut.

Pada saat transit di Bandara Changi, Singapura, Selasa siang (1/10), tiba-tiba dia memanggil awak media. Dia seperti sudah tidak sabar untuk berbagi pengalaman yang tak terlupakan itu. Satu panggung dengan para kepala negara. Dengan Presiden Turki Racep Tayyip Erdogan dan Presiden Kenya Uhuru Kenyyatta. ”Aku kaget temenan. Yang ngomong presiden-presiden semua. Sikilku uanyep,” ujar Risma. Bahkan, dia menyebutkan sampai menahan buang air kecil.

Risma yang juga menjadi presiden United Cities and Local Government (UCLG) Asia-Pacific sebenarnya sudah biasa hadir dalam forum-forum internasional. Bertemu dengan banyak tokoh dunia. Bahkan, termasuk Presiden Turki Erdogan. Namun, pertemuan di PBB itu memang terasa berbeda. Dia tak menyangka yang hadir adalah para kepala negara dalam forum tersebut.

”Presiden Erdogan juga masih ingat aku. Dia sempat berbalik dan menyalami aku,” ungkap Risma. Sebelumnya, Risma bertemu langsung dengan Presiden Erdogan di kesempatan lain. Begitu pula dengan Presiden Kenya, Risma pernah bertemu sebelumnya. ”Karena ketemu (Presiden Kenya) saat ada scroll of honor di Vienna. Hanya, aku ndak ngira ketemu di situ,” ungkap dia.

Dalam forum tersebut, Risma awalnya hanya diberi kesempatan untuk bicara tiga menit. Tapi, karena materi yang hendak disampaikan begitu banyak, Risma pun mencuri waktu. ”Lha nggak bisa kalau ngomong 17 faktor dalam SDGs itu hanya tiga menit. Minimal seperempat jam,” ungkap Risma. Dia pun mempersingkat dan membutuhkan waktu hanya 4,5 menit.

Risma mengungkapkan, pengalaman tersebut tidak akan terlupakan. Sebab, di forum itu banyak kepala negara yang bicara langsung. ”Aku ndak bayangkan sebagai wali kota. Ruangannya di sidang umum,” jelas Risma.

Dalam forum tersebut, Risma membicarakan soal menjaga iklim melalui sarana transportasi. Salah satu yang disampaikan terkait dengan Suroboyo Bus serta pembangunan gedung park and ride. Selain itu, untuk menjaga keseimbangan kota, turut dijaga pula lingkungan. Yakni, dengan penanaman pohon, pembangunan taman, pelestarian hutan mangrove, pembuatan waduk, dan pelaksanaan car free day tiap Minggu.

Saat di New York itu Risma sudah duduk di atas kursi roda. Tapi, nyeri kakinya masih tidak terlalu parah. Dia masih bisa berdiri lama, termasuk saat menyampaikan pidato. ”Yang lain bawa Paspampres. Aku sama Robben (Kepala Bagian Administrasi dan Pembangunan Robben Rico),” ungkap Risma, lantas tertawa.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Keji, Suami Bakar Istri di Depan Anak - Gudang Berita Viral Keji, Suami Bakar Istri di Depan Anak
Rabu, 16 Okt 2019, 11:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
Dorong Perkebunan Rakyat, PGN Bangun Koperasi Karet di Desa Pagardewa - Gudang Berita Viral Dorong Perkebunan Rakyat, PGN Bangun Koperasi Karet di Desa Pagardewa
Rabu, 16 Okt 2019, 11:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
Para Seleb Korea Buka Suara Soal Kesehatan Mental dan Komentar Jahat - Gudang Berita Viral Para Seleb Korea Buka Suara Soal Kesehatan Mental dan Komentar Jahat
Rabu, 16 Okt 2019, 11:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print