Sabtu, 19 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Selasa, 08 Okt 2019, 12:00:06 WIB, 5 View Tim Redaksi, Kategori : News
Petugas Bandara Adisutjipto Gagalkan Penyelundupan Sabu 5,5 Kg - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Petugas Bandara Internasional Adisutjipto Jogjakarta berhasil menggagalkan usaha penyelundupan narkoba jenis sabu. Beratnya mencapai 5,506 kilogram. Rencananya sabu senilai Rp 5 miliar itu akan dibawa oleh pelaku Aulia Farhan Huda, 26, warga Jambu Hilir, Kalimantan Selatan, ke Makassar.

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto Jogjakarta Agus Pandu Purnomo menjelaskan, sabu dibungkus dalam delapan paket berwarna coklat. Selanjutnya dimasukkan ke dalam koper dan dicampur dengan barang-barang pribadi.



Adapun masing-masing berat paket 667 gram, 682,8 gram, 680 gram, 712,2 gram, 684,6 gram, 709,2 gram, 683,6 gram, dan 687 gram. “Penemuan ini kemudian dikoordinasikan dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) DIJ, Bea Cukai dan Lanud Adisutjipto untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” kata Agus Pandu seperti dikutip Jawa Pos Radar Jogja, Selasa (8/10).

Agus menjelaskan, penangkapan terjadi pada Minggu (29/9) sekitar pukul 19.44. Petugas operator x-ray mengidentifikasi tampilan gambar koper yang mencurigakan. Pada saat melalui pemeriksaan HBS (Hold Baggage Screening) Konvensional Terminal B Bandara Internasional Adisutjipto Jogjakarta.

Petugas kemudian mengarahkan kepada senior operator untuk dilakukan analisa. Hasilnya, perlu dilakukan rekonsiliasi atau pemanggilan dan pemeriksaan lanjutan. Petugas lantas memanggil pemilik koper untuk dimintai keterangan.

Pemilik koper merupakan penumpang dalam rute penerbangan Lampung-Makassar. Menggunakan pesawat Sriwijaya Air SJ 337 dari Lampung dan transit di Jogjakarta. Kemudian berpindah ke pesawat Sriwijaya Air SJ 712. “Barang apa pun kalau transit harus melalui x-ray. Dari situ terdeteksi karena beda warna,” jelasnya.Saat pemeriksaan, petugas menemukan pelaku membawa empat identitas. Tiga identitas lain merupakan identitas palsu. “Setelah dilakukan prosedur pemeriksaan dan interogasi, telah kami laksanakan serah terima pelaku dan barang bukti kepada BNN,” terangnya.

Bukan kali ini saja penyelundupan narkoba via bandara berhasil digagalkan. Tahun lalu pihaknya berhasil menggagalkan penyelundupan sabu seberat tiga kilogram dengan modus diselipkan di selangkangan. Lima tersangka berhasil diamankan.

Belum lama ini, bersama Bea Cukai, pihaknya juga bisa menggagalkan penyelundupan narkoba jenis happy five. Modusnya diselipkan pada bra dan berhasil menangkap satu tersangka.

Koordinasi bersama, lanjutnya, akan terus ditingkatkan. Guna memonitor dengan baik pergerakan setiap penumpang dan barang melalui bandara.

Agus berharap hal ini menjadi langkah yang baik untuk menanggulangi, mencegah hingga mampu mengurangi tindakan yang tidak sesuai aturan. Agar keamanan penerbangan terjamin. “Kami dan petugas di Adisutjipto selalu siap dan tidak akan ada yang bisa lolos,” tegasnya.

Sementara itu, Kabid Pemberantasan BNN DIJ AKBP Sudaryoko menegaskan, pihaknya akan mengejar pelaku yang lain karena ada indikasi termasuk dalam jaringan. “Akan kami cari siapa otaknya, siapa yang membiayai dan lain sebagainya. Beberapa hari ke depan akan ada perkembangan,” katanya.

Ia menerangkan pelaku sudah tiga kali beraksi. Namun, untuk Jogja baru sekali ini. Orang yang menjadi kurir juga dikatakannya berbeda-beda dengan tujuan pemasaran yang juga berbeda. Melihat pola itu, dia menduga jika otak kejahatan ini termasuk sudah profesional. “Jadi kelihatannya ada tim. Dengan identitas yang sudah sedemikian rupa digunakan, saya rasa mereka jaringan yang sudah profesional,” bebernya.

Dari pengakuan Aulia Farhan Huda, dia hanya dijadikan sebagai kurir. Segala sesuatu seperti identitas palsu, sudah ada yang mengatur. “Setiap berhasil mengirimkan narkoba ke tujuan, dibayar Rp 20 juta,” kata Farhan.

Atas perbuatannya itu dia dijerat dengan Pasal 112, 114 UU No 35/2009 tentang Narkotika. Selain bukti sabu-sabu, petugas juga menyita KTP palsu dan handphone dari tangan pelaku.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Kate Middleton dan Baju Tradisional Pakistan - Gudang Berita Viral Kate Middleton dan Baju Tradisional Pakistan
Sabtu, 19 Okt 2019, 16:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali
Zakat Bisa Jadi Solusi Tuntaskan Masalah Defisit BPJS Kesehatan - Gudang Berita Viral Zakat Bisa Jadi Solusi Tuntaskan Masalah Defisit BPJS Kesehatan
Sabtu, 19 Okt 2019, 16:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali
Catalunya Makin Membara, El Clasico Kena Imbas - Gudang Berita Viral Catalunya Makin Membara, El Clasico Kena Imbas
Sabtu, 19 Okt 2019, 16:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print