Selasa, 19 November 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Selasa, 29 Okt 2019, 17:00:13 WIB, 5 View Tim Redaksi, Kategori : News
Pesan YLBHI Untuk Idham Azis: Selesaikan Kasus Novel Baswedan! - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Mabes Polri Komjen Pol Idham Azis merupakan calon tunggal Kapolri. Dia akan menggantikan posisi Jenderal (Purn) Tito Karnavian yang kini menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Ketua Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) Asfinawati memberikan catatan khusus kepada calon tunggal Kapolri tersebut. Pasalnya masih banyak yang harus diselesaikan di institusi Polri.



“Sebetulnya kalau saya melihatnya bukan pada sosok, tapi ada tiga catatan yang harus diselesaikan,” kata Asfina kepada gudangberitaviral.com, Selasa (29/10).

Asfina menuturkan, catatan pertama terkait komitmen Polri tentang menangani persoalan hak asasi manusia (HAM). Asfina menyebut, ke depan institusi Polri harus meningkatkan upaya persuasif dalam menangani setiap permasalahan.

“Karena betul-betul di bawah Presiden langsung, Polri pada 2009 membuat peraturan Kapolri tentang hak asasi manusia, itu pasti ada komitmen politik di Kapolri dan Presiden,” terang Asfina.

Selain itu, pegiat HAM ini pun menginginkan adanya evaluasi pengawasan internal maupun eksternal untul kinerja Polri. Dia menilai, kinerja Kompolnas sebagai lembaga pengawas Polri pun dipertanyakan, karena tidak terlalu efektif mengawasi kinerja Korps Bhayangkara itu.

“Secara internal bagaimana juga karena semua laporan tindak pidana yang dilakukan kepolisian sebagaian besar berujung pada disiplin. Meskipun orangnya meninggal dan lain lain,” terang Asfina.

Selain itu, Asfina meminta Idham Azis sebagai calon tunggal Kapolri dapat memberikan harapan lebih kepada publik. Khususnya terkait sejumlah kasus yang belum juga terselesaikan, salah satunya penyelesaian kasus Novel Baswedan.

“Kasus novel ini akan mwnjadi indikator. apakah kepolisian berhasil atau tidak. Sebelum Novel pun ada sejumlah kasus yang belum juga terungkap,” sesalnya.

Kerja Tim Teknis Tertutup

Rekonstruksi kasus penyiraman terhadap penyidik senior KPK, Novel Baswedan. (Dok gudangberitaviral.com)

Diberitakan sebelumnya, kerja Tim Teknis kasus penyiraman air keras kepada penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswesdan tak kunjung terdengar hasilnya. Terlebih saat ini tenggat waktu 3 bulan yang diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menuntaskan kasus ini akan segera habis.

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol M Iqbal mengatakan, senyapnya kinerja tim teknis karena memang tim bekerja secara tertutup. Hal itu, untuk mencegah para terduga pelaku maupun pihak-pihak lain yang terlibat bersembunyi dari kejaran aparat.

“Hari ini kita umumkan. Kenapa tim teknis ini tak pernah memberikan update ini tim teknis bekerja sangat tertutup. Kalau kita bekerja disampaikan ke media (pelaku) kabur dong,” kata Iqbal di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (16/10).

Meski begitu, Iqbal menyampaikan kerja tim teknis ini sudah memperlihatkan perkembangan. Namun, sekarang dia belum menjabarkan temuan apa saja yang sudah didapat tim teknis. “Insya Allah. Sangat signifikan, doakan. Tim kami sedang bekerja yang terbaik,” imbuhnya.

Di sisi lain, mantan Wakapolda Jawa Timur itu mengatakan, tenggat waktu kinerja tim teknis tidak berdasarkan statemen Presiden yang dikeluarkan pada 19 Juli 2019. Melainkan, berdasarkan Surat Perintah (Sprin) Kapolri. “3 bulan itu dimulai bukan pada saat pak Presiden memberikan statemen, tergantung berdasarkan sprinnya karena alasan tadi. Sehingga 3 Agustus, tim teknis baru bekerja efektif,” jelas Iqbal.

Lebih lanjut, Iqbal memastikan Kabareskrim Komjen Pol Idham Aziz telah memiliki personel terbaiknya dalam pembentukan tim teknis. Total ada 105 anggota yang diturunkan guna mencari fakta kasus tersebut.




Sumber: jawapos.com

Tag: viral, berita viral, hot news, news, gudang berita viral, jawapos, tribunnews, kompas, Pesan YLBHI Untuk Idham Azis: Selesaikan Kasus Novel Baswedan!

Tag: News



Kompetisi Basket Pertama Yang Berebut Piala Presiden Jokowi - Gudang Berita Viral Kompetisi Basket Pertama Yang Berebut Piala Presiden Jokowi
Selasa, 19 Nov 2019, 15:01:16 WIB, Dibaca : 0 Kali
Aset First Travel Dikuasai Negara, DPR: Tidak Boleh, Itu Terlalu Zalim - Gudang Berita Viral Aset First Travel Dikuasai Negara, DPR: Tidak Boleh, Itu Terlalu Zalim
Selasa, 19 Nov 2019, 15:01:16 WIB, Dibaca : 0 Kali
Arya Sinulingga: Tokoh-tokoh Baru di BUMN Naikkan Kepercayaan Publik - Gudang Berita Viral Arya Sinulingga: Tokoh-tokoh Baru di BUMN Naikkan Kepercayaan Publik
Selasa, 19 Nov 2019, 15:01:16 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print