Kamis, 14 November 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Rabu, 06 Nov 2019, 17:00:17 WIB, 4 View Tim Redaksi, Kategori : News
Pertumbuhan Terus Melambat, Jokowi: Alhamdulillah Diberi Angka 5 - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak mau pesimistis melihat angka pertumbuhan ekonomi kuartal-III 2019, yang menunjukkan tren perlambatan ekonomi berlanjut. Selasa (5/11), Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, pertumbuhan ekonomi kuartal-III 2019 sebesar 5,02 persen year on year (YoY) atau dibandingkan periode sama tahun lalu.

Berdasarkan data BPS, pertumbuhan ekonomi terus mengalami perlambatan empat kuartal terakhir, yakni 5,18 persen (kuartal-IV 2018), 5,07 persen (kuartal-I 2019), 5,05 persen (kuartal-II 2019), dan 5,02 persen (kuartal-III 2019). Jokowi mengakui, kondisi global -akibat perang dagang, isu Brexit, dan beberapa faktor lain- memang tidak menguntungkan, baik bagi negara maju maupun berkembang.



Sejumlah negara menuju resesi bahkan sudah berada di posisi resesi. Ia pun sudah diingatkan oleh Managing Director International Monetary Fund (IMF), Kristalina Georgieva, agar pemerintah Indonesia berhati-hati dalam mengeluarkan kebijakan moneter dan fiskal.

“Dunia, growth hampir semuanya (negara) turun. Dan kita, Alhamdulillah sudah diberi angka lima (persen) lebih sedikit. Nggak banyak, lebih sedikit. Tapi sudah lebih dari lima persen, sudah bagus,” katanya di Jakarta, Rabu (6/11).

Beberapa negara, lanjut mantan Gubernur DKI Jakarta itu, pertumbuhan ekonominya menuju nol. Bahkan ada yang anjlok di bawah satu persen.

Guna menekan laju perlambatan, Jokowi menyampaikan pemerintah akan melanjutkan fokus pembangunan yang sudah dimulai sejak periode pertama kepemimpinannya. Salah satunya, pembangunan infrastruktur, dimana saat ini Indonesia masih relatif jauh ketinggalan dibandingkan negara-negara lain.

Di samping membangun infrastruktur, pemerintah periode kedua Jokowi juga memiliki rencana besar untuk membangun sumber daya manusia (SDM). Regulasi yang menghambat investasi juga akan direduksi dengan menerbitkan Omnibus Law.

Sementara di sisi moneter, Jokowi ingin agar Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan lembaga keuangan mendukung suku bunga rendah.

“Saya mengajak untuk memikirkan secara serius untuk menurunkan suku bunga kredit. Negara lain sudah turun, turun, turun. Kita BI-rate sudah turun, bank-nya belum. Ini saya tunggu. Tepuk tangan berarti setuju. Oke, dicatat lagi,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala BPS Suhariyanto menjelaskan, ada beberapa faktor penyebab pertumbuhan ekonomi kuartal-III 2019 sebesar 5,02 persen. Utamanya, perekonomian global masih diliputi ketidakpastian.

Perlambatan ekonomi global tercermin dari data industri serta perdagangan di pasar global yang cenderung rendah. Misalnya, harga komoditas migas dan nonmigas di pasar internasional pada kuartal-III mengalami penurunan dibandingkan periode sama tahun lalu.

“Rata-rata ICP (Indonesia crude price) pada triwulan-III 2018 sebesar USD 71,64 perbarel. Pada triwulan-III 2019 harganya sebesar USD 59,81 perbarel. Rata-rata ICP turun 16,5 persen YoY,” katanya dalam paparan di Jakarta, Selasa (5/11).

Komoditas lain juga mengalami penurunan harga secara tahunan antara lain batu bara yang turun 42,07 persen dan CPO (crude palm oil) yang turun 6,85 persen. Sedangkan harga karet masih naik tipis 1,79 persen YoY.




Sumber: jawapos.com

Tag: viral, berita viral, hot news, news, gudang berita viral, jawapos, tribunnews, kompas, Pertumbuhan Terus Melambat, Jokowi: Alhamdulillah Diberi Angka 5

Tag: News



Tenaga Surya jadi Sumber Energi Utama ’10 Bali Baru’ - Gudang Berita Viral Tenaga Surya jadi Sumber Energi Utama ’10 Bali Baru’
Kamis, 14 Nov 2019, 21:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali
3 Tempat Wisata Baru di Bogor, Sudah Pernah ke Sana? - Gudang Berita Viral 3 Tempat Wisata Baru di Bogor, Sudah Pernah ke Sana?
Kamis, 14 Nov 2019, 21:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali
Pernah Mogok Makan Demi Kurus, Prilly Latuconsina: Itu Hal Terbodoh - Gudang Berita Viral Pernah Mogok Makan Demi Kurus, Prilly Latuconsina: Itu Hal Terbodoh
Kamis, 14 Nov 2019, 21:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print