Minggu, 18 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Kamis, 08 Agu 2019, 19:00:07 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : News
Pertamina: Hanya yang Memenuhi Syarat yang Diberi Kompensasi - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – PT Pertamina Hulu Energi Offshore Northwest Java (PHE ONWJ) memastikan akan memberikan kompensasi kepada masyarakat yang merasa dirugikan akibat adanya kebocoran minyak (oil spill) di wilayah Karawang, Jawa barat. Namun tidak semua yang mengajukan pengaduan ke perseroan akan diberikan kompensasi. Hanya masyarakat yang telah memenuhi syarat dan ketentuan saja yang akan diberi.

Direktur Hulu Energi Pertamina Meidawati mengatakan, pengaduan atas kerugian dan kerusakan akibat insiden tumpahan minyak juga boleh diajukan pengusaha. Caranya, kata dia, dengan mendatangi beberapa posko pengaduan yang telah dibentuk oleh perseroan di sekitar Karawang, Jawa Barat.



“Nanti ada kompensasi yang harus kami ganti. Tapi, tidak serta-merta ada pengaduan langsung kami berikan,” kata Meidawati di kantor Pertamina, Jakarta, Kamis (8/8).

Nantinya, pengaduan masyarakat akan ditimbang oleh perwakilan dari PHE ONWJ bersama anggota komite yang berasal dari berbagai instansi pemerintah. Mereka akan menimbang pengaduan yang dilaporkan apakah memenuhi syarat untuk diberikan kompensasi atau tidak. Oleh sebab itu, pengaduan harus memiliki alasan dan bukti yang kuat.

Adapun keanggotaan komite untuk daerah wilayah Karawang akan diketuai oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang. Di bawah dia, penimbang yang berasal dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, Kepala dinas Perikanan, Kepala Dinas Kesehatan, dan Kepala BPBD.

“(Jika memenuhi syarat) kami akan merumuskan dan menetapkan standar nilai kompensasi yang disesuaikan dengan standar harga barang dan jasa daerah dan atau harga kepantasan, kepatutan, dan kewajaran. Jadi, ini harga yang disepakati, jangan ada yang tidak menerima,” terangnya.

Selain itu, pihaknya juga akan memberikan kompensasi kepada relawan-relawan yang ikut membantu membersihkan oil spill yang ada di darat maupun laut. Rinciannya adalah Rp 120 ribu per hari ditambah dengan jumlah berat oil spill yang ditangani para relawan.

“Kalau (rincian berat oil spill) itu ada tonasenya atau per kilogramnya, per 3-5 Kg itu Rp 20 ribuan. Jadi, kami gantikan untuk manfaat mereka untuk mengangkat spill-spill oil,” jelasnya.

Kendati demikian, Meidawati menyatakan, saat ini Pertamina masih melakukan pendataan lebih lanjut mengenai total masyarakat yang akan mendapatkan kompensasi. Termasuk jumlah nelayan yang tidak bisa melaut lantaran perairan tercemar tumpahan minyak.

“Masih kami data, karena di beberapa desa banyak. Karena spill itu jumlahnya tidak merata tiap hari. Itu tergantung arah angin,” tukasnya.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Wajah Baru Ariana Grande dengan Gaya Rambut Ikal Hitam - Gudang Berita Viral Wajah Baru Ariana Grande dengan Gaya Rambut Ikal Hitam
Minggu, 18 Agu 2019, 21:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Pemindahan Ibu Kota ke Borneo Bakal Membawa Masalah Baru - Gudang Berita Viral Pemindahan Ibu Kota ke Borneo Bakal Membawa Masalah Baru
Minggu, 18 Agu 2019, 21:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Tito: Penyerang Mapolsek Wonokromo Radikal karena Kajian di Internet - Gudang Berita Viral Tito: Penyerang Mapolsek Wonokromo Radikal karena Kajian di Internet
Minggu, 18 Agu 2019, 21:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print