Minggu, 18 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Rabu, 31 Jul 2019, 22:00:12 WIB, 3 View Tim Redaksi, Kategori : News
Perlukah Risma ke Jakarta Untuk Selesaikan Masalah Sampah? - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini mendadak ramai diperbincangkan warga ibu kota. Hal itu menyusul Ketua Fraksi Partai Nasdem DPRD DKI Jakarta, Bestari Barus menantang Risma maju di Pilkada DKI Jakarta 2022 mendatang. Ajakan itu terlontar akibat persoalan sampah di ibu kota yang tak kunjung usai, sedangkan Risma dianggap sukses mengelola sampah di Surabaya.

Pengamat Tata Kota Universitas Trisakti Jakarta, Yayat Supriyatna menilai, persoalan sampah tidak bisa diselesaikan hanya dengan memindah seseorang termasuk Risma untuk memimpin Jakarta. Masih ada masalah kompleks lain yang menderu ibu kota supaya terhindar dari penumpukan sampah. Seperti halnya kesadaran masyarakat atas kepedulian terhadap lingkungan.



“Memindahkan orang kan bukan berarti semua masalah diselesaikan justru yang ditanamkan adalah bagaimana belajar dari tempat yang lebih baik. Jadi orang tidak perlu harus malu belajar dari kota-kota yang sudah berhasil,” ujar Yayat, Rabu (31/7).

Sampah plastik menumpuk di pinggir laut kawasan Pelabuhan Muara Baru, Jakarta, Senin (29/7/2019). Tumpukan sampah yang didominasi oleh sampah plastik ini terbawa arus laut yang dibuang masyarakat secara sembarangan. Foto: Dery Ridwansah/ gudangberitaviral.com.

Meski begitu, tidak dipungkiri dengan anggaran di bawah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Risma berhasil menanggulangi sampah di Surabaya. Oleh karena itu, Yayat menilai Anies maupun kepala daerah lainnya tidak perlu sungkan menyerap ilmu dari Risma untuk diterapkan di daerahnya masing-masing.

Dari pengamatannya, keberhasilan Risma karena dia paham bagaimana membangun sistem penangan dan pengurangan sampah. Pendekatan yang dilakukannya kepada masyarat juga tidak sebatas tekbokrasi melainkan secara kultural. Sehingga warganya bisa lebih mudah disentuh untuk tunduk pada aturan pemerintah.

Selain itu, politikus PDI Perjuangan itu pun orang yang tumbuh di lingkungan birokrat dari level bawah. Sehingga dia paham tentang menyelesaikan masalah rakyat. Terlebih dia punya keberanian dalam mengambil dan menjalankan keputusan. Hal-hal seperti ini yang seharusnya ditiru oleh kepala daerah lainnya termasuk Anies. “Itu yang perlu ditiru, diambil, sehingga pendekatan itu menyentuh akar masyarakatnya,” pungkas Yayat.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Dery Ridwansah/ gudangberitaviral.com)

Menanggapi soal perlukah Risma datang ke ibu kota, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, persoalan sampah di Jakarta merupakan masalah turun temurun sejak kepemimpinan terdahulu. Maka dia menilai tidak tepat jika dijadikan kambing hitam dalam persoalam ini.

“Yang saya terima saat ini adalah kenyataan yang ada sejak kemarin. Angka-angka itu kan sudah bertahun-tahun,” ujar Anies di Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (31/7).

Anies menyebut dalam sebagai Gubernur dia sudah melakukan langkah perubahan. Salah satunya dengan membangun intermediate treatment facility (ITF) di Sunter, serta sampah di TPST Bantar Gebang mulai dikelola menjadi energi.

Sementara itu terkait pernyataan Risma menyatakan kesiapannya membantu DKI dalam persoalan sampah Anies memberi apresiasi. Tapi, menurut dia permasalahan di Jakarta menjadi tanggungjawab DPRD dan Pemprov DKI Jakarta. “Kita apresiasi pada perhatian dan lain-lain. Kemudian, biarlah Jakarta diurus oleh DPR Jakarta oleh Pemprov Jakarta,” ucapnya.

Sampah plastik menumpuk di pinggir laut kawasan Pelabuhan Muara Baru, Jakarta, Senin (29/7/2019). Tumpukan sampah yang didominasi oleh sampah plastik ini terbawa arus laut yang dibuang masyarakat secara sembarangan. Foto: Dery Ridwansah/ gudangberitaviral.com.

Sebelumnya, saat bertemu dengan Risma, Bestari bercerita bagaimana Bantar Gebang pada 2021 mendatang akan overload sampah. Bestari menilai dengan berpindahnya Risma ke Jakarta bisa menyelesaikan masalah sampah.

Mendengar cerita itu, Risma merasa prihatin. Dia pun berharap pemprov DKI dengan anggaran yang besar bisa segera menyelesaikan pembangunan TPA. Risma bahkan mengatakan siap membantu Jakarta dengaj persoalan sampahnya. Namun, terkait ajakan bergabung di Pilkada DKI 2022, dia masih enggan menanggapi lebih jauh. Dengan alasan masih lama diselenggarakannya.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Keseruan Running Man saat Hadir Lengkap di Jakarta - Gudang Berita Viral Keseruan Running Man saat Hadir Lengkap di Jakarta
Minggu, 18 Agu 2019, 20:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Ada Jogja dalam Srimenanti - Gudang Berita Viral Ada Jogja dalam Srimenanti
Minggu, 18 Agu 2019, 20:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Juara Akita Masters 2019, Firman Mengatakan Itu Hadiah Bagi Indonesia - Gudang Berita Viral Juara Akita Masters 2019, Firman Mengatakan Itu Hadiah Bagi Indonesia
Minggu, 18 Agu 2019, 20:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print