Rabu, 21 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Jumat, 09 Agu 2019, 06:00:06 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : Bisnis
 Perang Tarif Bisa Ancam Karier Politik Trump?  - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com, New York - Pertarungan perdagangan yang semakin meningkat oleh Gedung Putih dengan China kemungkinan berlanjut hingga pemilihan 2020, menghambat ekonomi AS dan berpotensi membahayakan pemilihan ulang Presiden Trump.

Ahli strategi dan ekonom mengatakan AS dan China nampak lebih jauh dari sebelumnya dalam kesepakatan yang akan membentuk kembali hubungan perdagangan dua ekonomi terbesar dunia. Bahkan jauh dari itikad mengakhiri pertikaian dramatis yang mengancam pertumbuhan global.

AS telah mengalami defisit perdagangan yang sangat besar dengan China selama bertahun-tahun, termasuk kekurangan barang senilai $ 419 miliar pada tahun 2018.



Pekan lalu Trump mengatakan ia akan menambahkan tarif 10% pada bulan September ke sisa US$300 miliar impor Tiongkok yang sebelumnya telah dikeluarkan dari bea masuk AS sebelumnya. China membalas dengan menangguhkan pembelian tanaman pertanian Amerika dan membiarkan nilai mata uangnya jatuh, secara efektif membuat barang-barang Tiongkok lebih murah untuk dibeli dan meniadakan beberapa kerusakan dari tarif AS.

Penurunan nilai yuan, pada gilirannya, mendorong Gedung Putih pada hari Senin untuk secara resmi menyebut China sebagai manipulator mata uang, sebutan yang sebagian besar simbolis yang telah dihindari oleh AS selama 25 tahun. Ironisnya, nilai yuan telah jatuh sebagian karena kerusakan yang dilakukan pada ekonomi Tiongkok dari tarif AS.

Keputusan "menggarisbawahi kecepatan saat ketegangan sekarang meningkat dan menunjukkan bahwa resolusi untuk konflik perdagangan lebih jauh dari sebelumnya," kata ekonom senior Andrew Hunter di Capital Economics seperti mengutip cnbc.com.

Kepala penasihat ekonomi presiden, Larry Kudlow, mengatakan Trump menginginkan kesepakatan dan AS masih berencana untuk menjadi tuan rumah perunding Cina pada bulan September.

Namun Kudlow juga tampaknya mengindikasikan Trump tidak akan mundur dalam waktu dekat. Dia menilai ekonomi AS sebagai "dalam kondisi sangat bagus" dan menyarankan tarif AS telah membuat harga yang mahal di Tiongkok.

"Presiden membela Amerika," kata Kudlow. “Ekonomi Amerika sangat kuat. Mereka lemah. "

Para pemimpin China, tampaknya juga telah menarik garis di pasir.

The Wall Street Journal mengatakan negara itu siap menunggu Trump. Mereka mengharapkan pertarungan perdagangan melemahkan ekonomi Amerika dan merusak pasar saham AS yang baru saja mencapai rekor tertinggi.

Pertengkaran terbaru menghasilkan Dow Jones Industrial Average DJIA, + 0,67% jatuh 767 poin atau 2,9% pada hari Senin, penurunan satu hari terbesar tahun ini, di tengah kekhawatiran konflik perdagangan yang semakin memburuk.

Sudah ada banyak bukti yang diderita ekonomi AS sejak pertengkaran perdagangan melonjak setahun yang lalu. Petani kedelai, eksportir dan produsen semuanya terpukul dan investasi bisnis menurun setelah kenaikan tajam di awal masa jabatan pertama Presiden Trump ketika pajak perusahaan dipotong.

Baca: Trump menggoda lebih banyak bantuan kepada petani Amerika ketika China berhenti membeli produk AS.

“Perang dagang telah meningkat dan mengancam untuk memburuk dari sini. Ini berarti ketidakpastian yang lebih besar yang membebani investasi bisnis,” kata ekonom di Bank of America Merrill Lynch mengatakan kepada klien.

Rumah tangga akan merasakannya juga. Tarif AS akan segera diperluas ke elektronik konsumen populer seperti ponsel dan televisi yang dilindungi pemerintahan Trump sejak awal untuk mencegah reaksi konsumen.

Mungkin satu-satunya cara perang dagang yang penuh akan terhindarkan, kata analis, adalah jika Trump mundur karena kerusakan yang disebabkan pasar saham AS dan ekonomi. Dia menggunakan kekuatan ekonomi AS sekarang dalam rekor ekspansi tahun ke-11 sebagai titik penjualan utamanya untuk pemilihan kembali.

"Titik akhir dari eskalasi ini kemungkinan turun ke seberapa banyak kelemahan di pasar saham dan berpotensi ekonomi Trump bersedia cuaca untuk mencapai tujuan perdagangannya," kata John Briggs, kepala strategi di Pasar Natwest.

Dia mencatat bahwa Trump mengurangi ancamannya terhadap China beberapa kali sebelumnya ketika pasar saham merosot.




Sumber: inilah.com

Tag: News



Situasi Sudah Kondusif, Titik Vital Papua Barat Masih Dijaga Ketat - Gudang Berita Viral Situasi Sudah Kondusif, Titik Vital Papua Barat Masih Dijaga Ketat
Rabu, 21 Agu 2019, 16:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
Ujian Tulis Berbasis Komputer Maju, Siswa Bisa Stres - Gudang Berita Viral Ujian Tulis Berbasis Komputer Maju, Siswa Bisa Stres
Rabu, 21 Agu 2019, 16:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
Tambah Cash Flow, BUMN Bakal Jual Sepuluh Ruas Tol Tahun Ini - Gudang Berita Viral Tambah Cash Flow, BUMN Bakal Jual Sepuluh Ruas Tol Tahun Ini
Rabu, 21 Agu 2019, 16:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print