Rabu, 18 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Rabu, 28 Agu 2019, 17:00:04 WIB, 3 View Tim Redaksi, Kategori : Bisnis
 Peran Iptek Dalam Pengelolaan Hutan Sangat Penting  - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com, Jakarta - Pengelolaan sumber daya alam termasuk sumber daya hutan harus memperhatikan aspek keberlanjutan, dan dampak dari penggunaan sumber daya.

"Dalam hal ini, peran ilmu pengetahuan dan teknologi atau Iptek menjadi kebutuhan dan terus didukung oleh berbagai inovasi agar dapat mengelola sumber daya khususnya hasil hutan secara efisien dan berkelanjutan," kata Sekretaris Badan Litbang dan Inovasi (BLI) KLHK, Sylvana Ratina, Rabu (28/8/2019).

Kemudian, dengan Iptek pengelolaan hutan yang meninggalkan limbah dalam mengolah hasil hutan, bisa diminalisir. Bahkan limbah dapat ditingkatkan menjadi berbagai produk yang memiliki nilai tambah tinggi, baik produk kayu, bioenergi, bahan pendukung industri dan produk strategis lainnya.



Penerapan Iptek juga mampu berkontribusi pada peningkatan pendapatan, mendorong ekonomi sirkular dan meningkatkan efisiensi pemanfaatan sumber daya yang diarahkan pada zero waste.

Ekonomi sirkular pada dasarnya menggunakan limbah balik menjadi produk yang memiliki potensi untuk dikembangkan dan memberikan manfaat ekonomi dan lingkungan.

Peningkatan kebutuhan energi dihadapi oleh banyak negara di dunia. Pengembangan bioenergi adalah upaya untuk menghemat energi fosil yang semakin berkurang, sementara kebutuhan energi terus meningkat. Hal ini juga sejalan dengan kesadaran akan pengembangan energi ramah lingkungan.

Pemanfaatan limbah adalah upaya untuk meningkatkan nilai tambah yang dapat meningkatkan pendapatan dan sebagai sumber pendapatan alternatif yang dapat memperkuat partisipasi masyarakat dan peluang kerja.

Hal ini sejalan dengan konsep ekonomi sirkular melalui penggunaan sumber daya alam yang cermat dalam proses yang ramah lingkungan sehingga memperoleh penggunaan sumber daya yang efisien.

Penerapan iptek dan inovasi secara tepat diharapkan mampu meningkatkan nilai tambah produk. Sub tema ini meliputi pemanfaatan limbah industri kayu dan pemanenan, pengelolaan limbah padat dan cair, pemanfaatan hasil pengolahan limbah untuk biomedis dan peningkatan kualitas produk hutan, dan bidang terkait lainnya.[jat]




Sumber: inilah.com

Tag: News



 Hadapi Real Madrid, PSG Tanpa Trisula Maut  - Gudang Berita Viral Hadapi Real Madrid, PSG Tanpa Trisula Maut
Rabu, 18 Sep 2019, 02:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali
 PopSockets Rambah Bisnis Pegangan Minuman  - Gudang Berita Viral PopSockets Rambah Bisnis Pegangan Minuman
Rabu, 18 Sep 2019, 02:00:02 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Jokowi Serius Tanggulangi Karhutla di Riau  - Gudang Berita Viral Jokowi Serius Tanggulangi Karhutla di Riau
Rabu, 18 Sep 2019, 02:00:02 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print