Kamis, 19 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Jumat, 06 Sep 2019, 13:00:08 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Penyelesaian Masalah di Papua Harus dengan 3 Pendekatan - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Redam situasi di Papua. Berkantor di Bumi Cenderawasih. Itulah salah satu strategi yang digunakan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Tito Karnavian.

Terbukti perlahan tapi pasti, kini situasi di wilayah paling timur Indonesia tersebut mulai kondusif. Bahkan para pelaku kerusuhan sebelumnya di Papua sudah mulai ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka. Masyarakat pun mulai  tenang.



Pengamat Intelijen Ngasiman Djoyonegoro menyebut, langkah kerja seperti itu dianggap cukup ampuh meredam suasana. “Apa yang dicapai hari ini tidak mungkin lepas dari peran Panglima TNI dan Kapolri,” Ngasiman Djoyonegoro dalam keterangan persnya, Jumat (6/9).

Lebih jauh direktur Center of Intelligence and Strategic Studies (CISS) itu berpendapat penyelesaian masalah di Papua tidak bisa hanya menggunakan pendekatan keamanan semata. Perlu kombinasi pendekatan pertahanan, kemanusiaan, dan kebudayaan. Hadirnya Panglima TNI di Papua sebagai bukti bahwa pemimpin tertinggi pertahanan Indonesia siap berdialog kapan pun dibutuhkan.

“Ini menunjukkan bahwa Panglima TNI sangat memahami situasi yang berkembang di lapangan dan berkomitmen kuat untuk mempertahankan NKRI,” imbuhnya.

Menurutnya, situasi yang berangsur kondusif di Papua tidak terlepas dari persoalan kecemburuan sosial, faktor budaya dan representasi politik di tingkat lokal yang belum berjalan dengan baik. Kehadiran Panglima TNI menjadi bagian untuk mengurai persoalan-persoalan tersebut dengan dialog kemanusiaan dan gaya humanis yang menjadi ciri khasnya.

Sementara itu, Kamis (5/9), Panglima TNI dan Kapolri melaksanakan agenda masing-masing di Papua. Hadi Tjahjanto ke Pelabuhan Jayapura meninjau situasi keamanan Papua dari laut.

Sementara Tito Karnavian membesuk tiga anggota Polri di RS Bhayangkara Jayapura. Para anggota itu terluka saat bertugas di Deiyai dan Jayawijaya.

Ketiganya adalah Kaur Bin Ops Polres Jaya Wijaya Ipda Iwan, anggota Dalmas Polres Paniai Bripda Dedi dan Bripda Rifki Aprianto. Setelah membesuk anak buahnya, Tito menyusul Hadi ke Pelabuhan Jayapura. Keduanya kemudian bertemu dan berdialog dengan para tokoh Papua di atas KRI Oswald Siahaan 354.

Dialog itu dihadiri Sekda Papua Hery Dosinaen, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Lipiyus Biniluk, dan Diplomat Michael Manufandu. Di atas kapal itu mereka berdialog sembari mengelilingi Teluk Jayapura selama satu jam.

“Rasanya, nikmat sekali memandang Papua dari lautan. Begitu indah kaya rayanya negeri Indonesia tercinta,” tutur Hadi.

Di tempat terpisah, Kabid Humas Polda Papua Kombes AM Kamal menyataan, situasi Papua secara keseluruhan sudah sangat kondusif. Berkantornya Panglima TNI dan Kapolri di Papua memberikan dampak psikologi positif kepada masyarakat. Mereka merasa mendapat jaminan keamanan. “Terbukti, situasi keamanan berangsur kondusif dan masyarakat mulai melakukan aktivitasnya seperti biasa,” ujarnya.

Menurut dia, kehadiran Hadi dan Tito memotong jalur koordinasi. Dampaknya, keputusan-keputusan terkait rekonsiliasi di Jayapura bisa cepat dilakukan. Saat memberikan arahan kepada ratusan Perwira Menengah TNI-Pol ri se-Jayapura, di Aula Yonif Rai der 751, Sentani, Jayapura, Hadi mengemukakan jurusnya untuk meredam kerusuhan di Papua.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Hadangan Penalti Ter Stegen Picu Polemik karena Dinilai Langgar Aturan - Gudang Berita Viral Hadangan Penalti Ter Stegen Picu Polemik karena Dinilai Langgar Aturan
Kamis, 19 Sep 2019, 17:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali
Banding Ratna Sarumpaet Ditolak Pengadilan Tinggi Jakarta - Gudang Berita Viral Banding Ratna Sarumpaet Ditolak Pengadilan Tinggi Jakarta
Kamis, 19 Sep 2019, 17:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali
KUHP Baru, Dokter Lakukan Aborsi Karena Darurat Tidak Bisa Dipidana - Gudang Berita Viral KUHP Baru, Dokter Lakukan Aborsi Karena Darurat Tidak Bisa Dipidana
Kamis, 19 Sep 2019, 17:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print