Jumat, 18 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Rabu, 02 Okt 2019, 20:00:08 WIB, 4 View Tim Redaksi, Kategori : News
Penyebar Hoaks Cari Simpati dengan Kisah Palsu - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Foto perempuan tua dengan wajah babak belur benar-benar menyita perhatian warganet kemarin. Kepalanya dibalut perban. Luka sobek di pipinya juga masih tampak mengeluarkan darah. Keterangan yang menyertai foto itu menyebutkan bahwa sang nenek dihajar gara-gara mencuri dua jagung.

Jawa Pos menemukan, foto itu diunggah akun Facebook Enur Nurul Wulan (fb.com/enur.wulan) kemarin (1/10). Sumbernya adalah sebuah berita dari blog santrionline12.blogspot.com yang diberi judul Mencuri Jagung karena Kelaparan, Seorang Nenek Dipukuli hingga Babak Belur.



Alur cerita yang ditulis blog itu memang sangat rinci. Sayang, sama sekali tidak disebutkan lokasi dan waktu kejadian. Hanya disebutkan, sang nenek yang berusia 68 tahun itu bernama Juniyem, sementara pelaku pemukulan bernama Samsul. Nama yang sangat umum digunakan oleh masyarakat Indonesia, khususnya Jawa.

Pencarian lewat Google dengan kata kunci nama dan usia sang nenek juga tidak membuahkan hasil. Justru banyak blog abal-abal yang memuat kabar tersebut. Malah pernah viral pada 2017.

Jawa Pos lantas memanfaatkan situs padanan gambar. Hasilnya, foto yang mirip dengan nenek berwajah lebam itu ternyata pernah diunggah portal berita Malaysia, utusan.com.my. Wajah dan luka-lukanya sama persis. Begitu juga daster yang didominasi warna hitam dengan motif bunga-bunga putih yang dipakainya.

Judul berita yang terbit pada 10 April 2015 itu Suspek cederakan nenek berjaya ditahan polis. Media online Utusan menjelaskan, perempuan lanjut usia tersebut bernama Zainun Baharon. Dia merupakan korban perampokan di Kangkar Pulai, Johor Bahru, Johor, Malaysia.

Dikisahkan, perampokan terjadi Selasa siang, 7 April 2015. Zainun dianiaya dua penjahat dengan balok kayu di rumahnya. Meski demikian, dia berhasil melarikan diri setelah melepas rantai gelang yang digunakan oleh pelaku untuk mengikat korban. ”Saya mengetahui ciri-ciri salah satu tersangka dari ibu jari kanannya, telah ditangkap oleh polisi,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Resor Nusajaya Noor Hashim Mohamad mengungkapkan, dua tersangka ditangkap di lokasi yang berbeda. ”Salah satu tersangka memiliki empat catatan kriminal. Kedua tersangka saat ini ditahan untuk menyelesaikan proses penyelidikan lebih lanjut,” jelas Noor. Anda dapat membacanya di bit.ly/PerampokanDiMalaysia.

FAKTA

Foto perempuan tua dengan wajah babak belur yang diunggah akun Facebook Enur Nurul bernama Zainun Baharon. Dia merupakan korban perampokan di Johor, Malaysia, pada 2015.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



PDIP Bantah Erick Thohir Duduki Posisi Menteri BUMN - Gudang Berita Viral PDIP Bantah Erick Thohir Duduki Posisi Menteri BUMN
Jumat, 18 Okt 2019, 19:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali
Unair Siapkan Fakultas Teknologi Lanjutan - Gudang Berita Viral Unair Siapkan Fakultas Teknologi Lanjutan
Jumat, 18 Okt 2019, 19:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali
Setelah Juara, Malah Langsung Takluk Pada Babak Pertama - Gudang Berita Viral Setelah Juara, Malah Langsung Takluk Pada Babak Pertama
Jumat, 18 Okt 2019, 19:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print