Jumat, 23 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Sabtu, 10 Agu 2019, 18:00:10 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Pengunjuk Rasa Hongkong Atur Demo dengan Aplikasi Pokemon Go - Gudang Berita Viral

Dua bulan sudah penduduk Hongkong turun ke jalan. Setiap hari mereka menelurkan ide baru untuk mengelabui polisi. Mulai membentuk tim pemadam gas air mata hingga menggunakan berbagai aplikasi untuk rancang aksi.

SITI AISYAH, Jawa Pos



gudangberitaviral.com – Dua remaja berdiri di area kedatangan bandara Hongkong. Mereka memegang spanduk putih dengan tulisan seadanya. Bukan tulisan selamat datang disertai nama untuk menjemput seseorang, melainkan ucapan maaf kepada para penumpang yang datang.

“Maaf atas ketidaknyamanannya, kami tengah berjuang untuk tempat tinggal kami.” Begitulah bunyi tulisan tersebut.

Jumat (9/8) adalah kali kedua Hongkongers melakukan aksi damai di bandara. Yang pertama berlangsung 26 Juli lalu selama sehari. Kali ini aksi mereka berlangsung tiga hari, 9-11 Agustus. Tujuan mereka adalah mengedukasi para turis tentang kondisi Hongkong saat ini yang meminta kebebasan lebih dari pemerintah pusat.

Seperti perkiraan para demonstran, polisi tidak berani masuk dan menembaki mereka dengan gas air mata.

Sejak kali pertama aksi berlangsung, demonstran sudah main kucing-kucingan dengan polisi. Mereka terus mencari cara agar tidak tertangkap dan menghindari serangan pasukan pengamanan. Setiap hari ada ide-ide baru yang bermunculan. Salah satunya tentang cara mengumpulkan massa.

Demonstran mengunduh aplikasi Pokemon Go. Mereka lalu menyebar pamflet online tentang acara berburu Pokemon di titik-titik tertentu. Itu tentu bukan lokasi berburu Pokemon yang sesungguhnya, melainkan lokasi yang ditentukan untuk demo.

“Jika kami mengatakan akan pergi ke tempat demo yang tidak berizin, itu akan menjadi bukti kuat bagi polisi untuk menahan kami,” ujar KK, salah seorang demonstran yang namanya tak mau diungkapkan, kepada BBC.

Kadang-kadang mereka membuat grup membaca Alkitab atau tur sejarah untuk mengumpulkan massa. Yang jelas, tidak ada kata demo, protes, dan sejenisnya di dalamnya. Fitur AirDrop milik Apple digunakan untuk membagikan detail aksi.

Di awal turun ke jalan, Telegram menjadi aplikasi utama untuk menyebarkan informasi. Tapi, kini kian banyak aplikasi yang dipakai. Demonstran juga menggunakan aplikasi Tinder untuk organisasi massa. Biasanya info yang disebar berkaitan dengan lokasi pasukan kepolisian saat itu, situasi garis depan di beberapa titik aksi, serta lokasi untuk mendapatkan alat-alat bantuan seperti masker dan air minum.

Kini mereka juga memberikan informasi titik penjemputan Uber. Sopir taksi relawan yang ada di titik itu membantu membawa demonstran yang terluka atau terjebak di kerusuhan untuk keluar dari lokasi. Mereka mematikan GPS agar tidak terlacak. Sebelumnya, mereka mengirimkan lokasi, tujuannya, dan nomor SIM ke admin jalur Telegram tertentu

Untuk menyiapkan itu semua, dibutuhkan waktu dan tenaga. Alex, seorang demonstran, bahkan sampai melepas pekerjaannya. Kini dia adalah demonstran full time. Setiap keluar rumah, dia wajib membawa telepon pintar dan charger portabel. Dia memberikan info lokasi polisi agar demonstran bisa datang dan keluar dari area protes tanpa tertangkap. Jika tak ada aksi, dia membuat selebaran yang diberikan kepada kenalan para demonstran di luar Hongkong dan Tiongkok untuk disebar via WhatsApp dan Facebook. Menyebar di dalam negeri terlalu berisiko.

Massa juga memiliki forum bernama Lihkg. Di forum itu tugas-tugas demonstran dibagi secara spesifik. Rob, misalnya. Dia bertugas mematikan gas air mata yang ditembakkan polisi. Biasanya massa menggunakan cone lalu lintas untuk menutup kaleng gas air mata sebelum menyiramnya dengan air. Tim itu wajib memakai sarung tangan tahan panas dan membawa obat anti-iritasi.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Kamil Ingin Pasar Cisarua Jadi Primadona  - Gudang Berita Viral Kamil Ingin Pasar Cisarua Jadi Primadona
Jumat, 23 Agu 2019, 03:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Madrid Pinjamkan Madrid Pinjamkan 'Messi Jepang' ke Mallorca
Jumat, 23 Agu 2019, 03:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Chamberlain Perpanjang Kontrak di Liverpool  - Gudang Berita Viral Chamberlain Perpanjang Kontrak di Liverpool
Jumat, 23 Agu 2019, 03:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print