Minggu, 20 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Selasa, 01 Okt 2019, 23:00:02 WIB, 3 View Tim Redaksi, Kategori : News
 Pengamat Nilai KPK Butuh Dukungan Masyarakat  - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com, Jakarta - Pengamat Hukum Chrisman Damanik meminta semua pihak membantu Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegakkan hukum dan keadilan pasca revisi UU No. 30 Tahun 2002.

"Kita semua ke depannya dapat membantu KPK dalam kerja-kerja pemberantasan korupsi," ujar Chrisman saat menjadi pembicara diskusi publik bertajuk "Menyambut Wajah Baru Penegakan Hukum Anti Korupsi Pasca Revisi UU KPK," Selasa (1/10/2019).

Menurut dia, KPK tak boleh dibiarkan bekerja sendirian karena dukungan mayarakat terhadap KPK dalam menegakkan hukum sangat penting.



Terkait UU KPK yang sudah direvisi yang menuai polemik, Chrisman mengatakan hal itu wajar saja terjadi di negara demokrasi. Sedangkan, pihak yang tidak menerima UU KPK versi revisi, bisa menggugat ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Itu bisa Judicial Review di MK kalau ada pasal-pasal yang bertetangan dengan Pancasila dan UU, sehingga MK bisa menguji dari mana keselahannya," papar Chrisman yang juga eks Ketua Presidium GMNI ini.

Di tempat yang sama, Pengamat Politik Ali Sodikin, meminta masa depan pemberantasan korupsi tak perlu dikhawatirkan. Karena KPK akan semakin menjadi lembaga hukum super power dalam hal pemberantasan korupsi. Dirinya mengaku heran jika KPK menolak diawasi sebagaimana hasil revisi UU KPK yang mewajibkan dibentuk Dewan Pengawas KPK.

"Apakah revisi UU KPK ini melemahkan atau memang KPK tak mau diawasi. Semua kekuasaan harus dikritisi agar tidak terjadi abose of power," katanya.

Sementara itu Wasekjen PB HMI Saiful Hadi meminta mahasiswa tidak mudah terprovokasi dalam menolak produk UU, tak terkecuali UU KPK versi revisi.

"Kita bicara dalam konteks mahasiswa. Kita harus memperkuat literasi, tidak hanya demo. Harus ada gagasan dan gagasan itu kita suarakan," tambahnya. [ton]




Sumber: inilah.com

Tag: News



Rapor Merah Karhutla, Jokowi Diminta Buat KPK versi Lingkungan Hidup - Gudang Berita Viral Rapor Merah Karhutla, Jokowi Diminta Buat KPK versi Lingkungan Hidup
Minggu, 20 Okt 2019, 19:00:10 WIB, Dibaca : 0 Kali
Periode Kedua Jokowi, Tetap Fokus di Infrastruktur - Gudang Berita Viral Periode Kedua Jokowi, Tetap Fokus di Infrastruktur
Minggu, 20 Okt 2019, 19:00:10 WIB, Dibaca : 0 Kali
Polisi Amankan ODGJ yang Mengaku Jadi Presiden - Gudang Berita Viral Polisi Amankan ODGJ yang Mengaku Jadi Presiden
Minggu, 20 Okt 2019, 19:00:10 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print