Minggu, 17 November 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Sabtu, 26 Okt 2019, 19:00:09 WIB, 19 View Tim Redaksi, Kategori : News
Pengamat: Komposisi Kabinet Indonesia Maju Tak Akan Bertahan Lama - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Komposisi Kabinet Indonesia Maju bentukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai kurang berkualitas, terutama dalam penempatan menterinya. Direktur Eksekutif Parameter Politik Adi Prayitno memperkirakan komposisi ini tidak akan bertahan lama.

Menurut Adi, beberapa nama yang sudah ditunjuk Jokowi menjadi menteri seperti Menteri Agama Fachrul Rozi dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim harus bekerja keras dan membuktikan diri jika tidak mau terpental dari Kabinet Indonesia Maju.



“Kalau lihat postur kabinet sekarang saya menduga setahun mungkin akan terjadi reshuffle. Seperti Menag dan Mendikbud. Jokowi ingin menunjukan kepada mereka bahwa kemampuan mereka harus bisa dikloning di kementerian yang baru. Jika tidak, maka tentu mereka akan di-reshuffle,” kata Adi, Sabtu (26/10).

Adi mengakui bahwa ia kaget dengan komposisi menteri dan wakil menteri yang ditunjuk Jokowi. Adi juga menyoroti bergabungnya Partai Gerindra yang pada saat Pilpres 2014 dan 2019 merupakan pesaing utama Jokowi.

“Merasa aneh dan kaget. Jelang pembentukan kabinet semua kongsi atas nama kebersamaan. Kalau begini ceritanya, besok nggak usah pemilu dan ada Parpol,” jelasnya.

Bergabungnya Gerindra ke dalam pemerintah juga dianggap telah mencederai moral berpolitik. Seharusnya, koalisi yang kalah harus menjadi oposisi. Sedangkan yang berada di pemerintahan hanya koalisi pemenang. Dengan begitu, keseimbangan demokrasi bisa terjaga.

Adi pun mengkritik keputusan Jokowi yang memperbolehkan menteri merangkap sebagai ketua umum partai. “Saat ini ada ada tiga ketum parpol yang menjadi menterinya Pak Jokowi di periode kedua. Mungkin ini terkait oposisi udah lemah, jadi nggak penting-penting amat bicara rangkap jabatan itu mengganggu atau nggak,” terangnya.

Lebih lanjut, Adi menilai, langkah Jokowi menarik Partai Gerindra masuk ke dalam Kabinet Indonesia Maju adalah hasil rekonsiliasi semu. “Postur kebinet rekonsiliasi? Ini rekonsiliasi semu. Kalau takut opisisi membelot, protes nggak karu-karuan, kenapa cuma Gerindra (yang dijadikan koalisi, Red),” pungkasnya.




Sumber: jawapos.com

Tag: viral, berita viral, hot news, news, gudang berita viral, jawapos, tribunnews, kompas, Pengamat: Komposisi Kabinet Indonesia Maju Tak Akan Bertahan Lama

Tag: News



Waspadai Diabetes pada Anak-anak, Kenali Gejalanya - Gudang Berita Viral Waspadai Diabetes pada Anak-anak, Kenali Gejalanya
Minggu, 17 Nov 2019, 17:00:11 WIB, Dibaca : 0 Kali
Cak Nun: Milenial Harus Seimbangkan Ilmu Pengetahuan dan Agama - Gudang Berita Viral Cak Nun: Milenial Harus Seimbangkan Ilmu Pengetahuan dan Agama
Minggu, 17 Nov 2019, 17:00:11 WIB, Dibaca : 0 Kali
Musik Patrol Jember: Manfaatkan Kenong sebagai Tanda Pemanggil Merpati - Gudang Berita Viral Musik Patrol Jember: Manfaatkan Kenong sebagai Tanda Pemanggil Merpati
Minggu, 17 Nov 2019, 17:00:11 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print