Senin, 26 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Kamis, 08 Agu 2019, 10:00:07 WIB, 3 View Tim Redaksi, Kategori : News
Penelitian Buktikan Manfaat Rebusan Daun Pepaya Obati 3 Penyakit - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Daun pepaya atau secara ilmiah dikenal sebagai Carica papaya seringkali diolah sebagai makanan. Rasanya yang sedikit pahit membuat daun pepaya memiliki cita rasa khas. Namun, daun pepaya juga bisa dijadikan obat.

Dilansir dari Organic Facts, Kamis (8/8), ada beberapa cara untuk menggunakan daun pepaya, bisa dijadikan sebagai teh atau rebusan bahkan dibuat jus. Kandungan papain dan enzim fitonutrien dan antioksidan, membuat daun pepaya sangat berkhasiat untuk keperluan pengobatan.



Dalam laman Daily Star disebutkan beberapa penelitian yang membuktikan manfaat daun pepaya bisa digunakan sebagai obat. Di antaranya,

1. Kanker

Rebusan daun pepaya terbukti efektif sebagai pencegah dan pengobatan kanker. Hal itu terbukti dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Ethnopharmacology. Para peneliti mengatakan hasil studi pendahuluan mereka menunjukkan sifat modulasi kekebalan dari daun pepaya dapat terbukti bermanfaat dalam pengobatan dan pencegahan penyakit, termasuk kanker. Bahkan bisa untuk  alergi dan sebagai komponen dalam beberapa vaksin.

2. Maag

Rebusan daun pepaya melindungi tukak lambung yang sudah dibuktikan lewat penelitian pada hewan-hewan laboratorium yang diterbitkan dalam West Indian Medical Journal. Dalam studi tersebut, ekstrak daun pepaya mengurangi keparahan dan menunjukkan efek antioksidan yang kuat. Para peneliti menyimpulkan dari studi sebelumnya kalau teh daun pepaya menunjukkan potensi untuk pengobatan tukak lambung dan stres oksidatif pada perut.

3. Gangguan Pencernaan

Enzim papain dalam daun pepaya membantu pencernaan protein dan berguna untuk mengobati gangguan pencernaan. Teh daun pepaya dapat meringankan mulas dan merupakan stimulan nafsu makan.

Peringatan

Enzim papain dalam daun pepaya telah diketahui menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Ugeskrift for Laeger. Laporan tersebut mendokumentasikan gejala alergi pada 10 dari 22 karyawan di sebuah laboratorium penelitian yang terpapar papain. Maka konsultasikan dulu dengan dokter jika Anda memiliki riwayat alergi.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Ciptakan Hidup Sehat, PLN Turut Bentuk Gang Hijau  - Gudang Berita Viral Ciptakan Hidup Sehat, PLN Turut Bentuk Gang Hijau
Senin, 26 Agu 2019, 01:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Antonio Conte Ingin Maksimalkan Setiap Peluang  - Gudang Berita Viral Antonio Conte Ingin Maksimalkan Setiap Peluang
Senin, 26 Agu 2019, 01:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Warga Gresik Geruduk Pengajian yang Diduga Syi Warga Gresik Geruduk Pengajian yang Diduga Syi'ah
Senin, 26 Agu 2019, 01:00:02 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print