Selasa, 19 November 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Senin, 28 Okt 2019, 21:00:11 WIB, 5 View Tim Redaksi, Kategori : News
Peneleh Heritage Tour Dimulai Bulan Depan - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Pemkot kini ngebut untuk menyiapkan wisata Peneleh Heritage Tour. Acara jalan-jalan sekaligus belajar sejarah di kawasan yang menyimpan berbagai peninggalan sejarah itu rencananya dibuka bulan depan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Surabaya Antiek Sugiarti mengatakan, kawasan wisata tersebut dibuka pada November. Saat ini pemkot telah melatih warga yang tinggal di kawasan sekitar agar bisa menghidupkan wisata itu.



Konsep pengembangan wisata di Peneleh nanti mirip wisata kampung lawas Maspati. ’’Langsung warganya yang bergerak,’’ katanya. Selain menggandeng warga, pemkot mengajak komunitas di kawasan itu untuk menjadi pemandu wisatawan.

Pemkot telah mengumpulkan beberapa titik yang dikunjungi jika wisata jalan-jalan tersebut dibuka. Mulai rumah Bung Karno, rumah HOS Cokroaminoto, Masjid Jami’ Peneleh, makam kuno Belanda, hingga jembatan tua Peneleh. ’’Total sudah ada 17 poin yang bisa didatangi,’’ tuturnya. Jumlah itu bisa saja terus bertambah.

Untuk fasilitas penunjang, Antiek mengatakan bahwa pemkot akan menyediakan opsi jalan kaki atau bersepeda. Rencananya, sepeda disediakan pemkot. Lurah Peneleh M. Khusnul Amin menuturkan, saat ini warga membenahi sarana infrastruktur sebagai penunjang pariwisata. Salah satunya pemasangan paving.

Gang-gang, terutama di area Lawang Seketeng, kini dibenahi. Selain jalan, rumah warga di tepian gang sedang dimural. Tujuannya, mempercantik kawasan dan menarik pengunjung.

Untuk menyukseskan wisata baru itu, warga dengan pokdarwis sudah beberapa kali melangsungkan rapat. Terakhir, rapat dilaksanakan pada Jumat malam (25/10) untuk membahas finalisasi lanjutan persiapan pembukaan kawasan wisata. ’’Rencananya memang dibuka pada 10 November oleh pemkot,’’ jelasnya. Karena itu, persiapannya kini dimatangkan warga. Termasuk membangun gazebo untuk area kuliner khas Peneleh.

Amin mengatakan, peninggalan sejarah di kawasan Peneleh memang cukup banyak. Namun, pembenahannya selama ini memang difokuskan lebih dulu ke area Lawang Seketeng. Khususnya di RW 15 Kelurahan Peneleh.




Sumber: jawapos.com

Tag: viral, berita viral, hot news, news, gudang berita viral, jawapos, tribunnews, kompas, Peneleh Heritage Tour Dimulai Bulan Depan

Tag: News



Persik Punya PR di Lini Serang, Persita Dekati Cita-Cita ke Liga 1 - Gudang Berita Viral Persik Punya PR di Lini Serang, Persita Dekati Cita-Cita ke Liga 1
Selasa, 19 Nov 2019, 07:00:14 WIB, Dibaca : 1 Kali
 4 Golongan Umat Rasulullah: Di Mana Posisi Anda?  - Gudang Berita Viral 4 Golongan Umat Rasulullah: Di Mana Posisi Anda?
Selasa, 19 Nov 2019, 07:00:09 WIB, Dibaca : 1 Kali
 Investor Emas Manfaatkan Keraguan Sikap AS-China  - Gudang Berita Viral Investor Emas Manfaatkan Keraguan Sikap AS-China
Selasa, 19 Nov 2019, 07:00:09 WIB, Dibaca : 1 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print