Rabu, 18 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Minggu, 08 Sep 2019, 06:00:06 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : News
Pendidikan Mitigasi Bencana Harus Ditanamkan Sejak Dini - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Anggota Komisi I DPR RI Roy Suryo, mendorong supaya pendidikan mitigasi bencana bisa masuk di sekolah. Maklum saja, Indonesia adalah negara yang cukup rawan bencana seperti gempa bumi, gunung meletus, dan banjir.

Dalam diskusi kebencanaan di RRI, Jakarta, Sabtu (7/9), Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga itu mengatakan, pendidikan mitigasi bencana harus diajarkan sejak dini. Dengan begitu, anak-anak bisa tahu langkah apa yang harus dilakukan ketika bencana terjadi.



”Di Jepang, sejak kecil anak-anak diajarkan di sekolah. Mereka paham, kalau negaranya rawan bencana,” ujarnya.

Beda dengan Indonesia. Anak-anak justru sibuk dengan gawai. Lalu, ketika bencana terjadi, bingung harus berbuat apa. Dia mencontohkan ketika mati listrik masal yang terjadi baru-baru ini. Banyak orang bingung tak tahu harus berbuat apa karena sangat ketergantungan dengan gadget.

”Paling tidak, pelajaran tentang mitigasi gempa bumi. Tapi bisa disesuaikan dengan lokasi masing-masing,” ungkap politisi Partai Demokrat tersebut.

Direktur Utama RRI M. Rohanudin mengamini. Menurut dia, pengetahuan tentang mitigasi bencana ini sangat penting. Terlebih, Indonesia merupakan negara paling rawan bencana di seluruh dunia. Mulai dari gempa bumi, gunung meletus, sampai tsunami.  ”Tanggap bencana itu harus jadi bagian dari gaya hidup. Mulai dari sigap, mengatasi hingga peduli lingkungan,” tuturnya.

Sayangnya, kata dia, hingga kini belum banyak lembaga penyiaran yang concern terhadap hal tersebut. Padahal, menyadarkan public akan risiko kebencanaan di Indonesia menjadi hal yang mendesak. ”Karena itu kami mengawali dengan membuat program kentongan, radio tanggap bencana,” ungkapnya.

Rohanudin mengaku terinspirasi dari program Bosai di NHK Jepang. Diakuinya, program tersebut dikemas dengan epic sehingga masyarakat pun dapat memperoleh pendidikan mitigasi tanpa bosan.

”Ketika masyarakatnya sudah aware dan teredukasi, maka bisa meminimalisir jatuhnya korban,” tegasnya. Sebab, imbuh dia, mereka tahu apa yang harus dilakukan ketika bencana datang.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Hadapi Real Madrid, PSG Tanpa Trisula Maut  - Gudang Berita Viral Hadapi Real Madrid, PSG Tanpa Trisula Maut
Rabu, 18 Sep 2019, 02:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali
 PopSockets Rambah Bisnis Pegangan Minuman  - Gudang Berita Viral PopSockets Rambah Bisnis Pegangan Minuman
Rabu, 18 Sep 2019, 02:00:02 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Jokowi Serius Tanggulangi Karhutla di Riau  - Gudang Berita Viral Jokowi Serius Tanggulangi Karhutla di Riau
Rabu, 18 Sep 2019, 02:00:02 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print