Rabu, 18 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Sabtu, 07 Sep 2019, 16:00:07 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : News
Penataan dan Normalisasi Saluran Air, Tertibkan PKL Sisi Pasar Pabean - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Macet, panas, dan apek. Kesan itu sering dirasakan pengendara yang melintas di depan Pasar Pabean, Jalan Songoyudan, Surabaya. Parkir yang tak tertata dan PKL hampir setiap hari menyebabkan tersendatnya lalu lintas di kawasan pasar legendaris itu.

Kemarin (5/9) pemkot melakukan penataan besar-besaran di Jalan Songoyudan. Puluhan petugas dilibatkan dalam pengamanan kegiatan yang berlangsung seharian. Mulai kepolisian, satpol PP, linmas, perangkat kelurahan, dan Satgas Pematusan Dinas PU Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Surabaya.



Aksi penertiban dimulai sekitar pukul 08.00. Kedatangan petugas otomatis membuat pedagang yang mangkal di pinggir jalan semburat. Banyak rombong jualan yang diamankan petugas karena pemiliknya bandel. ”Ada 30 PKL yang ditertibkan. Sedangkan bangli (bangunan liar) sekitar 20 unit,” kata Koordinator Wilayah (Korwil) Utara Satpol PP Surabaya Agus Kamaludin.

Dia menegaskan, bangli di pinggir jalan sama sekali tak berizin. Seluruhnya dibuat oleh pedagang ilegal. Bangunan tersebut dipakai PKL untuk menjajakan barang dagangan.

Menurut Agus, keberadaan bangli dan PKL tidak saja membuat kemacetan di Jalan Songoyudan, tetapi juga menghambat proyek normalisasi saluran. Sebab, sebagian besar pedagang yang tak berizin mendirikan lapak tepat di atas drainase. ”Setelah ditertibkan, saluran air langsung dibersihkan dan ditata,” tambah Agus. Ada alat berat yang didatangkan untuk pengerukan kemarin.

Agus tak menampik, saat ini memang masih ada persoalan yang belum tuntas di Jalan Songoyudan. Salah satunya, persoalan parkir di sekitar pusat perbelanjaan. Keberadaan sebagian kendaraan yang mengangkut rempah-rempah sering overload dan tak terkontrol.

Dengan mengacu aturan, parkir yang diperbolehkan untuk roda empat sebenarnya hanya satu baris. Kendaraan tidak diperbolehkan memakan badan jalan. Apalagi sampai menutup Jalan Songoyudan. Kenyataannya, tak sedikit sopir truk dan pemilik toko yang melanggar aturan. ”Namun, merelokasi parkir bukan hal mudah. Lahannya tidak ada,” kata Agus.

Lantas, bagaimana nasib pedagang yang ditertibkan? Agus menjelaskan bahwa hal itu akan dirapatkan lagi. Nanti pembahasan melibatkan PD Pasar Surya Surabaya selaku pengelola Pasar Pabean.

Humas PD Pasar Surya M. Jaini menjelaskan bahwa pihaknya siap diajak rapat. Usulan akan dibahas bersama-sama secara internal di PD Pasar. Namun, pihaknya belum bisa memastikan tempat relokasi. PKL tak mungkin dimasukkan ke Pasar Pabean. Sebab, kuota pasar grosir itu sudah penuh. ”Nanti dilihat pasar mana yang kosong,” kata Jaini.

Berdasar catatan Jawa Pos, persoalan PKL dan parkir di Jalan Songoyudan memang cukup klasik. Kondisi itu sudah lama terjadi. Bukan saja pengunjung pasar, kemacetan dikeluhkan para peziarah yang datang ke Makam Sunan Ampel. 




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Hadapi Real Madrid, PSG Tanpa Trisula Maut  - Gudang Berita Viral Hadapi Real Madrid, PSG Tanpa Trisula Maut
Rabu, 18 Sep 2019, 02:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali
 PopSockets Rambah Bisnis Pegangan Minuman  - Gudang Berita Viral PopSockets Rambah Bisnis Pegangan Minuman
Rabu, 18 Sep 2019, 02:00:02 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Jokowi Serius Tanggulangi Karhutla di Riau  - Gudang Berita Viral Jokowi Serius Tanggulangi Karhutla di Riau
Rabu, 18 Sep 2019, 02:00:02 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print