Senin, 19 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Senin, 05 Agu 2019, 13:00:07 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Penanganan Gempa Banten, Rumah Warga Yang Rusak Diberi Bantuan - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Pendataan dampak gempa bumi Jumat lalu (2/8) terus berlangsung. Hasilnya, korban tewas bertambah menjadi 6 orang dan luka-luka 3 orang.

Korban meninggal tersebut berada di Pandeglang (1 orang), Kabupaten Lebak (3), dan Sukabumi (2). Hingga kemarin, tinggal 33 kepala keluarga yang dilaporkan masih mengungsi. Di Provinsi Lampung, lebih dari 1.000 kepala keluarga yang mengungsi sudah kembali ke rumah masing-masing.



Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat kerugian materi. Perinciannya, 13 rumah rusak berat, 50 rumah rusak sedang, dan 408 rumah rusak ringan. Sementara itu, sarana publik yang mengalami rusak ringan adalah 1 bangunan penggilingan padi, dan 19 sarana pendidikan. Selanjutnya, 1 kantor desa, dan 13 masjid.

Plh Kapusdatin dan Humas BNPB Agus Wibowo mengungkapkan, Tim Reaksi Cepat (TRC) BNPB telah sampai di lokasi terdampak gempa di Kabupaten Sukabumi dan Serang. ”Mereka melakukan kajian perhitungan kerugian dan olah data,” kata Agus.

Plh Kapusdatinmas BNPB Agus Wibowo. (Dery Ridwansah/ gudangberitaviral.com)

Pemerintah juga membantu warga yang rumahnya rusak berat melalui program bantuan bangunan rumah (BBR). Lewat program milik Kementerian Sosial itu, warga akan mendapat bantuan uang yang dikirim melalui bank. Bantuan tersebut bisa digunakan untuk membeli bahan bangunan. Hal itu disampaikan Mensos Agus Gumiwang dalam kunjungannya ke Pandeglang kemarin (4/8). Agus meninjau langsung lokasi yang terdampak gempa. ”Warga yang rumahnya rusak akan didata untuk mengetahui tingkat kerusakannya,” jelas Agus. Pendataan itu menjadi bahan verifikasi dan validasi untuk menentukan penerima bantuan.

BBR akan ditransfer langsung ke rekening penerima yang bersangkutan. Bantuan tersebut terbagi ke dalam tiga tingkatan yang diatur Permensos 4/2015. Rumah rusak ringan mendapat Rp 1 juta-Rp 5 juta, rusak sedang Rp 5,5 juta-Rp 10 juta, dan rusak berat Rp 10,5 juta-Rp 25 juta. Pendataan dilakukan pemkab setempat, kemudian dilaporkan ke Kemensos.

Agus menambahkan, Kemensos siap memberikan santunan ahli waris untuk korban meninggal. ”Besarnya santunan untuk setiap korban meninggal Rp 15 juta. Diserahkan kepada ahli waris,” jelasnya.

Puluhan pasien RSUD Adjidarmo Lebak dievakuasi ke area parkir. (Mastur/Radar Banten)

Bupati Pandeglang Irna Narulita menerima secara simbolis bantuan sekitar Rp 240,9 juta. Bantuan tersebut berupa makanan siap saji, paket lauk-pauk, mi instan, tenda gulung, dan selimut.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Agustusan dan Multikulturalisme - Gudang Berita Viral Agustusan dan Multikulturalisme
Senin, 19 Agu 2019, 19:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Demonstran Hongkong Sembunyikan Identitas karena Tak Ingin Dipecat - Gudang Berita Viral Demonstran Hongkong Sembunyikan Identitas karena Tak Ingin Dipecat
Senin, 19 Agu 2019, 19:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Kembali Jadi Host, Tukul Arwana Siap Di-bully di ‘Ini Baru Empat Mata’ - Gudang Berita Viral Kembali Jadi Host, Tukul Arwana Siap Di-bully di ‘Ini Baru Empat Mata’
Senin, 19 Agu 2019, 19:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print