Rabu, 18 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Rabu, 04 Sep 2019, 18:00:07 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : News
Penambang Diserang di Yahukimo Papua, Wiranto: Pendulang Emas Ilegal - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Aparat keamanan mulai melakukan identifikasi atas penyerangan terhadap ratusan penambang emas di Kabupaten Yahukimo, Papua. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto mengatakan, tambang emas tersebut merupakan ilegal. Dan penambangnya bukan warga setempat.

“Memang terjadi serangan dari penduduk setempat suku Dani menggunakan tombak, panah menyerang penambang pendulang emas ilegal yang datang dari luar daerah,” ujar Wiranto di Kemenko Polhukam Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Rabu (4/9).



Wiranto menuturkan, akibat penyerangan ini, 5 orang penambang meninggal dunia. Serta 253 lainnya melarikan diri ke daerah Tanah Merah, Bovendigul. “Aparat sudah mengamankan lokasi supaya tidak terjadi bentrokan,” imbuhnya.

Sementara itu, Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, penyerangan terjadi secara spontan. Namun, memang belum diketahui pasti penyebab utamanya. “Kalau motif hanya penyerangan secara spontan terhadap masyarakat yang sedang melakukan pendulangan emas dan itu dilakukan secara tiba-tiba dengan menggunakan senjata tajam,” ucap Dedi.

Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri Dedi Prasetyo. (Miftahulhayat/Jawa Pos)

Lebih lanjut, Dedi memastikan penyerangan ini bukan berasal dari Kelompok Kriminal Sipil Bersenjata (KKSB). Fokus utama aparat saat ini menyelematkan para penambang emas yang melarikan diri ke hutan. “Masih didalami (kronologi penyerangannya). Soalnya baru dari saksi yang berhasil lolos kurang lebih sekitar 74 orang berhasil di selamatkan. Baru bisa diminta keterangan, untuk detailnya nanti,” pungkasnya.

Sebelumnya, penyerangan menimpa para penambang emas di kabupaten Yahukimo, Papua. Akibatnya korban jiwa tak terhindarkan. Informasi awal, penyerangan dilakukan oleh warga lokal. Namun, belum diketahui penyebab insiden ini terjadi. “Diserang sama warga lokal, menyerang begitu saja,” ujar Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (3/9).

Penyerangan ini terjadi cukup brutal. Kelompok penyerang menggunakan senjata tajam berupa tombak, anak panah dan parang. Total 5 orang dilaporkan tewas, dan lainnya melarikan diri ke dalam hutan.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Nina Zatulini Serbasensitif Selama Hamil - Gudang Berita Viral Nina Zatulini Serbasensitif Selama Hamil
Rabu, 18 Sep 2019, 08:00:11 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Janganlah Ragu Beriman kepada Yang Gaib  - Gudang Berita Viral Janganlah Ragu Beriman kepada Yang Gaib
Rabu, 18 Sep 2019, 08:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 AS Sebut China Bersedia Hentikan Ekspor Ilegal?  - Gudang Berita Viral AS Sebut China Bersedia Hentikan Ekspor Ilegal?
Rabu, 18 Sep 2019, 08:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print