Rabu, 20 November 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Jumat, 01 Nov 2019, 19:00:09 WIB, 6 View Tim Redaksi, Kategori : News
Pemkab Sidoarjo Larang Minimarket Buka 24 Jam - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Pemkab Sidoarjo mulai menata keberadaan toko ritel. Kemarin Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sidoarjo mengumpulkan para pelaku bisnis di kantor dinas. Disperindag melakukan sosialisasi Perda Nomor 10 Tahun 2019.

Kepala Disperindag Sidoarjo Tjarda menyatakan, berdasar kebijakan tersebut, pendirian minimarket harus memperhatikan jarak dengan pasar rakyat. Paling dekat 1.000 meter. Pertimbangannya, pedagang pasar dan pelaku usaha mikro tidak dirugikan dengan keberadaannya yang terlalu dekat. ’’Biar persaingan usaha seimbang dan sama-sama maju,” katanya.



Sementara itu, hipermarket dan pusat perbelanjaan, lanjut dia, hanya boleh berdiri di jalan arteri. Artinya, pendirian di sekitar jalan desa dilarang. ’’Itu termasuk supermarket dan department store,” sebutnya.

Selain itu, Tjarda menyampaikan ada pembatasan jam operasional. Setiap minimarket wajib buka mulai pukul 08.00 hingga 21.00. Kecuali Sabtu dan Minggu, toko diperbolehkan tutup sampai pukul 23.00. ’’Kalau toko besar seperti supermarket, buka lebih siang. Sekitar pukul 10.00,” ujarnya.

Hal itu dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada pasar tradisional untuk menarik pengunjung berbelanja pada pagi hari. ’’Minimarket yang terintegrasi dengan fasilitas pelayanan masyarakat dapat beroperasi selama 24 jam. Di luar itu, tidak boleh,” terangnya.

Perda tersebut masih tahap sosialisasi. Tjarda berharap, pada tahun depan, seluruh minimarket menerapkan aturan itu. Disperindag juga melakukan pengawasan secara ketat.

Tjarda menyatakan, penataan bertujuan menjamin kemitraan toko modern dengan pasar tradisional. Dengan begitu, kedua pihak saling diuntungkan dan berkembang lebih cepat. ’’Ada ratusan toko swalayan. Walau banyak, pasar rakyat tidak akan mati. Masyarakat tetap membutuhkannya. Itu bagian dari kearifan lokal dan tak akan tergantikan,” ucapnya.

Sementara itu, Muhammad Faqih, perwakilan Indomaret wilayah Sidoarjo, menyebutkan, ada sekitar 450 minimarket yang tersebar di Kota Delta. Dengan aturan baru itu, dia mengaku perlu penyesuaian manajemen. ’’Karena itu, butuh waktu,” ujarnya.

Menurut Faqih, pengaturan jarak pendirian terkesan membatasi investasi usaha di Kota Delta. Pemerintah harus mengkaji ulang tentang jarak toko ritel dengan pasar rakyat. ’’Relevansinya jarak 1 km antara toko dengan pasar rakyat harus diperhatikan dengan luasan wilayah,” tuturnya.

Irfan Afandi, perwakilan Alfamart wilayah Sidoarjo, menambahkan, definisi pasar rakyat harus diperjelas kembali. Menurut dia, penentuan pasar hanya bisa dilakukan bagi yang telah berizin dan dikelola pemerintah daerah. 




Sumber: jawapos.com

Tag: viral, berita viral, hot news, news, gudang berita viral, jawapos, tribunnews, kompas, Pemkab Sidoarjo Larang Minimarket Buka 24 Jam

Tag: News



Aset First Travel Buat Negara, Sezha Idris: Kasihan Korban Warga Kecil - Gudang Berita Viral Aset First Travel Buat Negara, Sezha Idris: Kasihan Korban Warga Kecil
Rabu, 20 Nov 2019, 20:00:11 WIB, Dibaca : 0 Kali
Matinya Hukum Persampahan? - Gudang Berita Viral Matinya Hukum Persampahan?
Rabu, 20 Nov 2019, 20:00:11 WIB, Dibaca : 0 Kali
Bimbingan Pranikah Tekan Angka Perceraian - Gudang Berita Viral Bimbingan Pranikah Tekan Angka Perceraian
Rabu, 20 Nov 2019, 20:00:11 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print