Minggu, 15 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Selasa, 27 Agu 2019, 22:00:07 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : News
Pemindahan Ibu Kota Sejalan dengan Misi Perbaiki Lingkungan di Kaltim - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – ‎Pemerintah telah menetapkan rencana pemindahan ibu kota negara Indonesia di sekitar Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya mengatakan pihaknya telah melakukan deteksi terhadap alam di sana sebagai langkah menjaga ekosistem secara berkesinambungan.

“Konsep ibu kota a la Presiden Jokowi adalah sebuah konsep yang sekaligus bertujuan memperbaiki lingkungan,” ujar Siti dalam keterangan tertulis yang diterima gudangberitaviral.com, Selasa (27/8).



Seperti diketahui, salah satu masalah terbesar Kalimantan Timur adalah banyaknya lubang-lubang bekas tambang. Menurut Siti,pemindahan ibu kota ini dapat menjadi salah satu jalan penyelesaian masalah. “Jadi secara positif hal ini bisa dilakukan,” katanya.

Siti mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan kunjungan kerja untuk bisa mempersiapkan kajian di Kalimantan Timur. Termasuk juga program yang sejalan dengan peraturan yang ada.

Walaupun belum ada lokasi spesifik yang disampaikan oleh Jokowi, namun dapat dipastikan bahwa kawasan di dua tempat yang disebutkan di atas merupakan hutan produksi. Merujuk pada Peraturan Pemerintah, alokasi terhadap hutan produksi juga ditetapkan berdasarkan analisis dan juga keperluan negara. Juga menurut PP Nomor104 tahun 2015 di mana kawasan hutan produksi dapat berubah sesuai perencanaan dan alokasi yang dibutuhkan pemerintah.

Siti juga menambahkan, karena status kawasan ini di kelola oleh pemegang izin, maka tidak ada kewajiban dari pemerintah untuk melakukan ganti rugi.

“Hal ini berarti bahwa pemegang izin kawasan hutan produksi harus mengikuti dan menaati perubahan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah yang merupakan bagian dari kewenangan ekstraktif negara. Yang terpenting dalam penyelenggaraan kewenangan ini adalah negara tidak bersifat sewenang-wenang,” kata Siti.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Benarkah Terlalu Sering Menangis Bikin Air Mata Jadi Kering? - Gudang Berita Viral Benarkah Terlalu Sering Menangis Bikin Air Mata Jadi Kering?
Minggu, 15 Sep 2019, 16:00:10 WIB, Dibaca : 1 Kali
Pimpinan KPK yang Mundur Adalah Bentuk Sikap Tidak Bertanggung Jawab - Gudang Berita Viral Pimpinan KPK yang Mundur Adalah Bentuk Sikap Tidak Bertanggung Jawab
Minggu, 15 Sep 2019, 16:00:10 WIB, Dibaca : 0 Kali
Xanana Gusmao Berlinang Air Mata Kenang Habibie - Gudang Berita Viral Xanana Gusmao Berlinang Air Mata Kenang Habibie
Minggu, 15 Sep 2019, 16:00:10 WIB, Dibaca : 1 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print