Selasa, 17 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Selasa, 27 Agu 2019, 21:00:07 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Pemindahan Ibu Kota Dinilai Lebih Murah Ketimbang Bangun DKI Jakarta - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Pemerintah terus mematangkan wacana mengenai pemindahan ibu kota yang sudah ditetapkan di Provinsi Kalimantan Timur menggantikan DKI Jakarta.

Menanggapi hal tersebut, ‎Ketua Komisi II DPR, Zainudin Amali mengatakan pemindahan ibu kota lebih murah. Menurutnya ketimbang memperbaiki infrastruktur yang ada di Jakarta, maka lebih relevan pemerintah membuat ibu kota baru.



“Untuk Jakarta butuhnya luar biasa besar. Bahkan, lebih besar dari anggaran yang dibutuhkan untuk pemindahan ibu kota. Pak Anies kalau tidak salah, ngomong Rp 571 triliun,” ujar Amali kepada wartawan, Selasa (27/8).

Sehingga menurut Amali sangat tepat abila pemindahan ibu kota ini. Karena sudah bisa dibandingkan lebih menghemat ketimbang melakukan perawatan.

“Ke sana ke Kalimantan Timur cuma Rp 466 triliun. Jadi dari situ saja kita sudah bisa bandingkan,” katanya.

Apalagi DKI Jakarta sudah terlalu banyak permasalahannya. Misalnya banjir, pencemaran air hingga polusi udara. Sehingga memang tepat yang dilakukan pemerintah untuk pemerataan ekonomi dan tidak lagi ada Jawa sentris dalam pembangunan.

Selain itu dengan dipilihnya Kalimantan Timur sebagai ibu kota ini juga membuktikan keseriusan pemerintah dalam ingin melakukan pemerataan ekonomi. Sehingga awalnya yang hanya dianggap sebagai wacana akhirnya bisa dibuktikan.

“Ini menunjukan pemerintah serius memindahkan ibu kota karena sebelumnya ada yang mengatakan pemindahan ibu kota hanya pengalihan isu dan tidak sungguh-sungguh,” pungkasnya.

Sebelumnya, ‎pada Maret 2019 lalu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajukan proposal kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk percepatan pembangunan DKI Jakarta. Jumlahnya mencapai Rp 571 triliun.

Angka ini dialokasikan untuk pembangunan Jakarta mulai dari pertambahan jalur Mass Rapid Transit (MRT) hingga pembenahan perlintasan sebidang di Ibu Kota.

“Itu (Rp571 triliun) adalah anggaran pembangunannya. Jadi misalnya kita akan membangun MRT sekarang baru 16 Km nanti akan dibangun 231 km. LRT lebih dari 120 km akan dibangun,” kata Anies.

Selain itu, Pemprov DKI juga akan membangun jalan di atas perlintasan sebidang kereta api. Hal ini dilakukan menyusul kemacetan yang sering terjadi saat transportasi umum menunggu kereta api yang lewat.

Total keseluruhan jalan yang akan dibangun di atas perlintasan sebidang ialah sepanjang 27 kilometer. Dengan pembangunan ini diperkirakan waktu tunggu akan berkurang hingga lima menit.

Selain transportasi, Pemprov DKI juga akan fokus membangun sistem air bersih. Anies mengatakan saat melakukan musrembang di Jakarta Utara permasalahan air bersih masih dihadapi oleh masyarakat

‎Adapun Presiden Jokowi mengumumkan ibu kota negara di Kalimantan Timur (Kaltim). Jokowi mengumumkannya di Istana Negara, Jakarta.

“Lokasi paling idel adalah di bagian Kabupatan Paser Utara dan sebagaian di Kutai Kertanegara, Provinsi Kalimantan Timur,” ujar Jokowi, Senin (26/8).

Jokowi mengatakan, rencana pemerintah ini sudah digagas sejak lama mengenai pemindahan ibu kota. Bahkan sejak Presiden Indonesia pertama Soekarno sudah menginginkan pemindahan ibu kota.

Alasan pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur karena saat ini DKI sudah terlalu berat sebagai pusat pemerintahan, ‎bisnis, keuangan, perdagangan, jasa, bandara dan pusat pelabuhan terbesar di Indonesia.

Selain itu, beban Pulau Jawa juga semakin berat dengan penduduk sudah mencapai 150 juta atau 54 persen dari total penduduk di Indonesia. Sehingga beban ini akan terus semakin berat apabila tetap ibu kota ada di Pulau Jawa.

“Beban ini akan semakin berat jika ibu kota dipindah di Jawa,” katanya.

Kemudian di Jakarta juga macet, polisi. Kesenjangan ekonomi kawasan luar Jawa semakin meningkat. Sehingga dibutuhkan pemindahan ibu kota ini.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Bergeser ke Usia Lebih Muda, Kenali 10 Gejala Umum Alzheimer - Gudang Berita Viral Bergeser ke Usia Lebih Muda, Kenali 10 Gejala Umum Alzheimer
Selasa, 17 Sep 2019, 13:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Polda Kalbar Tetapkan 61 Tersangka Karhutla, 9 Korporasi Disegel - Gudang Berita Viral Polda Kalbar Tetapkan 61 Tersangka Karhutla, 9 Korporasi Disegel
Selasa, 17 Sep 2019, 13:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
1.461 Mobil Mewah Belum Bayar Pajak, Total Tunggakan Rp 48,6 Miliar - Gudang Berita Viral 1.461 Mobil Mewah Belum Bayar Pajak, Total Tunggakan Rp 48,6 Miliar
Selasa, 17 Sep 2019, 13:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print