Selasa, 15 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Sabtu, 28 Sep 2019, 00:00:02 WIB, 4 View Tim Redaksi, Kategori : News
 Pemilihan Pimpinan DPD 2019-2024 Diprediksi Sengit  - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com, Jakarta - Pemilihan pimpinan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) RI periode 2019-2024 diperkirakan akan berlangsung sengit. Pasalnya sebelum dilantik, anggota DPD RI yang kritis mulai mempertanyakan tata tertib DPD RI yang disahkan dalam sidang paripurna 18 September lalu.

Anggota DPD dari Provinsi Riau, Intsiawati Ayus mengatakan, telah terjadi cacat formil pada Tatib yang meliputi penyusunan Revisi Tatib yang tidak sesuai dengan prosedur Pasal 334 dan 335 Tatib No.3/2028. Pasalnya, usulan revisi Tatib itu tidak pernah diputuskan dalam Panitia Musyawarah (Panmus) dan rapat paripurna.

“Seharusnya perubahan secara substantif dilakukan oleh Pansus. Sedangkan Badan Kehormatan (BK) hanya terkait redaksional. Tapi yang dikerjakan Tim Kerja (Timja) BK adalah perubahan redaksional dan substansia,” kata Iin dalam diskusi Tatib DPD RI di Century Atlet Hotel, Jumat (27/9/2019).



Menurutnya, berbagai cacat formil dan cacat materil telah membuat resah anggota DPD saat ini maupun yang baru terpilih.

“Meski disahkan, namun banyak anggota yang menolak tatib baru DPD tersebut. Saya sudah tidak tertarik membahas aspek materiil karena aspek formil saja sudah cacat,” ujarnya.

Dia juga menyoroti syarat untuk menjadi Pimpinan DPD maupun Pimpinan MPR. Dalam Tatib yang baru disebutkan mereka yang boleh menjadi pimpinan DPD dinyatakan yang tidak pernah melakukan pelanggaran Tatib dan kode etik yang ditetapkan dengan keputusan Badan Kehormatan (BK).

Menurutnya apabila norma tersebut diterapkan maka hal itu bertetangan dengan UUD 1945 dan putusan Mahkamah Konstitusi.

“Ini sangat diskriminatif. Keanggotaan baru DPD periode 2019-2024 seharusnya tidak melihat ke belakang terkait rekam jejak anggota DPD sebelumnya. Bahkan seorang mantan narapidana berhak untuk ikut dalam Pilkada atau Pemilu legislatif,” ujarnya.

Selain Intsiawati, hadir juga dalam diskusi tersebut anggota DPD RI Tamsil Linrung, GKR Hemas, Emma Yohanna, mantan anggota DPD Laode Ida , anggota DPD John Pieris dan Anggota DPD asal Sulawesi Barat, Asri Anas. [adc]




Sumber: inilah.com

Tag: News



Mau Beli Xiaomi? Ini 5 Rekomendasi HP di Bawah Rp 2,5 Juta - Gudang Berita Viral Mau Beli Xiaomi? Ini 5 Rekomendasi HP di Bawah Rp 2,5 Juta
Selasa, 15 Okt 2019, 16:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Ismail Fahmi: Tiap Isu Diterbitkan Jadi Buku - Gudang Berita Viral Ismail Fahmi: Tiap Isu Diterbitkan Jadi Buku
Selasa, 15 Okt 2019, 16:00:06 WIB, Dibaca : 1 Kali
Kamera Pengawas Prioritaskan Kawasan Rawan Surabaya - Gudang Berita Viral Kamera Pengawas Prioritaskan Kawasan Rawan Surabaya
Selasa, 15 Okt 2019, 16:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print