Minggu, 25 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Kamis, 08 Agu 2019, 12:00:07 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : News
Pemerintah Kerap Gagal Manfaatkan Momentum Lebaran untuk Kerek PDB - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Institute Development Of Economics And Finance (INDEF) menilai pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II 2019 sebesar 5,05 persen tidak sesuai ekspektasi. Realisasi pertumbuhan ekonomi yang diperoleh harusnya bisa lebih tinggi dari yang dipaparkan Badan Pusat Statistik (BPS). Sebab pada periode itu, terdapat dua peristiwa besar yaitu momentum puasa dan lebaran.

Sebagaimana diketahui, BPS mencatat realisasi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II 2019, melambat. Pada periode tersebut, ekonomi hanya tumbuh sebesar 5,05 persen secara tahunan (year on year/yoy). Realisasi itu jauh lebih rendah dibandingkan dengan kuartal-II 2018 yang pernah mencapai 5,27 persen.



Menurut Wakil Direktur Ekonomi INDEF, Eko Listiyanto, momentum lebaran 2019 tak berkontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Bukan hanya tahun ini, akan tetapi pada tujuh tahun lalu, pemerintah belum mampu memanfaatkan momentum lebaran dan puasa untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

“Pemerintah selalu mengatakan bahwa dalam momentum lebaran, ekonomi akan tumbuh lebih baik. Tetapi faktanya tidak selalu. Selama lebaran sebetulnya kadang bisa naik, stabil, bahkan lebih rendah,” kata Eko saat menggelar konferensi pers di Jakarta, Rabu (7/8).

Di saat bersamaan, lanjut dia, pelaksanaan pemilu serentak 2019 juga belum mampu mendongkel pertumbuhan ekonomi nasional. Sama dengan lebaran dan puasa, momentum pilpres kerap kali digadang-gadang oleh pemerintah untuk dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Sayangnya, tak banyak perubahan signifikan pada makro ekonomi nasional. Hanya sektor pengeluaran konsumsi Lembaga Non Profit Rumah Tangga (LNPRT) yang diketahui mengalami sedikit adanya peningkatan. Sedangkan secara keseluruhan, belum terasa ke negara.

“Pertumbuhan investasi juga turun jika dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional. Gimana mau dongkrak pertumbuhan ekonomi kalau pertumbuhan investasinya di bawah pertumbuhan ekonomi nasional,” pungkasnya.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



BTN Percepat Penyaluran Rumah untuk ASN, TNI, dan Polri - Gudang Berita Viral BTN Percepat Penyaluran Rumah untuk ASN, TNI, dan Polri
Minggu, 25 Agu 2019, 01:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
GT-R R36 Disiapkan, Nissan Masih Labil Soal Mesin - Gudang Berita Viral GT-R R36 Disiapkan, Nissan Masih Labil Soal Mesin
Minggu, 25 Agu 2019, 01:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
 China Ingatkan AS Risiko Tarif Tambahan  - Gudang Berita Viral China Ingatkan AS Risiko Tarif Tambahan
Minggu, 25 Agu 2019, 01:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print