Selasa, 12 November 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Kamis, 31 Okt 2019, 13:00:09 WIB, 3 View Tim Redaksi, Kategori : Bisnis
 Pembukaan IPOC 2019 di Bali, Ini Harapan Bos Gapki  - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com, Nusa Dua - Ketua Umum Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki), Joko Supriyanto mendambakan adanya kebijakan nasional di sektor sawit. Antara pemerintah pusat dan daerah harus bisa seiring dan sejalan.

"Pengusaha ingin suasana yang sejuk dan nyaman untuk bisnis. Bukan situasi yang penuh ketidakpastian. Antara pusat dan daerah jangan sampai ada perbedaan," papar Joko di depan peserta Indonesian Palm Oil Conference (IPOC) 2019 and 2020 Price Outlook bertajuk Palm Oil Industry: Managing Market, Enhancing Competitiveness di Nusa dua, Bali, Kamis (31/10/2019).

Selanjutnya, pria asal Nganjuk, Jawa Timur ini, menyebut tiga poin krusial yang perlu terus dikawal dan diperjuangkan. Pertama, pemerintah telah mengeluarkan moratorium izin pembukaan lahan kelapa sawit sejak 2012. Dengan harapan, produktivitas sawit nasional bisa naik.



"Kami terus berupaya meningkatkan produktivitas sawit rakyat, melalui program kemitraan. Kita terus meningkatkan produktivitas sawit rakyat. Melalui kemitraan antara perusahaan dengan petani, melalui program peremajaan sawit (replanting)," kata pria 'penggila' Wayang Kulit ini.

Poin kedua, lanjutnya, kebijakan mandatory biodiesel baik B20 yang akan dilanjutkan menjadi B30 pada 2020, kata Joko, mampu meningkatkan permintaan domestik.

Program pengembangan energi baru dan terbarukan (EBT) yang digagas pemerintahan Joko Widodo (Jokowi), mampu menyerap produksi minyak sawit nasional di tengah lesunya pasar global. "Kebijakan mandatory biodiesel sejak 2015, baik B20 di tahun ini atau B30 di 2020, meningkatkan serapan minyak sawit nasional," tuturnya.

Meski pasar dalam negeri cukup menjanjikan, lanjut Joko, ekspor tetaplah penting. Saat ini, 70% produksi minyak sawit nasional diekspor ke luar. Artinya, pasar global masih diperlukan. "Itu poin ketiga kami," ungkapnya.

Hanya saja, upaya membuka pasar baru wajib dilakukan. Khususnya dari negara-negara berkembang alias emerging market. Pasca kurang bersahatnya pasar Eropa, dan sejumlah negara lainnya. "Namun kita harus mampu meningkatkan daya saing. Di sinilah perlu kehadiran pemerintah baik pusat dan daerah. Harus kompak," kata Joko.

Berkembangnya industri sawit dalam negeri, memberikan dampak domino. Devisa negara naik lantaran ekspor naik, mengurangi ketergantungan terhadap BBM impor yang identik dengan menyelamatkan neraca perdagangan dari ancaman defisit.[ipe]
 




Sumber: inilah.com

Tag: viral, berita viral, hot news, news, gudang berita viral, jawapos, tribunnews, kompas, Pembukaan IPOC 2019 di Bali, Ini Harapan Bos Gapki

Tag: News



 Prakiraan Cuaca Ibu Kota Hari Ini  - Gudang Berita Viral Prakiraan Cuaca Ibu Kota Hari Ini
Selasa, 12 Nov 2019, 05:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Sarri Ungkap Alasan Tarik Keluar Ronaldo  - Gudang Berita Viral Sarri Ungkap Alasan Tarik Keluar Ronaldo
Selasa, 12 Nov 2019, 05:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Kenali Manfaat Sarang Burung Walet untuk Kesehatan  - Gudang Berita Viral Kenali Manfaat Sarang Burung Walet untuk Kesehatan
Selasa, 12 Nov 2019, 05:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print