Rabu, 16 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Kamis, 26 Sep 2019, 17:00:08 WIB, 7 View Tim Redaksi, Kategori : News
Pembalap Mongolia Kuasai Etape Pertama Tour de Banyuwangi Ijen - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com– Pemandangan cantik pedesaan dan lambaian ramah warga Banyuwangi menyambut 90 pembalap dari 23 negara yang bertarung dalam ajang International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2019. Pada etape pertama yang membentang 133,2 km kemarin (25/9), pembalap Terengganu Inc TSG Cycling Team Maral-Erdene Batmunkh menjadi kampiun.

All-rounder asal Mongolia itu sementara menguasai yellow jersey tanda pemuncak klasemen general classification.



Batmunkh, pembalap asal Mongolia berusia 24 tahun, mencatatkan waktu 3 jam 3 menit 36 detik. Dia mengatakan, itu bukan hal yang mudah. Sebab, dia sulit beradaptasi dengan cuaca. ’’Panas banget. Berbeda jauh dengan negaraku. Tapi, aku senang masih bisa menang,’’ ucap juara Asian Cycling Championships 2016 di Oshima, Jepang, tersebut dengan berseri-seri.

Kemarin mereka melintasi rute dari Ruang Terbuka Hijau (RTH) Maron, Genteng sampai kantor bupati Banyuwangi. Batmunkh melakukan breakaway sejak 20 kilometer pertama di Desa Kaligondo. Manuver tersebut diikuti sembilan pembalap yang lain. Salah seorang di antara mereka, pembalap nasional Selamat Juangga dari KFC Cycling Team.

Sejak itu peloton kecil tersebut tak terkejar oleh rombongan besar hingga finis.

Pada 10 km terakhir, di tanjakan Grogol, peloton kecil itu terbagi lagi menjadi dua. Batmunkh berada di barisan depan, diikuti lima pembalap yang lain. Antara lain, Robbie Hucker (Team Ukyo), Jesse Ewart (Team Sapura Cycling), dan Marcos Garcia Fernandez (Kinan Cycling Team).

Batmunkh akhirnya juara setelah memenangi adu sprint ketat di 100 meter terakhir lomba. Manajer Terengganu Mohammad Saiful Anwar Aziz mengungkapkan, Batmunkh sejatinya bukan pembalap yang diharapkan timnya meraih podium di etape pertama. Pembalap Australia Drew Morey yang seharusnya menjadi leader. Namun, penampilan Morey ternyata kurang maksimal.

Meski demikian, lanjut dia, kemenangan Batmunkh tetap sesuai dengan target tim secara keseluruhan. Yakni, memperlebar jarak waktu sebesar-besarnya sebelum lomba masuk etape keempat alias stage terakhir pada Sabtu mendatang.

Etape terakhir itu diprediksi akan menjadi tempat penentuan juara ITdBI tahun ini. Yakni ketika para pembalap harus melahap finis tanjakan hors categorie (HC) di Paltuding, Gunung Ijen, yang kemiringannya 28 persen. ’’Sebelum sampai etape keempat kami targetkan sudah punya keunggulan tiga menit,’’ ucap Aziz.

Sementara itu, etape kedua hari ini para pembalap akan melahap rute lebih panjang, yakni 148,2 km. Mulai Taman Nasional Alas Purwo (TNAP) lalu finis di pusat kota, yakni kantor bupati Banyuwangi. Tipikal rute masih relatif datar. Hanya ada satu tanjakan di daerah Pakel pada 22 km terakhir lomba.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Honda ADV 150 Jadi Motor Terbaik Tahun 2019  - Gudang Berita Viral Honda ADV 150 Jadi Motor Terbaik Tahun 2019
Rabu, 16 Okt 2019, 04:00:03 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Pelantikan Presiden Bukan Target Teroris  - Gudang Berita Viral Pelantikan Presiden Bukan Target Teroris
Rabu, 16 Okt 2019, 04:00:02 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Bupati Temanggung Perhatikan Nasib Petani Tembakau  - Gudang Berita Viral Bupati Temanggung Perhatikan Nasib Petani Tembakau
Rabu, 16 Okt 2019, 03:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print