Rabu, 16 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Sabtu, 05 Okt 2019, 16:00:02 WIB, 4 View Tim Redaksi, Kategori : News
 Pemadaman Gudang Plastik Memakan Waktu 12 Jam  - Gudang Berita Viral

INILAH.COM, Mojokerto - Kurang lebih 12 jam kebakaran di gudang pabrik plastik CV Surya Santoso Sejati Jalan Raya Trawas-Mojosari, Dusun Seruni, Desa Banjartanggul, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto padam. Puluhan mobil pemadam kebakaran (PMK) diterjunkan.

Tercatat puluhan unit mobil PMK baik dari Kabupaten Mojokerto dan Kota Mojokerto, mobil PMK dari luar Mojokerto turut membantu memadamkan api. Diantaranya empat unit mobil PMK milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto.

Satu unit mobil PMK dari PT. Pakerin, lima unit mobil PMK dari Kabupaten Sidoarjo, dua unit mobil PMK dari Kota Mojokerto, dua unit mobil PMK dari GAMA Mojokerto, satu unit mobil PMK dari Idridragon Suryatama 1 unit, satu unit mobil PMK dari Sopanusa.



Dua unit mobil PMK dari Kabupaten Pasuruan dan dua unit mobil PMK dari Kabupaten Jombang. Bahkan, truk tangki air isi ulang dari instansi swasta juga ikut serta memadamkan kebakaran di gudang packing perkakas rumah tangga dari plastik tersebut.

Kapolsek Pungging, AKP Suwiji mengatakan, sekira pukul 23.10 WIB api baru berhasil dipadamkan.

"Diduga dari percikan tabung las pembuatan rak besi tempat bahan jadi. Salah satu pekerja las lupa menutup ketika selesai digunakan," ungkapnya, Sabtu (5/10/2019).

Puluhan mobil PMK diterjunkan, selain dari Mojokerto juga dari Sidoarjo, Pasuruan, Jombang, Kota Mojokerto dan dari perusahaan di sekitar Ngoro. Tidak ada kendala terkait air untuk pemadaman api karena di utara pabrik terdapat sungai. Yang menjadi kendala yakni bahan yang terbakar adalah plastik.

"Sehingga saat dilakukan pembasahan tidak bisa langsung menyerap air. Yang terbakar gudang dengan panjang kurang lebih 300 meter dan lebar kurang lebih 30 meter. Gudang plastik hasil jadi, seperti kursi plastik. Tidak menjalar ke bahan baku, hanya satu gudang. Alhamdulillah nihil korban jiwa," katanya.

Diduga api muncul dari percikan tabung las pembuatan rak besi tempat bahan jadi. Akibatnya percikan tabung las pembuatan besi tempat bahan jadi tersebut membakar gudang. Masih kata Kapolsek, kebakaran terjadi sekira pukul 12.20 WIB. Namun baru diketahui oleh salah satu karyawan bagian packing sekira pukul 12.45 WIB.

"Saksi kemudian melaporkan ke pos keamanan pabrik dan pihak keamanan pabrik kemudian menghubungi petugas PMK. Sekira pukul 13.00 WIB, 2 unit mobil tiba di lokasi untuk melakukan pemadaman. Namun karena cuaca cukup panas di sertai angin, api cepat menjalar membakar seisi gudang," jelasnya.

Gudang tersebut berisi alat-alat rumah tangga yang bahan bakunya terbuat dari plastik mudah terbakar. Akibat kebakaran tersebut, gudang packing berisi barang jadi ludes terbakar. Tak hanya itu, tiga truk tangki gandeng dengan kapasitas muatan 16 ribu liter yang di parkir di sebelah pagar gudang pabrik ikut terbakar.

"Pabrik tersebut merupakan produksi alat-alat perabotan rumah tangga dari bahan baku dari plastik. Kerugian diperkirakan mencapai Rp20 milyar,"tegasnya.[beritajatim]




Sumber: inilah.com

Tag: News



 Honda ADV 150 Jadi Motor Terbaik Tahun 2019  - Gudang Berita Viral Honda ADV 150 Jadi Motor Terbaik Tahun 2019
Rabu, 16 Okt 2019, 04:00:03 WIB, Dibaca : 1 Kali
 Pelantikan Presiden Bukan Target Teroris  - Gudang Berita Viral Pelantikan Presiden Bukan Target Teroris
Rabu, 16 Okt 2019, 04:00:02 WIB, Dibaca : 1 Kali
 Bupati Temanggung Perhatikan Nasib Petani Tembakau  - Gudang Berita Viral Bupati Temanggung Perhatikan Nasib Petani Tembakau
Rabu, 16 Okt 2019, 03:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print